Home » , » Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina

Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina  - Merupakan suatu usaha dalam beternak maupun memelihara burung agar mendapatkan suara yang bermelodi atau ngulik karena pada dasarnya yang dapat mengeluarkan gacoran yang baik adalah pejantan. Mungkin bagi para pecinta kicauan awam atau pemula  sangat sulit untuk membedakan mana lovebird pejantan dan mana betina, baik sama seperti artikel yang lain mungkin artikel ini akan  sedikit membantu anda untuk memecahkan masalah yang anda alami.

Lovebird ini termasuk jenis burung yang unik, kenapa saya bilang unik? Karena burung lovebird jantan dengan jantan bisa saling bemesraan atau mungkin betina dengan betina, anda jangan heran apabila melihat kejadian seperti ini. Yang sering terjadi dalam beternak lovebird gagal biasanya anda menjodohkan lovebird yang sejenis, kadang burung tidak mau bertelur atau bertelur tapi telur burung kopong itu di sebabkan karena lovebird anda jantan semua atau betina semua.
                                                                                
                                                                                                                                                                                  
Untuk mengetahui atau membedakan burung lovebird jantan atau betina bisa kita lihat secara fisik seperti bentuk ekor kepala serta sayap pada burung, mungkin sudah banyak artikel lain yang membahas permasalahan anda ini. Kemudian untuk perbedaan pada  burung  selain bisa di bedakan secar fisik kita juga bisa membedakan burung lovebird pejantan atau betina dengan berdasarkan tingkah laku mereka. Baik untuk mengetahui secara detail mengenai permasalahan anda dalam membedakan jenis pada burung lovebird simak ulasan berikut dan mungkin bisa sangat membantu anda.


Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina


Perbedaan Yang Terlihat Secara Fisik


  • Di Lihat Dari Bentuk Ekor


Untuk mengetahui lovebird pejantan atau betina bisa kita lihat dari bentuk ekor burung. Jika pejantan akan memilliki ekor yang lancip atau seperti huruf “V” sedangkan untuk betina sendiri berbentuk datar atau mengembang lebar.
Cara Membedakan  Lovebird jantan Dan Betina

  •  Dari Bentuk Kaki
Selanjutnya bisa anda lihat dari bentuk kaki saat burung sedang bertengger.  Untuk betina sendri ketika sedang bertengger bentuk kaki akan terlihat melebar kesamping  dan ngakang sedangkan untuk pejantan sendiri akan terlihat lebih ramping atau rapat dan tidak melebar kesamping.

Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina


  •  Di Lihat dari bentuk Paruh



Kemudian untuk membedakan lovebird jantan serta betina bisa anda lihat dari bentuk paruh burung. Dari paruh mungkin agak sedikit sulit dan sebaiknya usahakan di lihat dari dekat, untuk betina berbentuk melebar dari pangkalnya sedangkan untuk pejantan memiliki paruh yang berbentuk runcing dari atas kebawah.
Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina


  • Dari Bentuk Sayap


Tahap selanjutnya adalah dengan melihat dari bentuk sayap pada burung,  bagi para pecinta kicauan dalam membedakan jenis kelamin pada lovebird mereka melihat dari bentuk sayap dan menjadikan nya patokan. Untuk lovebird pejantan sayap akan terlihat dalam posisi menyilang sedangkan untuk lovebird betina sendiri sayap posisi sayap akan terbuka dan melebar kesamping.
Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina

  • Bentuk Kepala


Selanjutnya dalam membedakan lovebird Jantan dan betina bisa anda lihat dari bentuk kepala burung. Cara ini juga bisa menjadi patokan agar lebih mudah mengenali jenis kelamin lovebird jika di lihat secara fisik. Untuk pejantan kepala akan terlihat lebih kecil dan datar di bagian atas kepala kemudian untuk betina sendiri akan terihat lebih besar kemudian menonjol.


Cara Membedakan Lovebrid Berdasarkan Tingkah Laku


  • Pada Saat Masa Birahi

Perbedaan pada lovebird bisa kita lihat pada saat birahi, ketika lovebird sudah berjodoh pejantan akan menunjuk kan prilaku dengan kepala burung akan bergetar seakan akan ingin memberikan makan. Kemudian pejantan akan melolohkan ke burung betina, dengan cara ini sudah terlihat jelas dan bisa menjadi patokan dalam membedakan mana si burung pejantan dan mana si burung betina.

  • Membawa Bahan Sarang

Selanjutnya untuk mengetahui atau membedakan burung Jantan atau burung betina bisa kita lihat saat mereka membawa bahan sarang.  Saat membangun sarang lovebird betina akan lebih agresif ketimbang pejantan, ada juga dari beberapa lovebird pejantan malas saat membawa bahan sarang.

  • Menggigit Objek Dari Dalam Kandang

Kemudian untuk membedakan lovebird jantan dan betina bisa anda lihat ketika burung menggigit objek dari dalam kandang.  Betina akan lebih agresif ketika ada objek yang anda masuk kan kedalam kandang dan sering kali lovebird betina akan mematuk tangan anda jika tangan anda di masuk kan kedalam kandang. Cara ini cukup akurat untuk melihat perbedaan jenis pada burung.



Perbedaan pada burung lovebird diatas kurang jelas ketika saat burung lovebird masih anakan dan perbedaan diatas tersebut tidak semua nya benar namun ada beberapa lovebird bisa anda bedakan dengan cara diatas. Untuk lebih jelasnya anda bisa melakukan tes DNA pada burung dengan mengambil sempel darah dan bulu pada lovebid cara ini terbilang lebih akurat dari pada cara yang saya sampaikan diatas dan tentunya anda harus membutuhkan uang lebih untuk melakukan tes DNA Pada burung lovebird jadi lebih baik anda bisa menggunakan cara di atas, dan semoga berhasil.





Baca Juga :

Thanks for reading Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment