Home » » Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging

Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging

Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging - Berbicara mengenai salah satu jenis kambing yang dapat menghasilkan susu dan daging yang cukup populer di kalangan masyarakat umum khususnya di Negara Indonesia, sudah cukup jelas itu adalah kambing etawa. Pada kesempatan yang lalu dan artikel kami sebelumnya, kami telah memberikan anda beberapa tips tentang bagai mana cara budidaya kambing etawa agar dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah, dan mudah mudahan informasi tersebut sangat bermanfaat bagi anda selaku peternak.

Kemudian masih sama dalam pembahasan tentang kambing, kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai, ciri ciri kambing etawa, asal usul atau sejarah singkat, karakteristiknya dan tentunya kami akan memberikan gambar atau foto kambing etawa secara lengkap.

Di jaman yang modern dan serba canggih ini banyak orang menjadikan hewan pemakan rumput ini ladang uang, di mana mereka melakukan usaha dengan cara beternak atau menjadi seorang agen untuk melakukan transaksi jual beli kambing. Namun untuk memulai bisnis tersebut tentunya membutuhkan modal yang lumayan besar dan tentu untuk menjalaninya tidak semudah membalikkan telapak tangan diperlukan kesabaran dan ketelatenan.

Untuk lebih jelasnya anda bisa membacanya di sini Cara Beternak Kambing Etawa

Kembali ke topik awal tentang etawa, beberapa informasi mengenai kambing ini cukup menjadi patokan dasar untuk kita yang ingin mengenal lebih dalam tentang etawa, tak lain dari pada itu anda yang ingin melakukan usaha atau bisnis kambing harus mengetahui jenis kambing apa yang ingin kita jadikan usaha, sebab ada banyak jenis kambing ini, mulai dari kambing etawa super, etawa kali gasing dan etawa senduro. Nah untuk mengenal lebih lengkap dan jelasnya tentang kambing etawa penghasil susu dan daging simak ulasanya berikut ini,


Kambing Etawa


Sejarah Singkat


Kambing etawa berasal dari Negara India tepatnya di daerah etawah, dan banyak di temukan di daerah yang kaya akan rumput hijau serta di daerah samping sungai. Dan kemudian di beri nama sesuai daerah di mana ia berasal. Selain di panggil etawa kambing ini sering di sebut kambing jamnapari. Di Negara asal nya di India kambing ini sangat terkenal dan sering juga di panggil “pari”.

Sama seperti di india, populasi dan kepopuleran hewan pemakan tumbuhan ini merambah ke Negara kita yaitu Indonesia. Banyak sekali orang yang berbondong bondong mengembang biakkan kambing ini dan menjadikannya ladang bisnis yang sangat menguntungkan karena bisa kita ambil susu dan dagingya, selain itu juga kambing etawa sering di ikut sertakan dalam kontes. Khusus di  Indonesia sendiri selain etawa masih ada kambing kacang yang tidak kalah populernya dengan etawa.



Ciri – Ciri Kambing Etawa


Untuk cirinya, ada sedikit sama seperti dengan jenis kambing lainnya, namun tetap ada perbedaan yang signifikan dan mudah untuk kita bedakan, seperti postur tubuh yang lebih gagah, berat badan yang mencapai 100 kg, dan berikut cirinya,
  • Mempunyai bulu yang berwana putih di bagian badan dan hitam di bagian kepala namun ada juga yang berwarna coklat dan putih menyeluruh.
  • Bulunya pendek, namun pada bagian leher dan paha panjang.
  • Memiliki postur tubuh yang besar dan gagah,
  • kemudian tinggi  badan mencapai 90 – 127 cm untuk pejantan, dan 92 cm untuk betina.
  • dan berat mencapai 100 kg namun untuk betina lebih ringan.
  • Memiliki daun telinga yang panjang dan menggantung.
  • Kemudian mempunyai bentuk hidung dan dahi cembung.
  • Mempunyai tanduk yang menghadap keatas
  • Dan susu yang di hasilkan mencapai 3 liter setiap harinya.


Sedangkan untuk kambing etawa super memiliki ciri yang sama namun kambing tersebut ramai di bicarakan hanya untuk di rawat kemudian di ambil susunya dan dijadikan sebagai kambing kontes.


Macam Jenis Kambing Etawa


Secara umum kambing etawa memiliki satu jenis, namun berdasarkan kelas dan ciri ciri fisik serta hasil kawin silang kini etawa dapat di bedakan menjadi beberapa jenis, berikut macam dan jenisnya

  • Kambing Etawa Super

Yang pertama adalah jenis kambing etawa super. kambing ini adalah kambing yang memiliki fisik di atas rata rata jenis etawa lain, dan umumnya etawa super hanya di jadikan sebagai kambing kontes. Selain itu jenis etawa super paling mudah untuk di pelihara dan juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Walaupun mempunyai harga jual tinggi, namun untuk penjualannya sangat mudah jika di banding dengan kambing yang kualitasnya standar.
Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging


Bagi sebagian para penggeramar etawa, untuk kambing kontes yang berkualitas mereka rela merogoh kocek besar demi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tidak di ragukan lagi bahwa etawa super memang menjadi primadona di kalangan pecinta kambing masa kini.

  • Kambing Etawa Senduro

Selanjutnya ada kambing etawa senduro yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur, Tepat nya berada di daerah lereng gunung merapi daerah senduro. Untuk cirinya kambing tersebut memiliki warna bulu putih menyeluruh pada seluruh bagian tubuh kepala dan kaki.
Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging


Sejarah singkat kenapa kambing ini di beri nama senduro, berawal dari bencana gunung berapi yang melanda desa lumajang waktu itu yang ajaibnya semua peternak kambing selamat dan akhirnya kambing ini memiliki tempat di hati para penggemarnya dan kemudian di kembang biakkan atau di budidaya hingga sekarang ini.

Sama seperti etawa super, etawa senduro juga mempunyai bentuk atau postur tubuh yang cukup besar, serta mempunyai kantong kapur yang besar juga sehingga kambing etawa senduro menjadi andalan para peternak kambing dalam menghasilkan susu secara optimal.

  • Kambing Etawa Kaligesing

Kemudian ada etawa kaligesing yang merupakan hasil persilangan antara kambing etawa asal india dengan kambiing lokal. Dan pertama kali di kembangkan di daerah Purworejo tepatnya di daerah kaligesing sehingga di beri naman kambing etawa kaligesing. Ciri nya hampir sama dengan etawa asli namun ada terdapat perbedaan pada warna bulunya yang sangat beragam.
Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging


Untuk warna bulu pada kambing ini adalah putih coklat, hitam, bercak/dalmation dan belang. Kemudian mempunyai bulu yang lebat dan indah serta sangat berkarismatik. Atas alasan tersebutlah para peternak enggan untuk menyembelih kambing tersebut untuk menjadikannya kambing pedaging, melainkan menjadikannya kambing peliharaan dan sebagai kambing koleksi.

Etawa kaligesing merupakan salah satu kambing yang berkualitas, walaupun tubuhnya tidak sebesar seperti etawa super namun kambing ini banyak di ikut sertakan dalam kontes dan di pelihara untuk di koleksi. Selain itu banyak juga dari peternak untuk membudidaya kaligesing sebagai penghasil susu yang sangat berkualitas.


Nah itulah tadi beberapa hal mengenai kambing etawa yang bisa kami sampaikan, mulai dari sejarah singkat, ciri dan jenisnya. Dari sini anda bisa memahami dan mengambil kesimpulan, kambing mana yang cocok untuk anda ternak, apabila anda masih merasa bingung kami mempunyai panduan tentang cara bisnis kambing, selengkapnya silahkan baca di sini --> cara bisnis kambing agar untuk besar



Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan dalam pertemuan kali ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pengejaan, kami selaku penulis memohon maaf. Simak terus kelanjutan artikel artikel terbaru kami, Terima Kasih Telah Membaca Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging semoga berhasil dan salam sukses…!!!

Thanks for reading Kambing Etawa Penghasil Susu Dan Daging

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment