Home » » Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar

Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar

Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar - Apa kabar calon pembisnis mudah dan sukses, bertemu lagi dengan kami selaku penulis yang selalu memberikan tips dan trik tentang bagai mana cara melakukan usaha budidaya agar mendapatkan untung yang berlimpah. Jika sebelumnya kami telah membahas bagai mana cara beternak kambing kacang kali ini kami akan mengulas kembali trik dan tips secara lengkap tentang budidaya kambing etawa.

Berbeda dengan jenis kambing lainnya, kambing etawa ini bisa kita ternak untuk kita jadikan kambing pedaging maupun kambing penghasil susu. Dan tentunya hewan pemakan rumput yang satu ini memiliki beberapa macam jenis yang tidak kalah unggulnya dengan ras mereka, seperti kambing etawa super, etawa seudro dan lain sebagainya, untuk mengetahui jenis apa saja yang tidak kalah hebat anda bisa melihatnya di Sini Kambing Etawa.
Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar


Dan dengan keunggulan tersebut beternak kambing etawa merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan untuk anda yang gemar terjun kedalam dunia bisnis kambing. Selain memiliki keunggulan dapat menghasilkan susu ternyata kambing etawa ini bisa anda rawat dengan baik untuk di koleksi dan di pentaskan.  Menurut beberapa sumber situs kambing yang kami baca bahwa di daerah jawa tengah dan jawa timur sudah banyak para peternak kambing beralih menjadi peternak kambing etawa.


Terutama untuk kambing etawa super atau etawa unggulan. Kemudian untuk urusan penjualan, atau hobi kambing etawa tidak pernah sepi dari pasaran, selain itu pasar lokal maupun impor siap menampung hewan pemakan rumput ini. Dengan alasan seperti ini kita bisa menciptakan peluang dalam beternak kambing etawa agar menjadi seorang peternak sukses.

Namun dalam budidaya kambing etawa ini anda harus benar benar memperhatikan hal hal seperti untuk apa anda beternak? Atau tujuan anda beternak, Apakah akan di ambil dagingnya, di ambil susu nya atau hanya untuk kontes sebab untuk perawatan akan hal tersebut jelas sudah berbeda. Dan untuk anda sebagai peternak pemula, mulailah menjalani bisnis ini dengan yang mudah, murah dan kecil terlebih dahulu. Sebab hal ini bertujuan agar peternak pemula belajar untuk mengenal aspek aspek dan managamen dari beternak kambing etawa agar tidak mendapatkan kerugian yang cukup besar.

Kemudian,untuk mengenal lebih lanjut bagaimana tata cara dalam budidaya kambing unggul ini dengan mudah dan meningkatkan penghasilan sampingan anda, simak ulasan berikut ini secara lengkap mengenai Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar


Tips Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar


Modal Awal


Dalam melakukan usaha apapun harus di awali dengan modal, modal merupaka hal yang sangat penting. Sebab dengan tidak adanya modal usaha yang anda kerjakan tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan. Namun anda tidak perlu bingung, karena modal bisa kita setir atau di sesuaikan dengan rencana usaha yang akan anda jalani mau besar atau kecil itu terserah kita.

Untuk anda pemula sebaiknya, awali usaha anda dengan modal yang kecil terlebih dahulu dan tips sukses agar mendapatkan keuntungan sebaiknya beli lah calon indukan kambing yang sudah berumur 1 tahun atau sudah siap untuk di kawinkan. Untuk beternak kambing etawa Di mulai dari perincian modal usaha kecil sebagai berikut,
  • Belilah indukan kambing etawa yang sudah dewasa berumur 1 tahun atau yang sudah siap kawin, biasanya untuk membeli kambing yang sudah siap kawin berkisar antara 5 – 6 juta untuk satu pasang indukan jantan dan betina.
  • Siapkan biaya untuk pembuatan kandang
  • Siapkan biaya perawatan, namun ada baiknya di rawat sendiri sebab apabila di kerjakan orang lain akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.
  • Serta siapkan biaya oprasional lain untuk obat apabila sakit, vitamin dan biaya lainnya.


Menentukan Lokasi dan Pembuatan Kandang


Pertama dalam beternak anda harus menentukan lokasi kandang terlebih dahulu, sebab dengan lokasi yang tepat akan menentukan usaha atau bisnis yang sedang anda jalani berjalan sebagai mana mestinya. Usahakan tempat atau lokasi budidaya berada pada tempat yang jauh dari keramaian, tidak menggangu aktivitas warga yang lain, lokasi tenang serta mudah di jangkau oleh peternak dan lain sebagainya.

Ketika beternak kambing etawa Buatlah kandang senyaman mungkin dan bersih, jangan lupa dalam pembuatan kandang berilah ventilasi pada kandang tersebut agar siklus udara di dalam kandang berjalan secara optimal. Kemudian usahakan agar kandang menghadap ketimur, hal ini bertujuan agar kesehatan kambing tetap terjaga.


Memilih Bibit Indukan Unggul


Kemudian dengan cara memilih bibit indukan unggul atau yang berkualitas baik. Cara ini cukup terbilang sangat efektif dalam meningkatkan hasil budidaya.  Ciri bibit indukan yang berkualitas baik adalah badan indukan terlihat segar,  sehat dan tidak memiliki cacat baik itu kambing jantan maupun betina.


Perawatan Kambing Etawa


Selanjutnya tahap perawatan, untuk perawatan yang baik dalam beternak kambing etawa sangat di butuhkan guna menjaga pertumbuhan kambing tetap  berjalan dengan optimal. Perawatan nya sendiri meliputi beberapa hal, seperti perawatan kandang, pemberian pakan dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini,

  • Pemberian Pakan

sama seperti pada budidaya hewan ternak lainnya, pemberian pakan yang baik di lakukan dengan memberikan pakan hijauan, seperti rumput, daun singkong, mindri dan lain sebagainya, atau bisa juga dengan memberikan pakan tambahan seperti kosentrat dan vitamin. Seperti yang kita tahu, kambing etawa juga menghasilkan susu, oleh karena itu berikan pakan hijauan untuk menopang kebutuhan pokoknya tercukupi dan hasil susu yang dihasilkan melimpah ruah.

Atau jika anda sulit untuk mendapatkan pakan hijauan, anda bisa menggunakan cara alternatife lain seperti membuat pakan fermentasi sendiri, sama seperti yang di lakukan oleh peternak modern. Untuk cara pembuatannya anda bisa membacanya di sini  Fermentasi jerami Pakan Kambing.

Atau anda bisa juga membacanya di sini Jenis Makanan Kambing

Selanjutnya untuk pemberian air minum, bisa anda berikan sebanyak 2 liter/ekor kambing setiap harinya. Kemudian jangan lupa untuk mencampurkan garam beryodium secukupnya di dalam air minum kambing tersebut.

  • Perawatan kandang

Selain pemberian pakan yang harus di perhatikan, dalam beternak kambing etawa anda juga di haruskan melakukan perawatan kandang. Perawatan kandang juga berfungsi agar kambing tidak gampang stress dan merasa nyaman di dalam tempat tinggal mereka, serta menjadikan kambing etawa anda dalam keadaan sehat dan bersih.

Perawatan kandang ini sangat penting dilakukan agar susu dan daging kambing yang dihasilkan berkualitas baik. Dan juga apabila kandang kambing anda bersih sudah pasti kambing terbebas dari segala macam jenis penyakit.


Masa Reproduksi kambing Etawa

Umumnya dalam dua tahun kalender, kambing etawa sanggup melahirkan anak sebanyak 3 kali. Namun anda bisa mengusahakan untuk membuat lebih dari 3 kali dalam dua tahun. Dalam beternak kambing etawa agar menghasilkan anak banyak anda harus memperhatikan masa reproduksi indukan kambing. Kapan masa birahi datang dan apa saja tanda tanda jika masa birahi tersebut datang?

Hal ini sangat penting sebab kunci dalam kesuksesan dalam melakukan bisnis kambing adalah mengetahui kapan indukan siap di kawinkan. Nah untuk mengetahui ciri ciri kambing siap di kawinkan dan sudah birahi adalah sebagai berikut,
  • Kambing sudah berusia matang sekitar umur 1 tahun namun tidak menutup kemungkinan umur 10 bulan kambing sudah matang dan siap dikawinkan, namun sebaiknya kawinkan saat usianya sudah mencapai 1 tahun.
  • Untuk kambing betina terlihat gelisah dan berjalan mondar mandir
  • Terlihat selalu mengibas ngibaskan ekornya.
  • Nafsu makan terlihat menurun.
  • Sering buang air,
  • Alamat kelamin terlihat membengkak, dan
  • Diam saja apabila di naiki oleh kambing pejantan.


Umumnya, kondisi yang di alami betina hanya dapat berlangsung selama 30 jam atau 1 – 2 hari saja kemudian siklus tersebut akan terulang kembali setelah 17 hari kemudian. Selanjutnya Waktu yang ideal untuk mengawinkan kambing adalah 12 – 18 jam setelah indukan mengalami ciri diatas. tips agar beternak kambing etawa berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan yang baik, jangan mengawinkan kambing sedarah karena dapat menyebabkan cacat genetik pada anak kambing.


Masa Hamil dan Melahirkan

Setelah kambing berhasil di kawinkan, betina akan mengandung selama kurang lebih 5 bulan dan kemudian melahirkan. Selama masa kelahiran hingga masa istirahat adalah 2 bulan, dan dalam waktu itu anda harus menjaga pola makan kambing dan kebersihan di dalam kandang. Sebab saat ini lah kambing rawan terkena penyakit dan cacingan.


Masa Panen


Umumnya kambing etawa di dapat di panen atau di jual belikan sebagai kambing pedaging ketik sudah menginjak umur 1,5 tahun. sebab dalam umur tersebut bobot kambing etawa sudah tidak bisa naik lagi sehingga anda harus bisa menyiasati kapan kambing bisa anda jual belikan. Oleh sebab itu kami menganjurkan kepada anda, dalam beternak kambing etawa belilah bibit indukan yang sudah berumur 1 tahun sebab anda hanya menunggu selama 1,5 tahun untuk mendapatkan hasil kerja keras anda.

dan penjualan bisa anda lakukan ketika mendekati hari raya, di mana semua orang mencari untuk berqurban. Selain daging etawa juga bisa kita ambil susunya dan kita jual, jadi dalam kasus ini anda akan mendapatkan dua keuntungan, yang pertama keuntungan dari menjual anak kambing yang sudah dewasa dan menjual susu kambing etawa itu sendiri.



Itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana beternak kambing etawa yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda selaku peternak dan pembisnis muda. apabila ada kesalahan dalam penulisan dan tutur kata, kami mohon maaf. Simak terus kelanjutan artikel artikel terbaru kami yang pastinya membahas tentang permasalahan di dalam budidaya, dan Terima kasih telah membaca Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar

Thanks for reading Cara Beternak Kambing Etawa Agar Untung Besar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment