Home » » Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir

Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir

Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir - Dalam melakoni usaha beternak kelinci memang di butuhkan perawatan yang baik, agar dalam berbisnis dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Salah satu nya adalah dengan melakukan perawatan pada anak kelinci. Perawatan di sangat di wajibkan untuk anda selaku peternak kelinci hias maupun peternak kelinci potong, karena bagai manapun perawatan yang baik akan menghasilkan keuntungan serta bibit yang baik pula.

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai masalah budidaya kelinci pedaging dan kelinci anggora serta cara merawat indukan dan penyebab kelinci gagal hamil atau melahirkan kali ini kami akan kembali mengulas tentang bagai mana cara Perawatan Anak kelinci, dalam dunia bisnis terutama budidaya memang memiliki peluang yang besar untuk menghasilkan untung yang tidak sedikit namun perlu di butuhkan juga usaha agar kelinci yang anda ternak mendapatkan hasil yang berkualitas.

Seperti yang kita tahu kelinci adalah hewan yang menyusui  jadi dalam melakukan perawatan anda harus memperhatikan agar anak kelinci mengalami pertumbuhan yang baik, serta memiliki bobot yang berat guna daya tarik pembeli semakin mantab. Dalam merawat anak kelinci anda harus mengetahui saat usia berapa anak kelinci hias atau potong bisa di sapih atau sudah bisa makan sendiri, serta mengetahui kapan waktu anakan kelinci yang anda ternak bisa makan dengan sendirinya.

Baik untuk menjawab masalah anda mengenai bagai mana cara dan apa saja yang harus di lakukan dalam perawatan anak kelinci ini simak tips tips berikut ini.
Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir


Berikut Tips Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir


Anakan kelinci berusia satu minggu


Seperti pada jenis hewan mamalia lain nya anakan kelinci yang baru lahir belum bisa membuka matanya dan belum berbulu. Bulu dan mata anakan akan tumbuh dan terbuka ketika anakan sudah berusia satu minggu setelah lahir,  tentunya saat masih berusia satu minggu anakan akan menyusu pada indukan, anakan akan menyusu pada saat malam hari dan pagi hari, agar anakan kelinci dapat tumbuh sehat berikan makanan pada indukan betina dengan nutrisi serta protein yang baik kemudian kebutuhan air untuk indukan harus tercukupi.

Ketika umur 16 sampai 18 hari anakan akan mulai keluar dari kotak sarang, perawatan anak kelinci ketika itu harus anda perhatikan, karena ketika anakan keluar dari kotak sarang anakan kelinci akan belajar memakan rumput dan mengkuti jejak indukan nya. Anakan akan melompat lompat dan berlari biarkan mereka bergerak bebas. Kemudian perhatikan pola makan anakan kelinci anda, berikan makanan hijauan yang  lembut dan tidak banyak mengandung serat yang kasar. Karena pada saat itu pencernaan anak kelinci belum terlalu kuat, walaupun sudah belajar makan tetapi anak masih tetap menyusu pada indukannya.


Waktu Sapih anakan kelinci


Kemudian tahap selanjutnya dalam perawatan anak kelinci hias atau potong adalah dengan menyapih setelah anakan sudah bisa dan mampu untuk makan sendiri. Pada dasar nya anakan akan disapih oleh indukan betina ketika sudah berusia 42 hari sampai 56 hari ketika itu susu indukan kelinci sudah mulai susut, namun dalam proses ternak kelinci tentunya akan memakan waktu yang lumayan lama oleh sebab itu anda bisa menyapih anakan kelinci secara manual saat berusia 28 hari setelah lahir.

Ketika di sapih pisahkan anakan ke kandang pembesaran dan rawat dengan baik anakan kelinci anda dengan pakan hijauan yang mengandung nurtisi yang cukup serta berikan pakan tambahan seperti kosentrat. Dalam penyapian anakan biasanya memiliki angka kematian mencapai 20 sampai 25 %, dan biasanya anakan kelinci yang hidup hingga dewasa antara 5 sampai 6 ekor saja. Oleh karena itu dalam perawatan anak kelinci lakukan dengan baik guna meminimalisir angka kematian terhadap anakan kelinci yang anda ternak.


Bobot Pada anakan kelinci


Dalam merawat anak kelinci di kandang pembesaran harus memberikan pakan yang berkualitas seperti yang sudah saya sebutkan tadi, guna menghasilkan bobot anak kelinci yang bagus. Khusu untuk kelinci potong atau pedaging Jika perawatan anak kelinci anda baik maka bobot yang akan di hasilkan antara 2 sampai 3 kg/ekor.

Rawat anakan di kandang pembesaran sampai berumur 4 bulan, ketika sudah mencapai umur tersebut lakukan penyeleksian pada anakan. Pisah antara anakan betina dan anakan pejantan, dan satu kan di dalam kandang menurut jenis nya masing masing, jangan sampai tercampur antara betina dan pejantan karena di takutkan kelinci akan mengalami masa birahi dini. Anakan yang di besarkan di dalam kandang pembesaran membutuhkan asupan protein sekitar 17 %.





Lakukan dengan cermat dan teliti guna mengurangi angka kematian terhadap anakan kelinci, serta memiliki bobot tubuh yang baik dan layak untuk di pasarkan sebagai kelinci hias maupun kelinci potong. Mungkin hanya itu penjelasan yang sangat sigkat yang bisa kami sampaikan mengenai Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir, semoga bermanfaat dan  Terima kasih ^_^

Thanks for reading Perawatan Anak Kelinci Setelah Lahir

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment