Home » » Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan - Berbicara mengenai cara bisnis beternak ayam merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan mengingat kebutuhan akan daging ayam kampung yang setiap tahun nya semakin meningkat, dan di tambah lagi kebutuhan akan ayam kampung untuk di konsumsi belum tercukupi. Namun yang jadi masalah, ayam ini memiliki kelemahan yaitu dengan pertumbuhannya yang sangat lamban jika di banding dengan ayam potong atau ayam boiler.

Oleh karena itu para peternak ayam memutar otak untuk  mengatasi masalah tersebut, Dan alhasil untuk sekarang anda semua tidak perlu khawatir dengan hal itu, sebab atas hasil kerja keras para peternak ayam kampung modern ini telah menghasilkan ayam kampung super yang bisa di panen dalam waktu yang cukup singkat yaitu hanya 40 hari saja. Dengan begitu bisnis ternak ayam yang akan anda jalani dapat berjalan dengan sesuai keinginan dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa memetik hasil atas kerja keras anda.
Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan


Ayam kampung super ini adalah hasil dari persilangan antara ayam petelur dan ayam kampung yang memiliki postur tubuh besar dan sehat. Dengan adanya ayam super ini dapat menjawab semua masalah kebutuhan akan daging ayam kampung yang setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan waktu yang relative singkat dapat membuat peluang bisnis ternak ayam terbuka lebar dan tentunya menjadikan anda pengusaha yang sukses di bidang ayam.

Nah peluang untuk melakukan usaha  beternak ayam kampung super sendiri lebih berpeluang besar dan memiliki banyak keunggulan jika di banding dengan ayam pedaging. Berikut penjabaran tentang keunggulan, analisa dan pemasukan dalam Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan

                                                                                   

Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Super Yang Menguntungkan


Keunggulan Bisnis Ternak Ayam Kampung Super

  • Memiliki harga yang jauh lebih tinggi jika dibanding dengan ayam pedaging boiler. Hal ini di sebabkan karena lamanya masa panen dan memiliki cita rasa yang lebih enak dan gurih sehingga  ayam Kmpung super memiliki harga yang stabil dan relatife lebih tinggi.
  • Memiliki cita rasa yang lebih enak dan gurih, seperti yang kita tahu ayam kampung memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan enak jika di banding dengan ayam pedaging. Serta mempunyai penggemar yang setiap tahun semakin meningkat meski ayam pedaging semakin banyak dan harga semakin murah.
  • Ayam K super lebih tahan terhadap penyakit dan lebih sehat. Peluang kematian dalam bisnis ternak ayam super lebih sedikit jika di banding dengan ayam pedaging. Tingkat kematian yang paling parah adalah 10 % dan rata rata atau umumnya hanya 2 % saja tingkat kematian dari seluruh ayam yang di ternakkan.
  • Memiliki kandungan gizi yang lebih baik, dalam daging ayam super memiliki kandungan yang lebih baik serta rendah lemak sehingga sangat aman untuk di konsumsi sedangkan untuk ayam pedaging kurang sehat sebab hampir seluruh pakan terbuat dari bahan kimia sehingga dagingnya kurang sehat apalagi jika di konsumsi oleh mereka penderita kolesterol tinggi.
  • Memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat. Bisnis ternak ayam kampung super bisa di percepat masa panen nya hingga 40 hari dengan rata rata bobot/ayam mencapai 9 ons. Dengan begitu ternak ayam bisa di percepat dan memperkecil biaya oprasional anda.
                                                                 
Dengan keunggulan tersebut dapat menjadikan peluang usaha bisnis ternak ayam bisa menghasilkan keuntungan secara maksimal dan dalam jangka waktu yang sangat singkat.


Analisa Bisnis ternak Ayam

Nah untuk memulai bisnis kita harus menganalisa terlebih dahulu berapa biaya oprasional yang harus di keluarkan dalam setiap melakukan ternak ayam. Langsung saja, berikut kita ambil contohnya

  • Biaya Pengeluaran
Apabila kita akan memelihara bibit ayam super sebanyak 400 ekor biasanya dari pihak penyedia DOC  (anakan ayam) akan memberikan free 2 ekor bibit ayam/100 ekor. Dan umumnya untuk harga/ekor bibit ayam di hargai Rp. 5000/ekor

Berikut data Analisa modal yang di keluarkan

Keperluan

  • Membeli Bibit
  • Pakan 0 – 60 Hari
  • Vitamin Dan Vaksin

Harga Satuan
  • Rp. 5000/bibit
  • Rp. 25.000/sak pakan
  • Vitamin Rp. 200.000

Total Unit keseluruhan
  • Bibit Ayam 400 ekor
  • Pakan 16 sak               
  • Vitamin secukupnya


Total Uang Yang diperlukan
  • Bibit  400 x Rp. 5000 = Rp. 2.000.000,-
  • Pakan 16 x Rp.250.000 = Rp. 4.000.000,-
  • Vitamin  = Rp. 200.000,-

Jumlah

  • Rp. 2.000.000 + 4.000.000 + 200.000 = Rp 6.200.000,-


Dari data di atas bisa kita simpulkan bahwa untuk bisnis ternak ayam membutuhkan total modal awal sebesar Rp. 6.200.000 dari tebar sebanyak  400 ekor/bibit ayam.
Note :
Untuk tebar awal mencapai 1.000 ekor bibit umumnya membutuhkan sebanyak 40 karung pakan, dan anda bisa mengalikannya sendiri seperti table di atas berapa besar biaya yang di keluarkan dari tebar bibit mencapai 1000 ekor.

Kemudian anda juga bisa menghemat pakan dan memperkecil biaya oprasional dengan cara memberikan pakan alami untuk ternak ayam kampung super.
                                              
  • Biaya Pendapatan

Setelah biaya pengeluaran di dapat sekarang kita menganalisa biaya pendapatan. Di daerah saya umumnya harga satu ekor ayam kampung mencapai Rp. 30.000/kilo dan harga paling rendah Rp.23.000/kg.  Dan kita ambil contoh dengan rasio atau tingkat kematian bibit ayam sebanyak 5 % saja, walaupun bisnis ternak ayam umumnya memiliki tingkat kematian hanya 2 % dan tingkat kematian yang paling buruk 10%.

Dari 5 % tersebut berarti jumlah ayam yang mati dari 400 ekor adalah sebanyak 20 ekor dan ayam yang hidup serta siap di jual sebanyak 380 ekor. Untuk berat kita mendapatkan 0,9 ons/ekor.



Berikut total Data penjualan

Keterangan        = Penjualan Ayam
Harga Satuan     = Rp. 30.000/kg
Total Satuan      = 0,9 Kg x 380= 324 kg

Jumlah              = Rp. 9.720.000,-

Ket:
Dari total keseluruhan ternak ayam sebanyak 380 ekor kita mendapatkan 324 kg yang kemudian di kali dengan harga sebesar Rp. 30.000/kg. dengan begitu kita mendapatkan uang dari hasil penjualan sebanyak Rp. 9.720.000,-

Nah dari hasil penjualan tersebut kita bisa melihat berapa keuntungan atau omset yang di dapat dari bisnis ternak ayam ini yaitu dengan cara hasil penjualan di kurang (-) biaya oprasional. Dengan begitu kita mendapatkan pendapatan bersih.

Pendapatan Bersih         = Hasil penjualan – Pengeluaran
                                          = Rp. 9.720.000 – Rp. 6.200.000,-
Jumlah                             = Rp.3.520.000,-

Dari keterangan diatas kita bisa mendapatkan omset keuntungan dari ternak ayam sebesar Rp 3.520.000 dari tebar bibit ayam sebanyak 400 ekor. Nah dari kesimpulan ini bisa anda bayangkan saja, bagaimana jika anda melakukan ternak ayam sebanyak 1000 ekor. Berapa keuntungan yang akan anda dapat??  Sangat lumayan dan tentunya jumlah yang tidak sedikit untuk bisnis usaha sampingan.

Kesimpulannya, semakin banyak anda melakukan tebar bibit ayam semakin banyak pula keuntungan keuntungan atau omset yang bisa anda dapatkan dari bisnis ternak ayam. Mengingat kebutuhan akan ayam kampung setiap tahun bertambah banyak tentunya membuka peluang untuk anda anda semua yang ingin melakukan usaha dan bisnis yang sangat menjanjikan ini.

Dan dengan adanya ayam kampung super ini, mudah mudahan dapat memenuhi kebutuhan akan daging ayam kampung di pasaran.



Demikianlah penjelasan mengenai bisnis ternak ayam yang bisa kami sampaikan, mudah mudahan dengan referensi diatas dapat membantu anda semua selaku peternak pemula mapun pembisnis muda. simak terus kelanjutan artikel artikel terbaru kami.. Semoga bermanfaat dan Terima kasih Telah Membaca Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan

Thanks for reading Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Yang Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment