Home » , » Cara Budidaya Ayam Potong Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ayam Potong Yang Menguntungkan


Cara Budidaya Ayam Potong Yang Menguntungkan,-Senangnya berbagi ilmu dan pengetahuan membuat kita menjadi manusia yang agak terhormat, berbagi cara beternak atau membudidaya binatang ternak mungkin sudah banyak, tapi itu tidak membuat saya selaku penulis mengucilkan diri untuk tidak mau memberi tahu tata cara membudidaya. Ilmu memang susah didapat tetapi saya enggan membiarkan ilmu yang saya bisa saya sia-siakan begitu saja.

Ayam potong atau sebagian orang mengenalnya dengan ayam boyler, biasanya ayam ini di budidayakan oleh perusahaan ternama di Indonesia yang hangat disapa Multi, namun dengan kebutuhan ayam yang sangat besar ini, masyarakat mencoba  membudidayakan ayam potong sendiri. Alhasil dengan pengalaman mereka bekerja di perusahaan tersebut mereka berhasil membudidayakan ayam potong dengan hasil yang tidak diragukan lagi.

Jika kita berbicara tentang usaha mungkin tidak akan pernah ada habisnya, kali ini saya akan membahas cara budidaya ayam potong . ayam potong ini adalah jenis ayam yang gampang sekali terkena penyakit. tidak sedikit peternak ayam potong mengalami kerugian. budidaya ayam ini termasuk dalam kategori usaha perorangan, dan bukan berarti kita harus menernak nya dirumah karena budidaya ayam ini bisa menyebarkan penyakit.

Ayam Potong
Dewasa kali ini akan menyarankan anda sebagai peternak ayam yang bisa menguntungkan. pertama yang harus anda ketahui tentang budidaya ayam potong ini adalah, ayam gampang terkena penyakit, Butuh proses yang lumayan lama untuk proses mulai nya budidaya, kemudian, menyediakan tempat jauh dari perumahan dan harus benar-benar bersih, agar terbebas dari segala jenis virus, begitulah defisin singkatnya.Bagi peternak pemula mungkin akan mengalami banyak kegagalan, oleh karena itu kami akan mengajak anda bagaimana cara membudidayakan ayam potong dengan benar, ikuti inturksi yang akan saya jelaskan,

Dengan kebutuhan ayam yang semakin melonjak, banyak orang berusaha menjdi perternak ayam, dikampung saya, tidak ada peternak ayam yang tidak sukses, dari situ saya sangat mengerti bagaimana cara beternak ayam yang benar dan trik yang jitu agar ayam tidak mengalami kegagalan (kematian). baiklah saya akan menjelaskan satu persatu bagai mana Cara Budidaya Ayam potong Yang Menguntungkan.


Cara Budidaya Ayam Potong

1.       Mencari Tempat (Kandang)  Yang jauh Dari Perumahan


Cara pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya ayam potong adalah Mencari kandang untuk tempat bibit ayam potong, anda harus mencari tempat yang jauh dari pemukiman warga minimal 100 meter. Jika sudah menetapkan dimana bibit ayam potong akan dibudidayakan, sebaik nyakeringkan dan  kosongkan dahulu kandang tersebut minimal 1 bulan agar virus dan bakteri tidak berkembang biak. Ukuran kandang yang dibuat usahakan yang besar agar bisa menernak ayam hingga 1500 ekor, setidaknya 8 x 12 meter. Karena pada dasarnya ayam mebutuhkan ruang lingkup yang luas agar ayam bisa bertahan hidup.

Kemudian untuk budidaya ayam potong ini usahakan lantai ayam diberi serut atau potongan kayu yang lembut. karena serut ini bisa memberikan rasa hangat dan rasa nyaman pada ayam potong. Dan apabila sudah selesai dipanen bekas serut yang habis digunakan ayam ini bisa bermanfaat bagi petani,karena berfungsi sebagai pupuk kandang.  Lalu tutup rapat kandang dengan menggunakan terpal, usahakan jangan sering membuka kandang atau membiarkan pintu kandang terbuka cukup lama, dinidng kandang bisa menggunkan bambu yang di potong panjang dan dibentuk. Setelah kandang sudah siap semua kita ketahap selanjutnya.

2.       Memilih Dan Merawat Bibit Ayam potong

Cara yang selanjutnya yaitu memilih dan merawat bibit ayam, sudah pasti jika ingin budidaya ayam potong kita harus pandai-pandai memlilih bibit yang sehat, tidak mempunyai cacat dan yang bagus tentunya. Untuk masalah bibit ayam ini biasanya sangat bagus dan jarang ada cacat, karena bibit langsung bisa didapat dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan bibit-bibit ayam potong yang berkualitas.

Tidak perlu mebedakan mana bibit jantan dan mana bibit betina, karena pada dasarnya ayam jika diternak dan dirawat dengan baik, tidak mengalami stres pertumbuhan ayam akan sangat bagus. Cara perawatan bibit ayam potong inilah yang biasanya sering mengalami kematian, karena tidak bisa merawat dengan baik. Kuncinya cuma satu, jangan biarkan  Bibit ayam mengalami stress karena itu akan memicu pada kematian bibit ayam, itulah cara yang harus anda lakukan dalam budidaya ayam potong.

Berikan vaksin pada bibit ayam secara rutin agar bibit ayam terbebas dan kebal terhadap virus penyakit. Bibit ayam harus selalu diawasi, dengan kehangatan yang pas, tidak terlalu panas. Penghangatan bibit ayam yang efesien harus menggunakan lampu boklam agar kehangatannya tetap terjaga, apalagi disaat musim penghujan. Dan cara memberi makan pada bibit ayam, untuk bibit ayam yang baru menetas atau baru berumur sehari sebaiknya diberi pakan pemula. hingga bibi ayam berusia 24 hari, selanjutanya diberi pakan yang biasa digunakan yaitu pakan penanam hingga ayam bisa dipanen.

3.       Dibutuhkan Air Bersih

Selain memperhatikan cara perawatan bibit ayam potong peternak harus memperhatikan kebersihan air.  karena selain bisa digunakan untuk memberikan air minum, air yang bersih berguna untuk mencuci bekas pakan atau wadah air minum. usahakan cuci hingga bersih sehingga bakteri dan virus tidak berkembang biak yang menimbulkan ayam terserang penyakit. Peternak harus selalu melihat wadah tempat pakan ayam ataupun minum, ketika wadah yang digunakan sudah mulai kotor harus segera diganti yang bersih atau di cuci hingga bersih agar tidak terkontaminasi. Berhati-hati saat memberikan air minum pada ayam karena tempat yang lembab cepat sekali menimbulkan virus atau penyakit, usahakan tempat atau lantai kandang selalu kering dan hangat.

4.       Memanen Ayam Potong

Setelah instruksi yang saya berikan diatas dijalankan dengan benar, maka tahap selanjutnya adalah memanen ayam potong. Sering para peternak ayam merasa kualahan saat panen, karenaa ayam yang dipanen terlalalu banyak dan membutuhkan waktu yang lama. Saya mempunyai tips agar panen ayam sesuai dengan apa yang kita inginkan. stelah anak ayam berusia 28 hari sebenarnya ayam sudah bisa dipanen, tergantung konsumen yang meminta. ada yang meminta ayam potong itu berbobot 1.5 kg, tapi itu jarang terjadi dan ada juga yang memimnta 1.2 kg.  jika konsumen meminta meminta ayam potong yang berukuran 1.2 kg maka waktu yang pas unyuk memanen ayam adalah saat ayam berusia 28 hari. hingga proses panen selesai itu semua tergantung peternak ayam yang ingin memanen semua atau menunggu berat ayam mencapai 1.5 kg.

Setelah panen ayam selesai segera kosongkan kandang, bersihkan dengan bersih kandang yang habis digunakan untuk pembibitan selanjutnya. Pastikan serut yang habis digunakan diberishkan. setelah semua kosong bukan berarti kandang langsung bisa digunakan. biarkan kandang kosong semnetara, minimal 14 hari kandang bisa mulai digunakan kembali untuk menernak bibit ayam potong.

Note :  Jika ayam potong mengalami kekerdilan saat masa pertumbuhan, itu biasanya dikarenakan peternak memberi pakan dan vaksin tidak merata pada anak ayam potong. pisahkan ayam potong yang kiranya tidak bugar, agar tidak mati terinjak oleh ayam yang lain.

Baca Juga Peluang Usaha Ternak

Semoga bermanfaat pagi pembaca, mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang  Cara Budidaya Ayam Potong Yang Menguntungkan . ^_^


Tags : Budidaya Ayam Potong, Cara Budidaya Ayam Potong

Thanks for reading Cara Budidaya Ayam Potong Yang Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment