Home » » Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Mas agar Cepat Panen, -Secara umum untuk melakukan atau membudidayakan ikan mas diperlukan sebuah teknik peternakan yang sangat efesien. Sama seperti peternak udang, peternak ikan mas membutuhkan kolam yang besar, perkembangan ikan dapat bergerak bebas dan mempunyai suplai makanan tambahan seperti lumpur dan sejenisnya. Bibit ikan mas yang masih kecil banyak disukai oleh anak-anak karena warnanya yang unik dan bermacam-macam. Ikan tawar yang satu ini adalah jenis ikan yang sering dicari oleh kebanyakan orang. Karena rasanya yang gurih dan dagingnya banyak, merupakan favorit bagi semua orang. Teknik peternak sukes biasanya menggunakan metode tanah. Untuk  hasil yang maksimal para peternak selalu menyortir ikan yang pertumbuhannya agak melambat atau kalah dari yang lainnya.

Cara Budidaya Ikan Mas


Pada dasarnya ikan mas bisa hidup didalam air yang tenang maupun berarus deras, di alam aslinya ikan mas bisa tumbuh menjadi sangat besar melebihi bantal tidur kita, namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas itu melainkan bagaimana cara budidaya ikan mas. Tidak beda dengan ikan lele, budidaya ikan mas juga perlu diperhatikan kadar  oksigen yang berada didalam air agar tetap stabil. Pembudidayaan ikan mas yang sangat meningkat didorong dengan permintaan dari konsumen yang semakin banyak.  Bagaimana Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen berikut ini cara yang akan saya beritahu.



Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

·         Bentuk Kolam

Untuk bentuk kolam, yang pertama  perlu kita ketahui lebih bagus nya mengunakan metode tanah karena dengan menggunakan kolam tanah dapat menghasilkan makanan tambahan agar ikan bisa mencari nutrisi-nutrisi yang ia butuhkan. Metode tanah ini sangat bagus dari pada kolam yang terbuat dari tembok atau lantai kolam yang terbuat dari semen. Memang dengan metode kolam tanah ada kekurangannya, saat setelah dipanen kolam yang ingin digunakan lagi  harus dikeringkan terlebih dahulu, sekitar 3-4 hari,tergantung cuaca. Beda dengan yang menggunakan jaring bisa sangat cepat, hanya butuh kurang dari sehari.

·         Kadar Air

Peternak prefosional harus tau tentang kadar air atau tentang kadar oksigen yang ada didalam kandungan air tersebut agar budidaya ikan mas berkembang dengan baik. Kadar air pada kolam harus berada dalam kisaran standar biasanya berada dalam 8-9 PH. Sama seperti manusia ikan juga perlu oksigen, agar bisa berkembang dengan baik. Ikan lebih senang berada di air yang  jernih dan bersih dari pada air yang kotor dan berkeram.

·         Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada ikan sebaiknya dilakukan 2 x 1 dalam sehari, sebaiknya saat pagi dan sore hari. Jika ingin  mendapatkan hasil yang memuaskan saat  malam hari ikan diberikan makanan tambahan. Makan ikan biasanya pellet yang dapat ditemukan di toko-toko pakan, sangat mudah mendapatkannya. Dengan menggunakan kolam dengan metode tanah dapat membantu ikan supaya cepat besar karena ikan dapat memakan plankton-plankton yang terdapat didalam kolam tersebut.

·         Memilih bibit

Ada baik nya sebelum melakukan budidaya ikan mas, anda harus memilih bibit yang unggul,agar kelangsungan hidup ikan bagus, tanpa mengalami banyak kematian. Pilihlah bibit yang sehat tanpa ada luka dan cacat yang terdapat di bagian tubuh ikan tersebut. Memilih bibit ikan ini perlu agar kita tidak mendapatkan hasil yang mengecewakan. Dalam waktu panen ikan biasanya diperlukan waktu kurang lebih 2,5 bulan atau 3 bulan, tergantung besar ikan yang didapat. Untuk catatan, jika ingin mendapatkan hasil panen yang banyak ada baiknya belilah bibit unggul dan penebaran ikan mas sebanyak 400 kg ,atau bisa dilihat berapa kapasitas kolam anda .

·         Perawatan

Bagaimana cara merawat ikan yang benar,secara teori mungkin ini sudah sering dilakukan oleh peternak ikan karena memang merupakan tugas seorang peternak. Untuk pembahasan kali ini, kolam ikan yang menggunakan kolam tanah lagi-lagi lebih unggul dari kolam terpal. Bagai mana tidak, kolam yang menggunakan terpal atau jaring lebih gampang terkena penyakit. Terdapat banyak virus atau hama yang menempel pada jaring, itu dapat membuat ikan mas gampang terserang penyakit dan mengalami banyak kematian. Dan ruang lingkup ikan mas tidak bebas, itu yang membuat ikan mas tidak dapat tumbuh dengan sempurna.


·         Panen

Proses memanen ikan biasanya dilakukan setelah ikan berumur 2,5 sampai 3 bulan, tergantung besar ikan yang dihasilkan. Atau sudah layak untuk di konsumsi, proses pemanenan ikan biasanya dilakukan saat pagi hari agar ikan langsung bisa dipasarkan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis tentang Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen. Baca Juga artikel kami tentang cara budidaya ikan lele agar cepat besar, Semoga bermanfaat bagi pembaca juga bermanfaat bagi pengusaha peternak ikan mas. Salam sukses…


Tags : Budidaya Ikan Mas, Cara Budidaya Ikan mas

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment