Home » » Cara Budidaya Jamur Tiram Secara Cepat

Cara Budidaya Jamur Tiram Secara Cepat

Cara Budidaya Jamur Tiram Secara Cepat,-Secara kesuluruhan jamur yang satu ini dapat menjadi budidaya yang sangat baik, dengan rasa yang enak dan dapat disajikan dengan cara apapun, jamur tiram ini menjadi cemilan yang digemari oleh kalangan muda dan menjadi makanan favorit saat sedang bekumpul bersama teman-teman. Tidak hanya cara mengolahnya saja yang mudah tetapi juga budidaya nya yang tidak terlalu sulit.


Budidaya Jamur tiram bisa dilakukan dengan ruang yang dibentuk seperti rumah atau bisa juga didalam rumah. tidak seperti cara beternak ayam yang sangat rumit tetapi proses budidaya jamur ini begitu simple, kita hanya membutuhkan beberapa material dan tempat. berbanding dengan beternak ayam, jika ayam membutuhkan tempat yang kering dan hangat , jamur tiram ini membutuhkan tempat yang sejuk karena pada dasarnya jamur akan hidup atau tumbuh ditempat yang lembab.
Jamur Tiram


Metode budidaya jamur Tiram ini menggunakan serut atau potongan kayu, tak perlu susah untuk mencarinya, biasanya banyak di budidayakan di area perkampungan yang dingin, karena bagus agar jamur tumbuh dengan sempurna. Bagi para konsumen yang semakin melonjak para pengusaha jamur ini terus berkembang dan semakin banyak,tidak hanya orang yang sudah berkeluarga tetapi juga bagi para pengusaha muda. untuk kali ini saya akan membahas bagaimana cara budidaya jamur tiram dengan benar, berikut ulasannya.


Cara Budidaya Jamur Tiram Secara Cepat


·         Menyediakan Tempat Yang Tidak Sering Terkena Sinar Matahari


Jamur adalah jenis tumbuhan yang hidup dengan cara membelah diri dan menyukai tempat yang lembab. Oleh karena itu kita harus menyediakan tempat yang suhu udaranya dingin tidak terlalu panas agar jamur dapat tumbuh dengan cara yang sempurna, karena jika terlalu panas jamur akan mati dan jika tidak matin jamur akan tumbuh menjadi kerdil. sebab itu saya menganjurkan pembudidaya  agar tempat yang anda gunakan untuk budidaya jamur tiram jangan sering terkena sinar matahari.

Susun tempat secara rapih agar saat musim jamur tiram,  panen tidak merepotkan peternak saat mulai memanen, Dengan cara demikian akan memudahkan pembudidaya. tidak hanya tempat ya, pembudidaya juga harus memperhatikan prosedur-prosedur yang lainnya.


·         Cara Menanam Jamur Tiram


Saya akan menjelakan bagaimana cara menanam jamur tiram dengan benar , hal yang harus anda ketahuilah adalah, pertama saat ingin memasukkan bibit jamur kewadah dimana jamur akan tumbuh, baisanya wadah menggunakan plastic satu kiloan atau bisa juga menggunakan polybag. kemudian rebus serut atau bubuk gergaji, kurang lebih selama 12 jam. setelah serbuk selesai direbus biarkan sampai serbuk dingin lalu masukan serbuk kedalam plastic yang sudah disediakan jangan lupa isi serbuk yang padat kedalam plastic kemudian masukkan bibit jamur tiram yang telah disediakan, plastic harus di kasih lubang udara kecil kecil agar proses pertumbuhan jamur tiram tumbuh dengan baik.

Setelah semua wadah sudh disiapkan bibit jamur siap dikembangkan, petani jamur tiram harus sering melihat ruangan tempat budidaya jamur tiram, harus tahu keberadaan suhu didalam karena jika suhu terlalu panas jamur akan mengalami pertumbuhan yang sangat jelek, hasil jamur yang akan didapat kecil dan tidak segar. pertumbuhan jamur ini sangatlah cepat, hanya membutuhkan waktu 7 hari jamur bisa dipanen, dan saat pemanenan berlangsung . jika pertumbuhan jamur tiram baik, maka hasil dalam satu wadah polybag dapat menghasilkan 1 ons jarum tiram bahkan bisa lebih.



·         Membersihkan Hama


Jangan berfikir jamur ini tidak mempunyai hama ya, yah walapun jamur sering disebut parasit namun budidaya jamur tiram ini juga mempunyai hama, yang membuat mereka mati atau tidak bisa tumbuh dengan baik, salah satunya adalah tempat atau kandang yang kotor, jamur tiram tidak bisa berkembang dengan sempurna jika tempat yang mereka singgahi kotor. Kemudian serangga, jangan sampai ada serangga yang menghinggapi atau tinggal di bagian jamur, petani harus sering mengontrol agar tidak ada serangga yang tinggal diarea jamur tiram.


·         Cara Panen Jamur Tiram


Mungkin cara budidaya jamur tiram yang satu ini sudah banyak yang  mengerti, jadi tidak perlu terlalu banyak saya jelaskan, hanya saja satu yang harus diingat. Saat proses panen jamur tiram, sebaiknya pegang jamur tiram pas batang atau akar jamur sehingga jamur tidak mengalami kerusakan, agar jamur tetap dalam kondisi baik saat dipasarkan. Untuk masalah harga jamur tiram ini, biasanya tergantung di daerah-daerah yang membudidayakan jamur tiram. setiap daerah pasti berbeda harganya. Dan penjualan Jamur tiram ke konsumen biasanya dijual per Ons, karena bila konsumen membeli untuk dikonsumsi sendiri , satu kilo kebanyakan :D hehee.

Baik ternyata selesai juga saya menulis tentang budidaya ini, Mungkin itu penjelasan yang bisa saya berikan sedikit, tentang Cara Pembudidayaan Jamur Tiram Secara Cepat, Baca Juga artikel Kami mengenai Cara Bertanam Sawi Hijau Dengan Benar, semoga bermanfaat

Tags : Budidaya Jamur Tiram, Cara Budidaya Jamur Tiram

Thanks for reading Cara Budidaya Jamur Tiram Secara Cepat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment