Home » » Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan, -Peluang usaha kali ini akan membahas trik dan cara beternak ikan patin, metode tentang budidaya yang satu ini terbilang sudah cukup marak atau mudah, semua orang sudah banyak yang mengerti tentunya. Ada banyak ikan yang dikembang biakan salah satunya ikan yang satu ini, ikan yang berwarna putih serta dagingnya yang hambar dan empuk ini banyak disukai oleh banyak kalangan masyrakat , tidak hanya enak namun ikan putih  ini juga banyak mengandung protein yang baik untuk manusia.


Dalam usaha cara budidaya ikan patin, peternak harus memperhatikan kolam ikan agar ikan yang di budidayakan menjadi sehat dan tidak mengalami kematian, atau dalam istilah trendnya gagal panen. Dalam bidang usaha budidaya yang semakin berkembang, petani mulai menemukan ide-ide terbaru dan trik yang khusus agar hasil yang didapatkan lumayan menguntungkan. tak hanya itu peternak yang sukses selalu membuka cabang ataupun membuat usaha ternak baru agar usaha budidaya mereka semakin maju. Memang perkembangan dan persaingan dalam dunia bisnis terbilang sungguh ketat. yang tidak kalah saing adalah budidaya ikan lele.
Ikan Patin


Dewasa kali ini akan membahas tentang trik yang bisa menguntungkan peternak dalam budidaya ikan patin, peternak yang ingin meraih kesuksesan adalah peternak yang benar-benar tahu cara budidaya ikan patin yang benar dan bersungguh akan sesuatu yang dicapai. Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam beternak patin, terutama bagi peternak awam atau pemula. Baik Kami akan memandu anda dalam beternak patin supaya anda dalam menjadi peternak tidak akan menjadi peternak yang gagal dan menjadi peternak yang sukses,, amin. Ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh peternak, Berikut Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan


·         Tempat (Kolam)


Cara yang pertama dalam budidaya ikan patin adalah menyediakan kolam untuk ikan patin, agar ikan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat sebaiknya buatlah kolam ikan dari media tanah, banyak keunggulan atau kelebihan kolam yang terbuat dari tanah dari pada kolam yang mengguanakan metode semen dan pasir. keunggulan yang pertama adalah, jika kolam air yang terbuat dari tanah maka ikan akan mendapatkan nutrisi yang baik untuk perkembangan ikan. yang kedua dengan adanya kolam yang terbuat dari tanah maka masa air akan selalu seimbang dikarenakan tidak akan mengalami kebocoran sehingga membuat debit air semakin surut. dan yang ketiga ikan akan memakan lumpur  dan plangton yang ada didalam air sehingga vitamin yang dibutuhkan ikan akan tercukupi. Usahakan Kolam yang dibuat lumayan besar, dengan ukuran 4x5 m, agar ikan dapat bergerak bebas.

·         Kualitas Air


Kualitas air dalam budidaya ikan patin sangat dibutuhkan, dan peternak harus selalu memperhatikan kebersihan air didalam kolam, karena jika air didalam kolam jelek atau keram maka besar kemungkinan ikan akan mengalami kematian, jika tidak ikan akan menjadi kerdil. Dan karena kualitas air tidak baik sehingga oksigen didalam airpun otomatis tidak akan baik (jelek), sehingga dapat menggangu pernafasan ikan di dalam kolam. Sebaiknya peternak sering melakukan pengairan pada kolam, agar air didalam kolam dapat berganti dengan air yang segar.

·         Memilih Bibit


Cara yang selanjutnya adalah memilih bibit patin yang baik, agar kualitas yang didapat saat masa panen membuahkan hasil yang baik dan sangat memuaskan. Pilih bibit patin yang tidak mengalami cacat, atau terdapat luka pada bagian tubuh ikan tersebut. bibit yang berkualitas bagus yang bisa diandalkan. Ukuran yang Tepat saat budidaya ikan patin adalah saat ikan memiliki ukuran 10 inchi. karena dengan cara tersebut ikan lebih kebal dari serangan penyakit. Dan agar panen yang dihasilkan mendapat keuntungan yang banyak usahakan tebar bibit ikan sebanyak 500-100 ikan patin perkolam. Dari itu usahan saat pembuatan kolam sediakan kolam yang besar, agar hasil yang didapatkan juga besar.

·         Pakan Ikan Patin


Pemberian pakan pada ikan sebaiknya mengikuti prosedur yang sudah ada serta memperhatikan kapasitas ikan yang ada di kolam, sehingga ikan tidak mengalami kekerdilan. Pemberian pakan dapat dilakukan pada saat pagi sore dan ada baiknya saat malam hari, pakan ikan patin ini banyak disediakan ditoko pakan terdekat dikota anda. Tidak hanya makan pokok yang dibeli saja yang harus diperhatikan, pakan tambahan ikan ini juga perlu dan sangat dibutuhkan agar ikan yang di budidayakan dapat mengalami pertumbuhan dengan baik sehingga ikan cepat besar. Makanan tambahan ikan bisa menggunakan sayur-sayuran serta daun lompong dan lain sebagainya.

Trik yang sangat manjur dalam pemberian pakan pada ikan adalah dengan cara memberikan pakan ikan dengan pakan fermentasi , dengan cara ini bobot ikan akan sangat cepat bertambah sehingga ikan patin mempunyai bobot yang sangat baik. Saya akan menunjukkan cara membuat pakan fermentasi.
Cara meracik pakan
1.       Belilah ditoko yang menjual Prebiotik (bakteri pengurai), lalu masukkan 1 bungkus prebiotik  kedalam wadah besar dengan wadah yang bisa menampug lebih dari 150 liter air.
2.       tambahkan air yang sudah dicampur dengan gula merah sebanyak 5 liter.
3.       kemudian tambahkan katul sebanyak 5 liter air juga. Campurkan jadi satu dan aduk sampai merata.
4.       Diamkan selama 96 jam dalam tempat tertutup agar fermentasi berjalan dengan lancar.
5.       setelah 96 jam, Campurkan dengan sagu atau bahan pakan ikan lainnya, dengan takaran 36 kg pakan dan 6 liter larutan yang sudah difermentasi tersebut
6.       Kemudian diamkan kembali sampai 24 jam.  Setelah didiamkan selama 24 jam berikan pakan tersebut ke ikan patin

·         Panen

                             
Waktu yang dibutuhkan untuk memanen ikan ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Tergantung berat ikan yang di dapat, tetapi pada umumnya memanen ikan saat ikan sudah berboot 1kg /ekor. Memang tak secepat ikan lele yang hanya membutuhkan waktu satu bulan, tetapi berat yang dihasilkan ikan ini tidak merugikan, pasalnya berat ikan bisa mencapai 1 kg bahkan lebih.

Harga jual ikan patin sangat mahal, bisa mencapai 15 rubu /kilonya. Bayangkan saja jika /ekor  mempunyai bobot 1 kg maka yang dihasilkan peternak patin akan berkantung tebal, apalagi saat penebaran benih ikan petambak menebar 1000 sampai 1500 ikan. sangat memuaskan bukan.

Demikianlah Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan peternak yang ingin membudidayakan ikan patin.

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment