Home » » Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang

Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang

Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang, -Palembang, Jumat (31/11/2008) Kota Palembang digemparkan dengan tertangkapnya seekor ikan patin dengan berat 45 kg dan memiliki panjang hampir 1,5 meter. Tertangkapnya ikan patin ini membuat warga Palembang beramai-ramai mendatangi tempat dimana ikan patin ini didiapat yaitu dianakan sungai musi tepatnya sungai Lais. IKan patin ini ditangkap oleh nelayan yang bernama Yanto. Yanto adalah seorang nelayan yang biasa mencari udang, ikan, untuk menafkahi keluarganya sehari-hari dengan mencari ikan diperairan sungai Lais.  


Kemudian ikan patin raksasa tersebut dia jual ke pedagang yang berada di pasar cinde dengan Harga 2,5 juta. Ntah mendapatkan mimpi apa sehingga yanto mendapatkan ikan patin seberat 45 kg ini.
Jika dibandingkan tinggi dengan anak manusia yang berusia 7 tahun, tinggi ikan patin dan anak usia 7 tahun hampir sama. Lebar tubuh ikan patin raksasa tersebut mencapai 50 cm. Perutnya pun besar menggelembung, setelah disayat ternyata didalamnya terdapat telur senyak 5 kg.  dan saat kita pegang ikan tersebut berasa kenyal.
Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang


Coba kita sejenak berfikir, jika patin sebesar  itu dan seberat itu. harus berapa orang yang memakan ikan tersebut supaya habis. Untuk ukuran ikan patin normal saja yang beratnya 1 kg bisa habis dimakan oleh 3 orang, bayangkan saja berapa orang yang akan menghabiskan ikan patin raksasa ini,,? mungkin membutuhkan sebanyak 200 orang lebih.

Ikan patin raksasa yang telah dijual tersebut tergeletak dilapak milik seorang pedagang ikan yang bernama Heri (45) tahun. Tetapi mungkin karena ngeri untuk membelinya ataupun takut jadi oleh hari dimasukkan ke bok yang berukuran besar dan di isi oleh batu es. Dibantu dengan adiknya bernama Fendi (42) Tahun. mereka berdua pun kesulitan untuk mengangkatnya mengingat ikan patin yang begitu besar.


Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang


Menurut pedagang yang membeli ikan patin raksasa tersebut, tidak kurang dari 20 tahun saya berdagang ikan di pasar Cinde Palembang , namun baru pertama saya membeli ikan patin raksasa seberat 45 kg. Benar saya mendapatkan ikan itu dari seorang nelayan yang bernama yanto. Dan baru pertama kali ini ujar Heri pedagan dipasaar Cinde

Saat dibawa oleh nelayan Kesini, ikan patin itu masih dalam keadaan hidup. Mulanya yanto menawarkannya ke Zairul salah satu pedagan ikan juga disini, namun karena harga yang dijual yanto kemahalan sehingga zairul tidak berani untuk membelinya. Dan akhirnya yanto menjualnya kepada kami. “Biasanya saya menerima ikan patin yang besar dan beratnya mencapai 25 kg sudah biasa disini. Tapi kalo yang sebesar ikan patin milik yanto ini yang mencapai 45 kg baru pertama kali ini, dan sangat luar biasa. Dan mungkin baru kali ini ditemukn dipulau Sumatra”.  ujar Heri.

Karena ikan patin besar yang didapat yanto ini, mendatangkan banyak warga yang berbondong-bondong ingin melihat ikan patin raksasa tersebut. Tidak hanya warga saja yang ingin melihatnya semua pedagang ikan menggelengkan kepala saat melihat ikan patin raksasa tersebut.  Ikan patin tersebut membuat semua orang merasa penasaran dan tak percaya. “ Kalau ikan patin sebesar ini bukan ikan yang dimakan buaya, tetapi malah buaya nya yang dimakan ikan patin”. ujar seorang warga yang melihat ikan patin raksasa tersebut.

Tidak sedikit warga yang ingin membelinya dan ada juga yang mengambil gambar ikan raksasa tersebut untuk didokumenkan atau disimpan, ada yang penasaran ingin memegang ikan tersebut. Warga yang ingin membeli ikan tersebut tidak dibolehkan oleh Heri karena akan dijual ke pekan baru. “ Ya saya akan menjual ikan raksasa Tersebut dengan harga 60 ribu /kilonya, dengan demikian saya bisa untung besar.”  Ucap Heri.

Menurut Heri sipedagan ikan tersebut, Jika ikan patin yang dijual semakin besar maka Harga ikan tersebut semakin mahal. Harga ikan Patin liar yang berukuran kecil dan mempunyai berat 5 kg kebawah saja dijual 45 ribu, tetapi jika ikan patin liar yang dijual memiliki berat diatas 5 kg /ekor maka Harga jual ikan patin liar ini semakin tinggi bisa mencapai 50-60 ribu /kilonya. Ikan patin Liar lebih enak dari pada ikan patin tambak, karena itulah ikan patin liar lebih mahal harganya.

Kisah Nelayan Saat Mendapatkan Ikan Patin Raksasa Tersebut

Pada umumnya ikan yang ditangkap Yanto ini hanya mempunyai berat 5-10 kg ikan patin, tetapi kali ini ikan yang didapat yanto berbeda dari yang biasanya, Yanto kira saat pertama menarik jail jaring tersebut yanto mendapatkan seekor buaya,  karena saat jaring ditarik, jaring terasa berat dan susah untuk diangkat. Selain banyak ikan disungai Musi tersebut terdapat banyak sekali buaya, sebab itu yanto mengiranya buaya.

“Saya kira buaya yang saya dapat, karena jala yang saya lempar, tidak kuat saya tarik. Tetapi setelah saya ketepian ternyata ikan patin yang sangat besar yang saya dapatkan.” Setelah dapatkan ikan itu yanto menjualnya  ke pasar ikan dengan harga 1.5 juta dan dibagi rata dengan ke 4 rekan-rekannya.     

Yanto dan bersama ke 3 rekannya yaitu Pudin, Abas, dan Iwan. ke 5 nelayan tersebut berangkat untuk mencari ikan seperti biasa di sungai Lais secara bersamaan. Waktu itu pada hari, Kamis 30-11-2008, sekitar pukul jam 01.00 wib, Yanto berangkat dan membawa jaring yang lumayan besar dan menggunakan penerangan lampu seadanya, seperti hari-hari biasa jaring dilempar dan kemudian diangkat. dari pinggiran sungai anakan musi tersebut.

Beberapa Kali jaring dilempar dan mendapatkan ikan udang yang mereka dapat seperti biasanya, tetapi saat jaring dilempar yang untuk kesekian kalinya, jaring diangkat teras berat. Mereka pikir itu buaya, lalu mereka ketepian, karena jaring yang dilempar tidak kuat ditarik kedalam sampan atau kapal kecil yang mereka gunakan. Setelah sampai ketepian, wahh,, mereka sepontan terkejut melihat apa yang ada didalam jaring yang mereka lempar .Ternyata jaring berisi ikan Patin Liar raksasa, Ikan tersebut tertangkap sekitar pukul 02.45 pagi. ikan patin ternyata berenang ketepian sungai dan masuk kedalam jaring mereka.

“ Kami kiro itu buayo karena berat, dan sangat kuat nian. Setelah ditepi pantai saya lihat ternyato patin yang cukup besar, Patin dalam keadaan terlilit dan bergerak-gerak” –ujar salah satu nelayan tersebut. dan saat ditimbang ikan patin raksasa tersebut mempunyai berat sekitar 45 kg. Salah satu nelayan tersebut ternyata sudah sering mendapatkan ikan raksasa tersebut tetapi beratnya hanya 2o-23 kg saja tidak dengan yang ini, bisa mencapai 45 kg.

Sungguh kejadian yang diluar dugaan, baik untuk para nelayan maupun masyarakat yang melihat ikan tersebut. kejadian yang aneh ini seperti , Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang adalah salah satu contoh bahwa ikan yang berkembang dialam bisa melebihi pemikiran manusia yang normal, biasanya manusia hanya melihat sebesar tangan orang dewasa tapi tidak dengan yang satu ini. (sumber,detik.com)

Thanks for reading Ikan Patin Raksasa Gemparkan Warga Palembang

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment