Home » » Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar, -Sebagian besar penduduk Indonesia adalah seorang petani, entah itu petani padi petani tambak dan juga petani sayuran. Peluang usaha kali ini akan membahas tentang bagaimana cara petani sayur di indonesia menjadi petani yang sukses. Kacang panjang ini adalah jenis sayuran yang mempunyai biji dan berbentuk panjang dan hidup merambat pada sebuah batang kayu yang dibuat oleh para petani.


Kacang Panjang merupakan sayuran yang banyak di budidayakan oleh petani modern karena proses pemanenannya yang tidak membutuhkan waktu yang lama dan cara menanamnya pun tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana sehingga memudahkan para petani untuk terus membudidayakannya. Harga jual yang sangat tinggipun penyebab utama para petani menanam kacang panjang, dan bisa melibihi jenis sayuran lainnya.

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar

Dewasa kali ini akan menunjukkan beberapa tips agar cara menanam kacang panjang menjadi sukses aman dan terkendali. Teknik budidaya kacang ini memang tidak terlalu rumit, walaupun begitu petani harus memperhatikan segala hama yang menyebar dan jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian, dan segala aspek yang harus dibutuhkan dalam ilmu pertanian. Bagaimana cara agar menjadi petani kacang yang sukses ini. berikut trik agar Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar.

Cara Menanam Kacang Panjang

·         Pengolahan Media


Sebaiknya media tanah yang akan digunakan untuk menanam kacang panjang, dibuat segambur mungkin. Dengan cara di cangkul agar tanah yang didapat terasa mudah untuk ditanam, buat kegamburan tanah hingga kedalaman kurang lebih 30-40 cm. Pengolahan Tanah pada budidaya kacang ini memang sedikit agak ribet ketimbang pengolahan pada kacang tanah.

Usahakan dalam menanaman kacang panjang ini saat musim kering dengan curah hujan yang sedikit agar kacang tidak mengalami gagal panen. Setelah itu buat gundukan tanah dengan lebar kurang lebih 100 cm dan ketinggiannya 20-30 cm. kemudian diamkan selama kurang lebih 3 hari. Lalu berikan cagak atau sebuah kayu yang terbuat dari media bambu untuk merambat pertumbuhan kacang tersebut. Dan berikan lubang pada tanah yang sudah digamburkan tersebut dengan kedalaman tanah 15-30 cm, dengan jarak antara lubang kurang lebih 60 cm.

media yang sudah digamburkan dan dibuat gundugan atau gunungan kecil tidak perlu dikasih plastic juga tidak apa-apa, asalkan tanah yang sudah digamburkan tersebut diberi pupuk kandang agar pertumbuhan kacang bisa berjalan dengan baik dan tanah yang dihasilkan menjadi subur.

·         Pembibitan


Pilihlah bibit yang bermutu bagus, dengan melihat bibit kacang. Benih kacang yang bagus biasanya berwarna kusam, serta tidak ada cacat pada bagian benih kacang tersebut, Dan usahakan bibit atau benih kacang tersebut tidak menganduk hama penyakit yang akan membuat kacang panjang nanti mengalami kematian. bibit kacang panjang atau benih lebih besar dari kacang tanah.

Bibit kacang ini tidak perlu di semaikan seperti cara bertanam sawi atau sejenisnya, tetapi bibit langsung bisa ditanam ke media yang sudah disiapkan. Tanam bibit kacang kedalam lubang tanah yang sudah di persiapkan tadi, bibit Kacang memang terkenal bandel akan kekebalannya terhadap penyakit  tapi bukan karena bandel petani bisa santai, tanaman kacang ini bisa saja terserang penyakit yang membuat daun kacang berubah menjadi kuning sehingga kacang akan mengalami gagal panen ataupun kematian.

Setelah bibit kacang panjang sudah dimasukkan kedalam lubang, tutup kembali lubang tersebut dan berikan pupuk kandang lagi pada lubang yang sudah ditutup setelah itu siram dengan air agar bibit cepat tumbuh, Usahakan satu lubang terisi 2-3 bibit kacang. pembibitan yang bagus sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari. Bibit atau benih kacang ini akan tumbuh dan kelihatan di permukaan tanah saat sudah berumur 4-6 hari setelah masa tanam.

·         Penyiangan


Penyiangan ini sangat membantu dan sangat penting untuk semua petani kacang ini. Dilakukannya penyiangan dapat membuat tanaman kacang panjang dapat tumbuh secara baik. Bersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar area kacang, buat media bersih dan tidak ditumbuhi rumput dan bersihkan tanaman kacang yang dihinggapi hewan yang dapat mengganggu pertumbuhan kacang tersebut. Biasanya hama dan penyakit ini akan datang saat awal penanaman bibit kacang panjang, jika sudah tumbuh segera bersihkan sehingga kacang tidak terhambat dalam proses pertumbuhan. Petani harus teliti akan hal ini, karena jika tidak tanaman kacang akan jelek.

·         Pemberian Pupuk


Pemberian pupuk yang baik untuk menanam kacang panjang adalah pupuk kandang. sebaiknya dahulukan untuk memberikan pupuk kandang dari pada pupuk yang terbuat dari bahan kimia lain. karena pupuk kandang lebih bagus dan dapat diserap baik oleh kacang, sehingga lebih baik untuk tanaman.Tetapi bukan berarti pemberian pupuk yang lain tidak bagus, semua pupuk bagus tidak ada yang tidak bagus, Cuma disarankan saja agar menggunakan pupuk kandang.

Pemberian pupuk pada tanaman sebaknya dilakukan saat setelah bibit kacang di tanam sampai berusia  20-25 hari, setelah itu berikan pupuk tambahan pada kacang saat kacang sudah berusia 25 hari, pumpuk tambahan bissa dengan menggunakan pupuk kompos, tebar pupuk kompos pada area tumbuhan kacang. Dan lebih baik atau dianjurkan semprot kacang panjang dengan menggunakan pupuk organic cair, agar proses perangsangan pada tanaman kacang panjang cepat berbunga. Takaran yang perlu juga diperhatikan,2 kg pupuk organic  campurkan dengan 20 liter air.

·         Pengairan


Untuk pengairan ini, Jika tempat atau lahan yang digunakan dekat dengan pengairan air anda tidak perlu susah untuk memberikan air pada tanaman kacang panjang, cukup buka irigasi air yang ada lalu biarkan air mengalir dan menggenangi  lahan tersebut. Tetapi jika lahan yang anda gunakan jauh atau tidak iri gasi ainya, berarti anda harus rutin menyiramkan air tersebut secara manual ke tanaman kacang. Pemberian air pada tanaman harus rutin dilakukan setiap hari, tetapi jika sering turun hujan pemberian air tidak bisa dilakukan tiap hari. Karena jika kebanyakan air yang diberikan kacang akan cepat membusuk,  tidak baik juga.

·         Hama Dan Penyakit


Hama Dan penyakit umumnya memang sangat menggangu tumbuhan dan menghambat proses pertumbuhan kacang panjang dan saat proses kacang panjang saat berbuah. Ada beberapa Hama yang menggangu kacang. Biasanyan gejaanya sangat banyak ditemukan, berikut beberapa hama yang biasa ditemukan pada tumbuhan kacang :
1.       Kutu Daun , kutu daun ini biasa hidup pada ujung ujung tumbuhan kacang, sehingga kacang panjang mengalami pertumbuhan yang kurang baik
2.       Ulat grayak, ulat pada kacang ini biasanya terdapat pada daun kacang ataupun pada buah kacang, sehingga kacang yang dihasilkan jelek.
3.       Lalat, lalat kacang ini biasanya membuat  daun serta batang pada kacang panjang akan menjadi kuning, sehingga kacang bisa saja mengalami kematian.
4.       Penggerek Biji, Hama yang satu ini akan menyerang pada biji kacang, sehingga biji akan mempunyai banyak lubang dan menimbulkan gagal panen.
5.       Virus mozaik, virus ini akan membuat daun memiliki banyak warna atau daun akan berubah-ubah warna

Penanggulangan hama atau pemberantasan hama bisa mengguanakan pestisida hayati semprotkan pada tumbuhan agar hama tidak datang, tapi biasanya kekebalan kacang tidak akan bertahan  lama, sehingga dapat kembali terserang penyakit, agar lebih efektif lagi sebaiknya pembersihan hama dibantu secara manual dengan cara membersihkan hama yang melekat pada tanaman kacang

·         Pasca Panen Dan Panen


Kacang panjang yang bisa dipanen biasanya memakan waktu 3-4 bulan. Panen kacang bisa mencapai 2 kali bahkan 3 kali pemanenan, tergantung banyaknya kacang yang dihasilkan. Ciri yang bisa kita temui dengan mudah adalah dengan kacang panjang bisa kita patahkan dengan mudah, Usahakan saat memanen kacang jangan terlalu tua agar harga jual kacang panjang tidak mengalami penurunan. Dan saat mengikat kacang panjang sebaiknya jangan terlalu besar agar kacang tidak rusak dan tetap dalam kondisi bagus.

Waktu yang baik untuk memanen kacang panjang adalah disaat pagi maupun sore hari agar kualitas kacang tetap segar, setelah dipanen kacang tersebut sebaiknya disiram air agar keesokan harinya saat kacang dipasarkan tetap dalam keadan segar dan tidak layu.


Demikianlah Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar , trik yang saya gunakan dalam menanam kacang panjang berasal dari petani yang sukses dari membudidaya kacang panjang. semoga bermanfaat.

Thanks for reading Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Untung Besar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment