Home » » Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan

Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan

Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan, -Peluang usaha kali ini akan membahas kembali bagaimana cara menanam kubis (kol),  kebutuhan sayuran yang meningkat adalah alasan utama para petani untuk bercocok tanam sayuran kubis . Sayuran kubis ini adalah salah satu bentuk makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pembudidayaan kubis ini sangat cocok diarea yang dingin dan berada pada ketinggian 1000-2000 diatas permukaan air laut, biasanya diarea perbukitan atau dilereng-lereng gunung.


Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan
Agar pertumbuhan kubis baik petani sebaiknya mencari tempat atau lahan yang gambur dan banyak mengandung humus serta usahakan tempat untuk menanam kubis yang tidak terdapat banyak pohon atau lahan lapang.  Cara budidaya kubis ini sama dengan cara menanam sawi, bibit harus terlebih dulu disemaikan. Mungkin sama seperti rumitnya dengan budidaya sawi tetapi untung yang dihasilkan saya kira lebih menghasilkan kubis, karena untung dari menanam kubis ini berlipat ganda asal tahu triknya.

Kubis biasanya dijual menggunakan kiloan, satu kubis bisa menghasilkan bobot yang lumayan berat bisa mencapai 1-2 kg perkubis, sangat menguntungkan tentunya. Salah satu keunggulan kubis dari tanaman sayuran lain adalah kebal akan penyakit dan sangat jarang ditemukan kubis mengalami gagal panen atau mengalami kematian. Untuk menghasilkan kubis yang berkualitas sebaiknya petani mempunyai trik yang bisa membuat kubis menjadi besar dan segar. Berikut trik atau Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan

Cara Menanam Kubis (Kol)



·         Penyediaan Lahan Dan Syarat Tumbuh


Penyediaan lahan kubis ini petani harus mencangkul terlebih dahulu hingga tanah yang akan ditanami menjadi gambur dan mengandung humus.  Bersih kan area yang akan ditanami kubis, cangkul lahan hinga dua kali. Cara ini harus dilakukan agar kubis bisa tumbuh dengan baik. proses pencangkulan pertama, cangkul tanah sedalam 20-30 cm, dan setelah dicangkul merata kesemua lahan yang tersedia, lalu biarakan selama kurang lebih 1 minggu untuk mendapatkan sinar matahari dan supaya tanah mengandung humus. setelah didamkan selama satu minggu barulah dicangkul kembali lahan tersebut untuk yang kedua kalinya, dan buatlah bedengan atau gundukan selebar 60-70 cm dan jangan lupa, saat membuat bedengan campurkan pupuk kandang sebanyak  2 ton/ha. Buat lubang pada bedengan dengan kedalam 25-30cm serta jarak antara lubang satu kelubang yang lain 30-40 cm. Dan buat jarak pemisah bedengan atau parit sekitar 40 cm.

Pembudidayaan kubis memang sangat menguntungkan, tetapi tidak semua petani bisa menanam kubis ini, karena syarat tumbuh kubis hanya bisa ditanam di ketinggian 1000-1500 dari ketinggiam laut, biasanya dibudidayakan dilereng gunung, ataupun di perbukitan. Dan ditempat yang dingin.


·         Memilih Benih


Cara menanam kubis yang kedua ini petani harus memilih benih kubis yang baik, agar kubis yang ditanam mendapatkan hasil yang maksimal dan mengecewakan. Benih atau bibit kubis ini bisa didapatkan ditoko-toko yang menyediakan beni segala jenis sayuran atau ditoko tani yang ada di kota anda.


·         Penyemaian


Untuk bibit kubis yang sudah dibeli tidak bisa langsung ditabur atau dilahan yang sudah dicangkul dan diberikan pupuk tadi, tetapi bibit harus disemaikan dulu, rendam bibit kubis didalam air hangat selama kurang lebih 5 jam kemudian didinginkan dan diangin-anginkan.

Sediakan tempat khusus untuk penyemaian benih kubis tersebut. Setelah itu tebar benih kubis ketempat yang sudah disediakan, usahakan tebar secara merata, lalu kemudian tutup benih yang sudah ditebar dengan menggunakan daun pisang, diamkan selama 4 hari.

Saat proses penyemaian buka daun pisang setiap pagi sampai jam 10 agar benih mendapatkan udara segar dan kemudian ditutup kembali. Dan saat sore hari dibuka kembali dari pukul 15.00 sampai menjelang maghrib. Saat penutup daun pisang dibuka siram benih dengan menggunakan gembor yang sudah disediakan, sampai benih benar-benar sudah siap dipindahkan ke lahan yang lebih besar. Penyemaian pada benih kubis bisa juga menggunakan kantong plastic, itu semua tergantung petani mau memilih dengan cara yang mana. yang terpenting disemaikan dahulu benih kubis tersebut. Dan penyemaian tersebut biasanya memakan waktu kurang lebih 30 hari.


·         Penanaman


Setelah benih yang sudah siap untuk ditanam, pindahkan benih ke lahan yang sudah dipersiapkan. Masukkan bibit kedalam lubang yang sudah disediaka, bibit yang dimasukkan harusmempunyai 4-5 helai daun. Setelah dimasukkan kemudain lubang ditutup dan diberikan pupuk kandang, lalu siram air.  Penanaman yang bagus biasanya dilakukan saat pagi ataupun sore hari.


·         Pemeliharaan


Ada beberapa cara menanam kubis yang harus dipahami dan jalani bagi setiap petani kubis saat proses pemeliharaan kubis , agar kubis yang dihasilkan menjadi lebih baik dan kubis memiliki bobot yang baik. Hal-hal yang harus dipahami adalah
Cara Menanam Kubis (Kol)

1.       Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk sangatlah penting dan harus diperhatikan, berilah pupuk buatan pada kubis yang berusia 14 – 30 hari setelah Tanam. Pupuk buatan seperti Za 500 kg/hektar dalam satu lahan. dengan dosis 250 kg/hektar.

2.       Penyiangan

Penyiangan sebaiknya dilakukan saat kubis sudah berusia 7 hari setelah tanam, dilakykannya penyiaman dengan cara membersihkan area tanam kubis yang ditumbuhi oleh rumput liar, karena dapat menggangu proses pertumbuhan kubis. Atau bisa juga menggunakan Herbisida dengan cara disemprot secara merata agar parasit yang tumbuh disekeliling kubis bisa layu dan mati.

3.       Penanggulangan Hama


Hama pada tanaman kubis pada umumnya adalah Hama ulat (Plutella maculipennis), Biasanya Hama ulat ini akan memakan kubis hingga masuk kedalam daun, sehingga kubis akann terlihat sangat jelek dan berlubang, untuk memberantas hama tersebut gunakan Diazinon dengan dosis 0-2 cc/ 1 liter air, semprotkan pada kubis hingga merata.

4.       Penyakit


Jenis peyakit yang terdapat pada tanaman kubis sangat berbahaya karena banyak penyakit kubis yang sampai sekarang belum bisa diatasi.Penyakit kubis disebabkan oleh bakteri dan virus. Hanya penyakit busuk akar saja yang sudah bisa diatasi. Bila terserang penyakit busuk akar segeralah atasi dengan Bordeaux bisa juga menggunakan fungisida dengan dosis yang sudah dianjurkan. Jenis penyakit yang belum bisa diatasi antara lain: Busuk Hitam,Busuk lunak dan kaki gajah. Jika tanaman kubis anda terserang penyakit tersebut segera dicabut dan dibuang atau dibakar.


·         Masa Panen


Waktu panen yang tepat adalah saat tanaman kubis sudah berusia 3 bulan, waktu itulah yang sangat baik untuk dipanen, bila tanaman kubis anda baik maka bobot yang bisa didapatkan kisaran 1,5-2 kg /krop atau /kubis. Bayangkan saja berapa kwintal yang akan anda dapatkan Jika anda menanam 1 hektar lahan kubis. Saat pemanenan jangan sampai kubis tergores atau luka, karena dapat menyebabkan kubis cepat busuk dan mengurangi berat pada kubis tersebut. Bersihkan daun kubis yang masih terluka atau dimakan lalat, sehingga kubis tampak putih dan bersih agar laku keras dipasaran.

Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan


Merawat tanaman kubis yang baik akan menghasilkan tanaman kubis yang baik, usahakan cermati dan perhatikan dalam setiap pertumbuhan kubis, itulah trik atau Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan , semoga Bermanfaat.

Tags : Cara Menanam Kubis, Menanam Kubis

Thanks for reading Cara Menanam Kubis (Kol) Agar Cepat Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 comments: