Home » » Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar

Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar

Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar -Bagi penggila nyanyian burung sangat membutuhkan keberadaan jangkrik dan Ulat Hongkong yang bisa membuat suara hewan peliharaannya bisa mengeluarkan suara merdu dan tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang mulai membutuhkan jangkrik tidak untuk dikonsumsi manusia saja, melainkan hewan-hewan peliharaan yang mereka ternak juga.  Peluang Usaha kali ini akan memberikan informasi yang menarik tentang cara budidaya ini, agar para pembisnis jangkrik bisa meraup untung yang tidak sedikit tentunya. Trik yang kami tunjukkan Lain dari pada yang lain, itulah tujuan blog ini kami buat agar pengunjung ataupun pembudidaya merasa puas dengan apa yang kami berikan.


Cara Beternak jangkrik tidak perlu membutukan tempat yang begitu lebar seperti membudidayakan hewan peliharaan lain misalnya, budidaya jangkring hanya membutuhkan tempat yang sederhana sehingga tidak memakan lahan yang begitu besar. Untung yang didapat dari beternak jangkring ini sangat lumayan besar sehingga tidak sedikit pula yang melakukan usaha ini. Beberapa kali dalam pembahasan artikel  yang mengandung ternak selalu menjadi sorotan utama bagi para peluang usaha yang ingin menjadi peternak sukses.


Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar
Persaingan yang ketat membuat para peternak berfikir tentang cara agar hewan yang mereka pelihara bisa mendapatkan untung yang sangat besar mengingat harga yang ditawarkan bisa bersaing. Cara dan Trik yang akan kami tunjukan kepada anda semua adalah trik yang luar biasa agar para peternak mendapatkan hasil yang lumayan besar walaupun persaingan didalam dunia bisnis semakin merambah. Lalu bagaimana Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar . Berikut trik yang harus anda pelajari


Cara Beternak Jangkrik


·         Persiapan Kandang


Untuk persiapan kandang dari beternak jangkrik peternak harus menyediakan tempat yang baik dan sejuk jangan terlalu panas. Dan buat kandang senyaman mungkin agar jangkrik yang dibudidayakan tidak mengalami stress, sediakan 2 kandang untuk jangkrik. kandang pertama untuk proses jangkrik melakukan perkawinan, dan kandang kedua untuk proses pembudidayaan jangkrik. Kandang budidaya jangkrik dibuat kotak bisa dengan ukuran 2 x 2 m, agar jangkrik bisa bergerak bebas dan bisa di isi lebih dari 100 ekor jangkrik.

Usahakan kandang jangkrik untuk budidaya terbuat dari triplek yang licin dan jaring kawat agar udara bisa keluar masuk dengan mudah, dengan lubang jaring yang sangat kecil jangan terlalu besar, atap kandang tutup dengan rapat dan buatlah pintu pada atap kandang jangkrik agar proses saat pemberian pakan, proses pemanenan atau mengambil jangrik jadi lebih mudah.

Alas atau Landasan kandang jangkrik bisa menggunakan pasir atau tanah, buat landasan kandang yang tebal agar jangkrik merasa nyaman dan tumbuh dengan baik, usahahan 2-4 cm dan tetap terjaga kekeringannya, tidak boleh lembab ataupun basah agar tidak mendatangkan penyakit pada jangkrik. Setiap 5 bulan sekali gantilah alas pada kandang jangkrik dengan yang baru, supaya jangkrik merasa berada dalam lingkungan yang baik. Kemudian isi kandang jangkrik dengan dedaunan seperti daun pisang yang sudah kering agar jangkrik bisa bermain dan berkembag secara natural.

·         Pembibitan Jangkrik


Cara Beternak Jangkrik
Pembibitan pada jangkrik bisa terbilang mudah, usahakan memilih jangkrik betina yang sehat agar benih yang dihasilkan sempurna, peternak harus bisa membedakan mana jangkrik betina dan mana jangkit pejantan. Jangkrik betina bisa dilihat dari sayap yang sempurna dan ekor jangkrik betina lebih panjang dari pada pejantan. Saat pembibitan usahakan  perbanyak jangkrik betina ketimbang pejantan, dan agar hasil bibit yang dihasilkan banyak sediakan jangkrik sekitar 50-100 ekor jangkrik, semakin banyak jangkrik betina maka semakin banyak juga benih yang akan dihasilkan.

Setelah Jangkrik berhasil dikawinkan, tunggulah sekitar 14 hari masa perkawinan tersebut. Maka setelah kurang lebih 14 hari dari masa kawin itu jangkring akan mengeluarkan telur mereka dan meletakkan nya ke lantai atau alas yang dibuat dari media pasir tadi. Setelah telur berhasil di keluarkan oleh jangkrik betina  pindahkan telur secara perlahan kemedia yang baru untuk di tetaskan. Bisa juga pindahkan jangkriknya saja, tapi mungkin sangat sulit bukan kalau jangkriknya yang dipindahkan, karena kita belum tahu mana jangkrik yang sudah bereproduksi atau belum.

Namun jika anda peternak yang tidak ingin ambil pusing atau ingin langsung instan tidak perlu melakukan proses pembibitan jangkrik belilah bibit jangkrik langsung ke peternak jangkrik yang menjual bibit jangkrik.


·          Pemberian Suhu Pada Telur Jangkrik


Pindahkan telur jangkrik kemedia yang bersih dan hangat. Setelah telur berhasil dipindahkan, kemudian mulailah proses penetasan pada telur jangkrik. Peternak harus memperhatikan suhu yang ada didalam kandang agar proses penetasan telur jangkrik baik dan cepat menetas. Buatlah suhu didalam kandang agar selalu hangat saat proses penetasan. Jika didaerah anda suhunya teralu dingin, buatlah alat penghangat seperti lampu boklam dan masukkan kedalam kandang jangkrik, proses penetasan ini sama dengan cara penetasan pada telur ayam.  Perhatikan terus suhu yang ada didalam kandang agar jangkrik tidak mengalami gagal dalam penetasan.

Lama penetasan telur membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari. Saat proses penetasan ini, peternak harus mempunyai ketelatenan dan selalu memperhatikan perkembangan telur jangkrik agar menetas secara sempurna. Setelah menetas bibit jangkrik bisa kita pindahkan lagi ke media budidaya atau kandang. Setelah semua berjalan lancar kita ketahap yang selanjutnya, Cara beternak jangkrik sangat mudah dan gampang,tidak terlalu rumit.


·         Pemberian Makan


Cara Beternak Jangkrik
Pemberian pakan pada anak jangkrik yang baru berumur 1-14 hari sebaiknya menggunakan pakan ayam atau (Voor) yang dibuat dari sayuran atau kedelai. Kemudian setelah berumur kurang lebih barulah jangkrik diberi makan seperti sayur-sayuran. Pakan jangkrik ini terbilang mudah didapat karena makanan jangkrik adalah makanan yang sering dimakan oleh manusia yaitu sayur-sayuran, sediakan makanan jangkrik seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk sayur bisa menggunakan sawi, bayam, daun pepaya dan masih banyak lagi, kemudian untuk buah-buahannya bisa kita beri pisang, pepaya dan lain sebagainya.

Saat pemberian pakan pada jangkrik usahakan jangan sampai membuat alas kandang jangkrik menjadi lembab harus tetap dalam kondisi kering.Untuk minum jangkrik berikan air mineral pada umumnya yang dimasukkan kedalam wada penampungan air, buat sedemikian rupa agar air minum tidak tumpah kelantai dasar kandang. Karena jika sampai basah akan ada jamur pada kandang yang membuat pertumbuhan jangkrik terhambat.

·         Perawatan Kandang


Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, usahakan perawatan kandang ini selalu bersih dan jangan sampai lembab apalagi sampai terdapat jamur pada kandang. Jika terjadi ada jamur pada kandang segera bersihkan, Pembersihan kandang sebaiknya rutin dilakukan ketika 4 bulan atau 5 bulan sekali

·         Masa Panen


Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar
Masa panen ini ketika jangkrik sudah bisa dikonsumsi, atau biasanya sebesar jari kelingking jangkrik pun sudah bisa dipanen. Harga jangkrik yang semakin mahal ini akan membuat para petani jangkrik sukses besar saat waktu panen. Waktu panen tidak bisa di tentukan jika anda terus membudidayakan jangkrik tidak putus atau berlanjut terus menerus.


Saat proses pembesaran jangkrik sedang berlangsung usahakan anda memulai lagi proses perkawinan jangkrik, agar bibit yang anda hasilkan tidak akan mengalami kehabisan stok jangkrik, Begitulah Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar . Semoga Pembahasan kali ini tentang peluang usaha dengan membudidaya jangkrik bermanfaat bagi anda selaku pembaca dan peternak jangkrik.

Baca Juga peluang Usaha Ternak


Tags : Cara Beternak Jangkrik, Beternak Jangkrik

Thanks for reading Cara Beternak Jangkrik Agar Untung Besar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment