Home » , » Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera

Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera

Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera, -Ulat sutra ini terkenal dengan harga yang fantastis tinggi, dengan di ambil kepompongnya (kokon) yang bisa berguna sebagai kain terbaik dan mahal tentunya. Tidak hanya diproduksi sebagai kain atau benang saja namun Ulat sutra juga diperlukan dalam keperluan medis. Kepompong yang dihasilkan ulat sura bisa juga dibuat menjadi benang bedah dengan kualitas yang sangat bagus, serta bisa dibuat menjadi tekstil yang bermutu baik daripada tekstil yang terbuat dari bahan lain, dan juga bisa kita proses menjadi parasut. Budidaya kali ini akan memberikan sebuah trik yang akan menjadikan anda sebagai pertenak sukses dalam membudidaya ulat sutra.


Dalam pembahsan yang Dewasa ini kami akan mengajarkan tentang suatu hal yaitu tentang cara budidaya yang sangat luar biasa . Bagaimana tidak saya ucap demikian, tidak semua orang dapat melakukan budidaya ulat sutra tersebut, butuh ketelatenan dan ketlitian yang sangat jeli. Peluang usaha akan memberikan anda semua trik yang sangat baik agar anda benar-benar bisa dalam proses menghasilkan benang atau kepompong dalam ulat sutra.

Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera
Dalam proses  mencari bibit sutera ternyata sudah mudah untuk kita dapatkan atau gampang kita cari, karena sekarang sudah ada di toko online yang menjual bibit ulat sutra yang kualitasnya baik, anda  tinggal pesan di toko-toko online yang menjual bibit sutra tersebut. Dapat kita dapatkan bibit ulat sutra dengan kemasan yang higienis dan siap untuk ditetaskan. Telur ulat sutra banyak dihasilkan di Indonesia khususnya dipulau jawa. Dan produk telur sutra dari Indonesia bisa dijamin lebih baik baik dari pada dari luar negri, karena produk telur yang dihasilkan berasal dari dua jenis ulat sutra yang berbeda. satu dari jepang yang menghasilkan kepompong (kokon) atau benang yang sangat baik dan satu dari cina yang mempunyai kekebalan yang sudah diuji dan relative sangat baik. Dari dua jenis ulat tersebut kini di Indonesia bisa menghasilkan bibit ulat sutra yang sangat memumpuni. dari sesi hargapun bibit sutra ini lebih murah sehingga bisa mengirit biaya yang dikeluarkan dari saku anda.

Untuk melakukan pembudidayaan pada ulat sutra sebaiknya anda harus persiapkan dulu peralatan yang akan dibutuhkan. mulai dari penetasan hingga ulat menghasilkan kokon, harus melalui tahap yang bebeda. Memang berbeda dengan budidaya hewan lainnya, budidaya sutra ini harus perlu ketelitian dan perhatian yang khusus agar mutu kokon yang dihaslikan bisa berkualitas. Berikut Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera


Persiapan Penetasan Ulat Sutera


·         Persiapkan Tempat


Persiapan tempat dan peralatan ini adalah persiapan pertama yang harus anda siapkan dalam melakukan penetasan ulat sutra, sediakan alat yang dibutuhkan.  Sediakan ruangan untuk penetasan telur. Dalam persiaapan ruangan anda harus memperhatikan ruangan tetap terjaga perhatikan suhu yang ada didalam ruangan tidak bisa terlalu panas dan tidak bisa juga terlalu lembab. Usahakan ruangan yang anda persiapkan tertup aman dari bahaya hewan yang akan memakan ulat tersebut. Perhatikan siklus udara yang terjadi didalam ruangan, jika ruangan mengalalami suhu tinggi penanggulangan dengan menyiramkan air ataupun diberikan pendinginan ruangan dan begitupun sebaliknya. Usahakan ruangan dibut didalam, jangan diluar ruangan yang terkena sinar matahari langsung ataupun tempat yang bisa tertiup angin kencang, agar ulat dalam posisi nyaman.


·         Siapkan Peralatan


Setelah ruangan berhasil dibuat kemudian persiapkan peralatan yang diperlukan untuk proses penetasaan maupun pemeliharaan. semua peralatan yang dibutuhkan harus benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi. Bersihkan peralatan dengan cara dicuci hingga bersih dan dan setirlkan atau berikan disinfeksi agar ulat tidak mudah terserang penyakit yang menggangu dalam proses pembesaran ulat hingga mengahsilakn kokon yang berkualitas. Peralatan pada pemeliharaan ulat ini menggunakan :

a)      Keranjang untuk wadah daun murbei
b)      Jaring
c)       tampah
d)      Rak yang dibutuhkan dan lain-lain

Tidak hanya peralatan saja yang perlu diseterilkan dalam penetasan ulat sutra namun ruangan yang disediakan juga perlu. Bahan yang dibutuhkan untuk Disinfeksi pada peralatan dan ruangan :


a)      Formalin

Sediakan formalin (2-3%) semprotkan Formalin yang sudah dicampur air mineral pada ruangan yang sudah disediakan dan peralatan dengan perbandingan atau dosis 1liter/m2. Kemudian setelah disemprotkan kedalam ruangan dengan secara merata lalu tutup ruangan rapat-rapat dan biarkan selama satu hari. Usahakan saat penyemprotan tutup hidung anda dengan menggunakan masker penutup agar tidak terhirup oleh anda.

b)      Berikan Neo PPS

Cara disinfeksi selanjutnya adalah dengan menggunakan Neo PPs bisa disebut Fumigasi , Neo PPs yaitu bahan kimia yang berupa tepung.  Bila anda tidak menggunakan Formalin anda masih bisa menggunakan Neo PPS ini, Cara penggunaannya sangat mudah. Bahan peralatan anda yang tidak tahan dengan air seperti kardus, Logam dan jenis lainnya, sebelum disinfeksikan dengan Neo PPs ini ada baiknya di cuci bersih dan dikeringkan terlebih dahulu terkecuali bahan yang menggunakan kardus, kemudian dimasukkan kedalam ruangan yang akan didisinfeksi tersebut. Setelah semua siap baru proses disinfeksi dimulai. 

Panaskan Neo PPS tersebut dengan perantara alas yang terbuat dari kaleng ataupun menggunakan bahas yang tahan panas lainnya, letakkan diatas api, proses nya sama saat kita merebus air.  Usahakan Neo PPS jangan terkena api buat cara agar api tidak menyambar. Untuk ruangan 20 MK (meter kubik) gunakan Neo PPs dengan dosis 120 gram, Biarkan ruangan tertutup dengan asap yang tebal setelah itu tutup ruangan dengan rapat dan biarkan selama 12 jam setelah disinfeksi.

·         Penetasan


Proses penetasan ulat sutra ini cukup sulit karena membutuhkan ketelitian dan ketekunan tidak sembrono agar telur bisa menetas dengan baik. Dibutuhkan ruangan yang khusus dan diperhatikan dengan baik-baik suhu didalam ruangan tersebut. Persyaratan yang harus dilakukan didalam ruangan agar proses penetasan telur berjalan mulus ialah sebagai berikut :
a)      Suhu yang harus diberikan pada ruangan penetasan berkisar 23-26oC (deraja celcius)
b)      Kemudian kelembapan udara 75-90 %
c)       Berikan cukup cahaya sekitar 16-18/ hari, untuk hasil yang maksimal, penerangan diperbanyak saat malam hari.

Setelah dilakukan penerangan dengan suhu yang baik maka butuh waktu sekitar 9-12 hari waktu penetasan.  Telur yang tadinya putih  akan berubah warna menjadi gelap, perlahan-lahan hingga akan menetas dan keluar ulat-ilat kecil, yang mungkin sangat menggelikan tentunya. Jika anda mau bersabar agar telur bisa menetas secara bersamaan, berikan ruangan yang gelap atau sediakan ruang inkubasi yang gelap, proses ini memang berjalan sedikit lama tetapi telur akan menetas secara bersamaan sehingga anda tidak perlu untuk memilih telur yang sudah menetas. Biasanya Telur akan menetas dipagi hari, periksalah segera saat hari penetasan yang sudah ditentukan, jika masih telur yang belum menetas segeralah berikan cahaya agar telur cepat menetas.
Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera


Sangat sulit, butuh ketelian dan ketelatenan yang memang benar-benar serius bukan, karena salah sedikit saja bisa sangat merugikan bagi anda, semoga Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera dapat berguna bagi anda semua. salam sejahtera

Tags : Penetasan Ulat Sutra, Penetasan Ulat Sutra

Thanks for reading Cara Jitu Penetasan Ulat Sutera

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment