Home » » Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair

Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair

Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair, Untuk Cara yang akan kami tunjukkan kepada anda adalah trik budidaya ikan yang sangat prefosional, tanpa harus mengeluarkan modal banyak dari kantong anda, cukup dengan modal sedikit tapi untung banyak. Wahh bagaimana caranya, trik dari Peluang Usaha kali ini akan memberitahu anda cara budidaya yang menguntungkan khusnya budidaya ikan mujair . sebelum kita membahas trik yang akan ami ajarkan ada baiknya kita mengulas sedikit tentang sejarah ikan mujair, biar pembaca tahu gitu. Kenapa ikan ini diberikan nama Mujair.? Seperti nama orang Indonesia ya,? ya memang benar ikan mujair ditemukan oleh orang Indonesia yang bernama Bapak mujair. Ditemukannya Ikan mujair ini saat masih jaman penjajahan dulu pada tahun 1939, tepatnya disungai  serang blitar, Jawa timur. Kita belum lahir ya.


Pertama kenapa kami bilang budidaya ikan mujair tidak mengeluarkan modal banyak dan menghasilkan modal banyak, karena ikan yang satu ini adalah ikan yang sangat cepat berkembang biak. Bila anda membudidayakan ikan ini dengan cara yang prefosional maka ikan yang akan dihasilkan bisa cukup besar, mencapai telapak tangan orang dewasa sekitar 40-50 cm dengan bobot 1-1,2 kg/ekor. Rasa yang dihasilkan sangat lezat bikin orang pengen nambah saat makan, dari rasa tidak kalah enak dengan ikan mas, tidak heran jika menjadi rebutan para konsumen. Banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh kita tentunya.

Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair

Trik yang harus anda pelajari dalam budidaya ikan mujair adalah menggunakan media atau tempat yang terbuat langsung dari tanah. Karena bagaimanapun bentuknya ikan akan lebih baik berada di kolam tanah dari pada dikolam terpal dan sejenisnya, ikan merasa seperti dialamnya dan usahakan berikan ruang bebas. Banyak keunggulan yang terjadi dikolam tanah,cara ini sudah pernah kami bahas di artikel kami yang lain. Bukan kami bilang dikolam terpal tidak baik tapi kolam tanah lebih unggul dari segala aspek, pembudidaya biasanya mengabaikan hal ini. Padahal media inilah yang harus anda perhatikan agar anda menjadi peternak yang sukses. Kemudian bagaimana cara atau Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair , Berikut yang harus dipersiapkan

Persiapan Dan Pembudidayaan Ikan Mujair

·        Persiapan Kolam


Persiapan kolam dalam budidaya ikan mujair seperti yang sudah sedikit saya jelaskan diatas, usahakan kolam menggunakan metode tanah, ya bisa juga menggunkan media terpal. Kemudian buat dinding kolam yang rapat agar air tidak keluar atau bocor, cara membuat dinding kolam bisa menggunakan semen atau buat pandasi pada dinding kolam jika kolam menggunakan tanah carilah tanah liat untuk dinding kolam. Bila kolam sudah siap segeralah isi penuh dengan air diamkan selama seminggu (7 hari ),agar kolam ditumbuhi lumut guna memepercepat pertumbuhan ikan. Gunakan air yang bersih dan tidak terkontamisai dengan limbah apapun, jika anda berada dipedesaan tentunya sangat gampang untuk mencari air bersih.

·         Pengairan


Setelah Proses persiapan kolam selesai tahap selanjutnya Pengairan, pengairan ini sangat penting agar proses pernafasan pada ikan mujair berjalan dengan baik dan ikan tidak mengalami mabok, dengan pergantian yang dari air baru tersebut ikan selalu dalam keadaan sehat. karena ikan mujair ini adalah jenis ikan yang dapat berkembang baik diair yang bersih berbeda dengan ikan lele yang bisa berkembang baik dikolam yang tidak pernah diganti. Buat kolam semaksimal mungkin untuk bisa mengatur keluar masuknya air agar pergantian air lancar.

·         Lakukan Pengapuran Dan Pemupukan


Agar kolam yang digunakan semakin bagus dalam budidaya ikan mujair, sebaiknya dilakukan pengapuran, dengan cara isi Penuh kolam ikan dengan air sekitar 3-7 hari kemudian kuras kolam lalu keringkan selama satu minggu, lakukan itu jika anda menggunakan kolam yang baru dibuat.  Setelah dikeringkan kemudian tebar secara keliling dan mereta kearea kolam dengan kapur yang sudah dipersiapkan, dosis yang digunakan 100-250 gram/m .

Jika anda mempunyai uang lebih anda bisa melakukan pemupukan agar lebih mantab lagi dalam budidaya ikan mujair ini, dalam proses pemupukan ini dapat sekali membantu anda dalam pertumbuhan ikan, karena dengan proses pemupukan dapat mengakibatkan atau merangsang pertumbuhan plangton dan jenis pakan alami lainnya yang berada didalam kolam, sehingga ikan bisa mendapatkan pakan tambahan yaitu pakan alami yang berasal dari kolam tersebut.

·         Pemilihan Bibit


Setelah semua selesai saatnya anda memasukkan bibit ikan mujair kedalam kolam. walaupun ikan mujar terkena dengan tahan penyakitnya tapi tetap harus melakukan pemilihan bibit, dengan maksud untuk mempermudah pembudidaya dalam proses pembesaran ikan. Caranya pilihlah bibit ikan mujair yang berukuran 2-3 jari tangan orang dewasa, ikan harus dalam kondisi sehat tidak ada cacat fisik dan lain-lain. itulah salah satu cara budidaya ikan mujair.

·         Pemberian Pakan


Kemudian pemberian pakan pada ikan mujair, memang benar ikan mujair bisa tumbuh walaupn didalam kolam tidak kita berikan makan, tetapi proses pertumbuhannya akan memamakan waktu yang sangat lama. Dengan cara  pemberian pakan yang terarut pertumbuhan ikan akan berjalan baik dan cepat sekali tumbuh besar dan berkembang biak, Kenapa saya menganjurkan anda menggunakan kolam tanah. Selain ikan mendapatkan pakan alami dari tanah adalah karena tujun utama biar ikan bisa berkembang biak, karena ikan mujair membuat lubang didasar kolam saat akan bertelur, perkembangan ikan mujair ini sangat cepat. Selain bisa menghasilkan ikan yang besar-besar, andapun akan mendapatkan bibit ikan mujair tersebut, dua kali keuntungan sekaligus tentunya dalam budidaya ikan mujair.

Pemberian pakan pada ikan mujair sebaiknya menggunakan makanan ikan yang berupa tepung ikan ataupun tepung kopra. Ataupun jika anda bingung untuk mecari pakan ikan, bisa juga menggunakan pellet, yang dengan mudah bisa anda dapatkan ditoko pakan . Pemberian pellet pada ikan juga sangat bagus untuk pertumbuhan ikan, berikan pakan ikan saat pagi dan sore hari. lakukan setiap hari hingga ikan sudah memenuhi setandar untuk dijual dan laku keras dipasran.

·         Masa Panen


Masa panen ikan adalah massa yang sangat ditunggu semua pembudidaya ikan tentunya. Masa panen ikan mujair membutuhkan waktu yang tidak lama, tergantung permintaaan konsumen. Seperti yang kami bilang tadi, membudidayakan ikan mujair dapat mengahasilkan keuntungan 2 kali yaitu bibit dan ikan mujair siap konsumsi. Dan pemanenan ikan mujair ini bisa meliputi dua cara yaitu :


Ikan Mujair

1.       memanen ikan sebagian

Jika ingin melakukan panen sebagian anda tiddak perlu repot untuk melakukan pengeringan kolam, cukup buang setengah debit air didalam kolam. Biasanya pemanenan ikan sebagian ini Hanya mengambil bibit ikan yang berukuran 2-3 jari saja. Lakukan pemanenan ini mengguanakan media jaring ataupun waring yang sudah diberikan pakan pellet ikan kemudian masukkan kedalam kolam hingga ikan berkumpul dan memakan pakan lalu kemudia jaring diangkat. Pilih ikan yang menurut konsumen baik untuk dibudidayakan, sisahnya kembalikan lagi ke dalam kolam.

2.       Panen Total

Panen total pada ikan mujair membutuhkan waktu 4-6 bulan, umumnya ikan sudah memiliki berat 40-60 gram/ekor. proses pemanenan ikan secara total ini hanya membutuhkan waktu satu jam untuk membuat air yang berada didalam kolam kering. pilih ikan yang sudah besar dan layak konsumsi lalu pisahkan ikan yang kecil-kecil atau bibit untuk kembali kita budidayakan.

Saat air sudah habis kembali tutup pintu keluarnya air agar ikan tidak keluar, kemudian mulailah proses pemanenan ikan mujair. Biasanya menggunakan jaringn yang dibentang kanan kiri, pemanenan harus cepat agar ikan tidak stress dan mabok, Karena akan mengakibatkan bibit ikan mati dalam pembudidayaan selanjutnya.

Begitulah cara yang benar dalam pembudidayaan ikan agar anda menjadi pengusaha ikan yang sukses. demikian Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair yang peluang usaha bisa berikan, Baca Juga Artikel kami tentang Cara Budidaya Ikan Lele . Semoga sangat bermanfaat.

Tags : Budidaya Ikan Mujair, Trik Budidaya Ikan Mujair

Thanks for reading Trik Sukses Budidaya Ikan Mujair

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment