Home » » Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan ,-Dalam metode pembudidayaan yang canggih serta dengan dibutuhkannya trik yang benar-benar membuat anda menjadi peternak ikan yang sukses adalah dengan metode yang belum pernah dilakukan oleh pembudidaya lainnya. Menggunakan cara yang berbeda adalah trik yang harus anda pelajari dan anda kuasai agar anda menjadi pengusaha ikan gurame yang sangat sukses. Seperti yang kita telah pelajari dengan cara-cara membudidaya ikan lain sebelumnya yang mengandung unsur yang biasa kita lakukan dan terasa biasa-biasa saja. 


Sebelumnya kami telah membahas tentang cara budidaya ikan lele dan Kali ini anda sangat beruntung karena peluang usaha akan mengupas tuntas bagaimana cara yang sangat jitu tentang budidaya ikan gurame dan menjadikan anda pengusaha ikan yang semakin maju kedepan. Kebutuhan yang Meningkat menjadi salah satu factor utama para petani ikan mendapatkan untung besar. Apalagi bila anda benar-benar ingin menekuninya dengan serius.
Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan

Hasil yang akan didapat dalam budidaya ikan gurame jelas tidak sedikit, karena mungkin anda sudah pernah membeli ikan gurame yang harganya fantastis bukan. Dengan mengeluarkan modal yang standar seperti budidaya ikan lainnya namun penghasilan bisa berlipat-lipat. Tidak usah bingung mau menjual kemana karena untuk sekarang harga ikan gurame sedang meroket dan masyarakat selalu mencari ikan gurame tersebut. Dengan rasa yang begitun lezat dan gurih dilidah ini membuat konsumen semakin bertambah dan bertambah. Dengan adanya konsumen yang semakin bertambah peluang untuk mendapatkan penghasilan yang didapatkan dari cara budidaya ikan gurame semakin besar.

Peyediaan lahan yang diperlukan gurame sama seperti pembudidayaan ikan pada umumnya. Tidak perlu tempat yang susah didapat, karena gurame sangat mudah di budidaya. Sediakan tempat yang sekiranya bisa membuat gurame ini nyaman dalam proses pertumbuhannya. sediakan perairan yang baik dan harus memperhatikan cara agar ikan yang dihasilkan sangat memuaskan. Pembuatan kolam terserah anda, semakin besar kolam tersebut maka semakin besar juga kemungkinan merup untung yang lebih besar. tetapi saya anjurkan jika anda memiliki modal yang lebih sebaiknya buatlah kolam yang lumayan luas dan besar agar anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut trik atau Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan

Cara Budidaya IkanGurame

·         Sediakan Media (Kolam)


Pada umumnya budidaya hewan air membutuhkan tempat atau air tentunya, cara pertama buat media atau kolam untuk ikan yang besar dengan ukuran 8 X 10 m. Usahakan buat kolam menggunakan tanah, tetapi jika tidak mempunyai lahan yang cukup dan ingin membudidayakan disamping rumah bisa juga menggunakan kolam terpal. Keunggulan dari media tanah dalam budidaya ikan gurame adalah gurame bisa mendapatkan banyak tambahan vitamin dan asupan gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan gurame. Buat kolam yang dalam antara 1-2 meter dan agar gurame dapat bergerak bebas, ini adalah trik utama yang harus anda pelajari.

Jika anda menggunakan kolam terpal anda harus berhati-hati, karena terpal biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menghambat perkembangan gurame, seterilkan terlebih dahulu dengan cara pengapuran atau lain sebagainya hingga bahan kimia yang terkandung dalam tersebut benar-benar hilang aman dan bersih.

·         Berikan Pengairan


Pengairan pada kolam sangatlah penting, untuk meningkatkan produktifitas ikan, perkembangan ikan serta kelangsungan hidup pelangkton ataupun hewan-hewan kecil yang dapat dimakan oleh gurame sebagai pakan alami. Usahakan pengairan dapat dilakukan secara teratur, agar oksigen yang terdapat didalam air tersebut selalu dalam kondisi bagus. Kadar air yang terkandung dalam kolam perlu diperhatikan agar saat budidaya ikan gurame, ikan tidak mengalami stress dan terbebas dari segala macam jenis penyakit.

Pengairan air pada media kolam tanah sebaiknya dilakukan selama 7 hari sekali, agar ikan dapat terus mendapatkan oksigen yang baik. Sama seperti manusia jika hidup dengan udara yang tidak berganti rasanya tidak nyaman dan menimbulkan banyak penyakit dan virus, begitu juga dengan budidaya ikan gurame tersebut. agar kelangsungan hidupnya terjaga dan selalu sehat lakukan pengairan secara rutin guna pertumbuhan ikan grame berjalan dengan baik. Berikan air pada kolam hingga mencapai ketinggian 50-70 cm.

                                                                                                                                     

·         Pemilihan Bibit


Bibit yang harus dipilih dalam budidaya ikan gurame harus bibit yang benar-benar bagus baik dan sempurna. Pilihlah bibit gurame yang segar dengan cara melihat pergerakan ikan di dalam air, serta melihat keadaan fisik gurame terkena luka atau tidak. Karena jika ada luka fisik pada bibit gurame, kelangsungan hidup gurame tidak akan berjalan dengan baik bahkan bisa menimbulkan ikan gurame mati, dan pilihlah bibit yang tidak terserang penyakit. Pemilihan bibit ini sangat penting guna untuk kelangsungan hidup gurame dan pertumbuhan yang baik pada ikan gurame.

               

·         Penebaran Benih


Setelah proses perawatan kolam dan pemilihan bibit serta perairan yang baik sudah di lakukan  dan siap saatnya ketahap selanjutanya yaitu penebaran bibit atau benih gurame. Dalam budidaya ikan gurame Penebaran di lakukan dengan cara memasukkan bibit gurame yang masih berada didalam plastic,sebelum dilepas  biarkan sejenak ikan gurame berada didalam plastic guna untuk mengukur suhu yang ada didalam kolam tersebut. Saat di dalam plastic sudah mulai mengembun tandanya suhu air didalam kolam sudah sama dengan suhu air yang ada didalam plastic. Bila sudah sama maka benih siap dilepaskan ke kolam . proses pelepasan usakan perlahan-lahan hingga benih benar-benar keluar dari pastik dengan aman.

·         Pemberian Pakan


Untuk budidaya ikan gurame Pemberian pakan harus di perhatikan dengan benar, memang benar ikan gurame ini pemakan tumbuhan tetapi anda harus tahu bahwa bibit atau benih gurame ini merupakan carnivora dan bisa memakan sejenisnya. Sebaiknya saat masih dalam benih petani harus teliti dan menyediakan pakan yang cocok untuk gurame, biasanya pakan untuk bibit gurame ini bisa menggunakan cacing sutra.  Hingga ikan gurame benar benar dewasa dan secara otomatis sifat herbivora gurama akan tumbuh dengan sendirinya.

Kemudian untuk pakan guram dewasa petani bisa memberikan pakan sebagai berikut

1.       Berikan Pellet

Pemberian ikan pada pellet sangat penting dan bisa dibilang pakan utama gurame, kandungan protein yang bisa digunakan  antar 30 – 40% . berikan pellet pada gurame setiap pagi dan sore hari.

2.       Berikan Dedauan

Kemudian di berikan makanan tambahan seperti dedauan ataupun sayuran , Dedauan ini sangat membantu dan sangat bermanfaat agar kesehatan ikan gurame tetap terjaga. contoh dedauan ataupun sayuran pada pakan gurame, kita bisa memberikan daun papaya, kangkung, daun singkong dan lain-lain. yang banyak mengandung karbohidrat yang sangat baik untuk pertumbuhan gurame.

3.       Dedek Ataupun Ampas Tahu

cara aleternatif lain untuk pemberian pakan dalam budidaya ikan gurame adalah dengan memberikan gurame dengan dedek ataupun ampas tahu, jika keuangan anda sedang mengalami kesulitan anda bisa menggunakan dedek ataupun ampas tahu sebagai pengganti pakan pellet. Namun harus anda berikan juga sayur atau deduan agar kebutuhan gurame selalu tercukupi.

Berilah pakan pada gurame secara teratur agar budidaya ikan gurame mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan dan berkualitas tinggi.

·         Masa Panen



Masa panen ikan membutuhkan waktu antara 6-7 bulan. dan sudah mendekati atau berat ikan gurame sudah mencapai 1 kg . trik jika anda ingin sukses saat budidaya gurame adalah usahakan saat menebar benih atau bibit gurame mecapai 1000-1500 ekor. Sehingga anda mendapatkan untung yang lumayan besar. Harga pasaran gurame pada umumnya mencapai 30-35 ribu/kg . Harga yang sangat fantastis untuk jenis gurame tersebut.
Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan


Cara yang baik untuk banyak menghasilkan keuntungan adalah dengan cara menebar bening yang semakin banyak dan penguasaan kolam ikan yang  bagus, mungkin hanya itu Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan Yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment