Home » » Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit

Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit

Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit, Selain mendapat untung yang besar, menanam cabe rawit merupakan suatu hal yang sangat sederhana, mengingat cara menanam cabe rawit yang sangat mudah serta tahan dari berbagai jenis penyakit. Keunggulan yang mendasar membuat semua petani membudidayakan cabe tersebut. Setiap petani di desa kami, entah yang berprofesi sebagai petani kopi selalu membudididayakan cabe sebagai tanaman sampingan yang menguntungkan.

Tanaman cabe rawit tidak seperti tanaman petani lain, dalam artian tanaman rawit tidak mengenal musiman, kapan saja waktu tanam dan panen cabe bisa dilakukan. Perlu anda ketahui harga cabe ini bisa meroket hingga 100 rb/kg, dan bisa juga anjlok hingga 40 rb/kg. Walaupun harga cabe sedang anjlok masih banyak para petani yang untung besar, jadi bisa anda bayangkan jika harga cabai bisa melambung tinggi hingga 100 rb/kg, berapa keuntungan yang didapat para petani cabe tersebut.  Dengan modal yang sangat kecil tetapi menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.
Menanam Cabe Rawit


Cabe termasuk dalam golongan tanaman yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk memasak, membuat sambal dan lain sebagiannya. rawit jenis cabe yang sangat kecil tetapi memiliki rasa yang sangat pedas di banding cabe merah atau cabe panjang dan cabe lain pada umumnya. Dengan bentuknya yang kecil serta memiliki rasa yang sangat pedas membuat cabai rawit ini menjadi pilihan utama bagi ibu-ibu rumah tangga dalam urusan memasak untuk menghasilkan rasa yang pedas. Kemudian  bagaimana Cara menanam cabe rawit.? Berikut kami jelaskan..

Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit

Menyiapkan  Lahan


Siapkan lahan tanam cabai rawit anda, kemudian cangkul hingga lahan menjadi gambur dan mengandung unsure PH Serta memiliki kesuburan tanah yang baik. Kedalam tanah setelah di cangkul sekitar 25-35 cm hingga tanah benar-benar gambur. Kemudian diamkan selama 1-2 minggu. Jika anda petani kopi dan ingin menanam cabe rawit secara sampingan anda bisa menyiapkan lahan disamping tanaman kopi anda.

Setelah itu buatlah bedengan dengan ketinggian mencapai 20-30 cm, kemudian lebar bedengan antara 50-100 cm, dan membuat jarak atau parit sekitar 30-40 cm/bedengan. Kemudian buat lubang tanam pada bedengan dengan kedalaman 30-45 cm serta jarak tanam berkisar 40-50 cm. jangan lupa saat membuat bedengan diberi pupuk, dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 4-5 ton/ha.

                                                

Pemilihan Bibit Cabe Rawit

Sebelum melakukan persemaian pada cabai rawit ada baiknya anda memilih bibit yang benar-benar unggul dan berkualitas. Pilih bibit yang tidak mempunyai cacat fisik guna menghindari tanaman cabai tumbuh kerdil. Ada baiknya anda menggunakan bibit cabe dari hasil tanaman anda sendiri yang sudah terjamin kualitasnya, caranya dengan memilih cabe yang sudah tua dan sehat, kemudian jemur hingga 7 hari dibawah sinar matahari langsung sampai cabe benar-benar kering. Dan kemudian pisahkan kulit cabe dan biji cabe secara perlahan.

Persemaian

Sebelum melakukan proses penyemaian, buatlah media semai terlebih dahulu dengan membuat bedengan disekitar lahan tanam. Dengan lebar bedengan 1-1,5 m serta panjang bedengan mencapai 3-5 m dan tinggi bedengan mencapai 15-20 cm atau anda bisa membuat bedengan dengan sesuai kebutuhan anda.
Setelah media semai siap tebar bibit rawit tersebut diatas media semai dengan merata, kemudian tutup dengan menggunakan daun pisang, siram saat pagi dan sore hari. Setelah itu biarkan hingga bibit cabai mulai berkecambah, saat mulai berkecambah buka penutup daun pisang. Setelah itu siram kembali saat pagi dan sore hari hingga bibit berusia 30 hari atau memiliki 4 helai daun agar bisa anda pindah ke media tanam.

Penanaman Cabe Rawit

Proses selanjutnya adalah penanaman, setelah bibit cabe memiliki 4 helai daun atau berumur 30 hari anda bisa langsung memindahkan bibit tersebut kedalam lubang bedengan yang sudah disiapkan tadi. Masuk kan bibit cabe secara perlahan kemudian tutup lubang hingga rapat kemudian setiap lubang anda beri pupuk kadang atau pupuk urea, setelah itu siram dengan menggunakan air secukupnya. Penanaman sebaiknya dilakukan saat sore hari agar bibit yang baru dipindahkan tidak layu karena terkena terik sinar matahari.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman meliputi beberapa cara yaitu

1.       Penyiraman

Lakukan penyiraman pada tanaman cabai sebanyak 2 kali dalam sehari, saat pagi dan sore hari, namun saat turun hujan anda tidak perlu menyiram tanaman cabe anda.

2.       Penyiangan

Kemudian perawatan tanam selanjutnya adalah penyiangan, lakukan penyiangan disaat cabe berusia 7 hari setelah tanam, dengan cara mencabut rumput yang tumbuh disekitar tanaman cabe rawit.

3.       Pemupukan

Berikan pupuk pada tanaman cabe anda setelah cabe anda berumur 30 hari setelah tanam. Pemberian pupuk dengan menggunakan pupuk urea dengan dosis 200 kg/ha, pupuk TSP dengan dosis 200 kg/ha dan pupuk KCI dengan dosis 150 kg/ha.

4.       Hama Dan Penyakit

Walaupun tanaman cabe ini kebal terhadap penyakit tidak menutup kemungkinan untuk tanaman cabe ini terserang penyakit. Apabila tanaman anda terkena penyakit segera tanggulangi dengan penyemprotan menggunakan pestisida. Atau jika sudah terlalu parah anda bisa mencabut tanaman cabe rawit kemudian membakarnya.

Proses Panen

Pemanen pada cabe rawit ini bertahap, dan bisa anda panen ketika cabe rawit berumur 3 bulan. Cabe rawit bisa dipanen saat masih hijau ataupun sudah masak dan berwarna merah. Jika sudah mulai masa panen anda bisa memanen cabe 4-5 hari sekali. Berbeda dengan cabai merah, umur cabe bisa mencapai 1-2 tahun sehingga memiliki produksi cabe yang benar-benar tinggi dibanding cabe-cabe jenis lain.


Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit memang suatu usaha yang sangat menjanjikan bagi para petani, bagaimana tidak.? hanya membutuhkan modal sedikit tetapi keuntungan yang  bisa anda raih berlipat ganda. Dan jika anda ingin memiliki trik mengenai cara menanam cabai merah, anda bisa membaca artikel kami tentang Trik Mudah Budidaya Cabai Merah. Demikian artikel ini kami buat semoga bisa bermanfaat bagi anda selaku peluang usaha maupun pembaca  ^_^

Thanks for reading Keuntungan Besar Dari Menanam Cabe Rawit

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments: