Home » » Trik Mudah Budidaya Cabai Merah

Trik Mudah Budidaya Cabai Merah

Trik Mudah Budidaya Cabai Merah, Teknik menanam cabai merupakan suatu hal yang sangat mudah dan bisa dikatakan hal yang sepele. kenapa saya katakan demikian, karena cara bertanam cabai tidak memerlukan teknik khusus seperti budidaya lainnya. Bagi pemula yang ingin berocok tanam ada baiknya cara yang pertama anda gunakan adalah dengan cara menanam cabe, karena proses pudidaya itu dimulai dengan cara yang termudah dulu. Karena tanaman cabe ini termasuk tanaman yang mudah sekali tumbuh walaupun keadaan tanah tidak stabil dan tidak memiliki kadar Ph yang standar.


Harga pasaran cabai di pasar-pasar tradisional mengalami pasang surut harga. oleh seba itu anda juga perlu mengetahui saat dimana harga cabai mulai melambung tinggi dan saat harga cabai anjlok atau mengalami penurunan agar anda tidak mendapatkan hasil yang mengecewakan saat menanam cabai. Keberadaan cabai yang selalu menjadi kebutuhan utama masyrakat dalam memasak membuat anda para pebisnis muda mendapatkan peluang besar dalam memulai bisnis yang akan anda jalani tersebut.

Budidaya Cabai Merah

Walaupun terbilang mudah seperti yang saya bilang tadi, namun untuk menanam cabai agar mendadapatkan cabai yang berkualitas anda perlu memperhatikan cuaca serta suhu dan kadar yang terkandung didalam tanah serta memperhatikan kegamburan atau kesuburan tanah. Untuk mendapatkan hasil cabai yang baik Kadar PH yang terkandung didalam tanah berkisar di angka antara 6,5 - 7. Oke , tidak perlu panjang lebar saya menjelaskan mengenai tanaman cabai tersebut, langsung saja kita ulas tentang Trik MudahBudidaya Cabai Merah , berikut penjelasannya.



Cara Budidaya Cabai Merah

Persiapan Lahan

Proses pertama adalah dengan menyiapkan lahan, seperti yang sudah saya jelaskan sedikit diatas. walaupun tanaman cabai mudah tumbuh ditempat yang keadaan tanahnya tidak setabil namun ada baik nya anda mementukan lokasi penanam cabai yang memiliki kadar PH yang baik serta lahan tanah yang gambur. Tanaman cabai memang bisa ditanaman disamping rumah, namun untuk mendapatkan hasil cabai dalam sekala besar anda harus mencari tempat atau lahan tanam cabai yang lebih besar.

Pengolahan Lahan

Setelah menentukan lahan yang akan ditanam barulah anda melakukan proses selanjutnya dalam budidaya cabai merah yaitu proses pengolahan lahan. Proses pengolahan lahan ini bertujuan agar tanaman cabai menghasilkan cabai yang benar-benar baik dan berkualitas.  Sama seperti Budidaya tanaman lainnya, untuk melakukan pengolahan lahan yang baik anda harus mencangkul atau membajak lahan hingga tanah mempunyai kegamburan sedalam 30- 40 cm.

Setelah lahan gambur, buatlah bedengan dengan ketinggian berkisar antara 30 – 40 cm, serta lebar bedengan mencapai 90 – 100 cm. dan buatlah parit atau jarak perbedengan antara 35 – 40 cm. Kemudian Berilah pupuk kandang atau pupuk kompos pada lahan bedengan tersebut sebanyak 4 – 5 ton/ha. Guna menjaga keseimbangan kadar PH yang terkandung serta kesuburan tanah.

Proses Pemilihan Bibit Dan Penyemaian

Proses selanjutnya dari budidaya cabai merah adalah pemilihan bibit dan penanaman. Dalam Proses ini harus meliputi beberapa tahap Guna menjadikan tanaman cabai anda benar-benar bagus, yaitu :

·         Pemeilihan Bibit

Untuk hasil yang maksimal anda harus memiih bibit yang unggul dalam artian bibit yang benar-benar berkualitas dan tidak memiliki cacat yang terdapat dibiji cabai tersebut. Atau bisa juga menggunakan bibit cabai dari hasil panen anda sendiri yang sudah benar-benar terjamin kualitasnya dan tentunya sudah anda lakukan penyeleksian terhadap bibit cabai tersebut.

·         Penyemaian

Walaupun sebenarnya bibit cabai merah bisa tumbuh tanpa melalui penyemaian, ada baiknya anda melakukan penyemaian terlebih dahulu sebelum cabai ditanam dilahan yang lebih besar. Buatlah media semai menggunakan polybag atau daun pisang yang dibuat bulatan kecil. Setelah itu polybag atau daun pisang yang sudah dibentuk bulatan kecil anda isi dengan media tanah yang sudah dicampur pupuk kompos atau kandang. Untuk perbandingan yang akurat biasanya menggunakan perbandingan 2 liter tanah dan 1 liter pupuk kandang.

Dalam satu wadah media semai di isi dengan 1 biji bibit cabai, setelah semua sudah terisi tutup media semai menggunakan daun pisang. Siram dengan menggunakan air saat pagi dan sore hari. setelah bibit berumur 7 hari buka penutup media semai. Kemudian lakukan pemindahan kelahan yang penanaman ketika cabai sudah memiliki 4-5 helai daun.

Penanaman

Setelah bibit cabai merah sudah mempunyai 4 helai daun, pindahkan bibit kelahan tanam.  Lepas wadah media penyemaian bibit kemudian masukan bibit kedalam lubang yang sudah disediakan didalam bedengan. lakukan secara hati-hati. Usahakan penanaman dilakukan saat pagi dan sore hari, guna menghindari terik matahari langsung  agar tanaman cabai merah tidak layu atau mati. setelah ditanam siram dengan menggunakan air secukupnya.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman saat budidaya cabai merah dengan melakukan penyulaman saat umur cabai merah 14 hari setelah tanam. lakukan penyulaman dengan membersihan rumput yang tumbuh disekitar tanaman cabai. Lakukan Penyiraman pada cabai secara rutin, sekiranya lahan sudah agak kering segera diberi air karena cabai termasuk tumbuhan yang sangat membutuhkan air. Berikan pupuk pada cabai setiap 7 hari sekali, usahan menggunakan pupuk organic cair (POC). Lakukan penggenangan lahan dengan air seminggu sekali dengan catatan jika tidak turun hujan.

Proses Panen

Untuk proses budidaya cabai merah yang satu ini sangat mudah dan tidak perlu memiliki teknik untuk memetik cabai. Lakukan pemanenan saat tanaman cabai sudah berumur 60 - 80 hari setelah tanam. Proses pemanenan pada cabai secara berkala, bisa sampai 4 – 5 kali panen. Proses pemanenan cabai merah melalui 2 tahap , Tahap pertama saat cabai merah belum masak dan masih berwarna hijau, tahap kedua saat cabai merah sudah benar-benar masak hingga cabai berwarna merah. Usahakan saat panen dilakukan saat pagi atau sore hari agar cabai tidak layu.


Itulah tadi Trik Mudah Budidaya Cabai Merah yang bisa saya rangkum untuk anda, bila dalam penulisan tersebut ada kata-kata yang salah, harap maklum dan saya mohon maaf ^_^

Thanks for reading Trik Mudah Budidaya Cabai Merah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment