Home » » 10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia, Kucing yang terbilang sangat cantik ini sering kali menjadi salah satu pilihan para pecinta binatang untuk menjadikan hewan manis ini menjadi peliharaan mereka. Selain lucu tentunya akan sangat menggembirakan bila mempunyai hewan peliharaan yang bersih dan terawat. Untuk melakukan perawatan anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena perawatan kucing manis tersebut sangat mudah, hanya membutuhkan ketelatenan dan perhatian lebih.

Selain merawat kucing Persia anda juga peru melakukan kerja sama serta memiliki hubungan yang baik kesesama pemilik kucing agar saat mengalami masalah anda bisa bertanya dan dapat menyelesaikan masalah kucing anda dengan baik. Baik berikut ulasan tata cara perawatan pada kucing Persia yang akan kami berikan kepada anda.

Merawat Kucing Persia10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia


1.       Bersihkan Kandang Dan Bak Pasir


Cara pertama dalam merawat kucing persia adalah memperhatikan kebersihan kandang. Seperti yang kita tahu, kucing Persia adalah kucing yang sangat pemilih, dimana kucing ini tidak menyukai tempat yang kotor dan selalu menyukai tempat yang bersih. Bersihkan Kandang dan bak pasir dimana kucing ini tinggal, lakukan pembersihan menggunakan cairan pembersih seperti bayclin atau K-max.  Untuk bak pasir bersihkan secara rutin karena bak pasir ini adalah tempat dimana kucing membuang kotorannya, jadi bersihkan dengan benar agar kucing merasa nyaman. Usahakan bak terisi penuh dengan pasir.


2.       Periksa Suhu Dan Kelembapan Ruangan


Kemudian dalam merawat kucing persia perhatikan suhu, Periksa suhu dan kelembapan pada ruangan yang di singgahi atau tempati kucing, guna membantu pertumbuhan bulu kucing secara maksimal. Serta Menjaga daya tahan tubuh kucing agar tidak gampang terserang penyakit. Suhu dan kelembapan yang bagus sangat membantu dan menjaga kesehatan kucing. Usahakan suhu didalam ruangan mencapai 20-24 DM (derajat celcius) serta kelembapan mencapai 40%-50%.


3.       Berikan Makanan Kucing Persia Dengan Makan Khusus


Merawat kucing persia dengan memberikan makanan yang baik. Berikan makanan pada kucing dengan pakan yang memang dianjurkan untuk makanan Persia guna kucing anda mendapatkan nutrisi yang baik sehingga membuat perkembangan bulu serta kucing kesayangan anda selalu dalam kondisi baik dan prima. Jangan diberikan makanan sembarang yang bisa mengakibatkan mata kucing anda menjadi tidak sehat.

Kemudian berikan air minum pada kucing anda dengan menggunakan air minum matang guna menjaga kesehatan kucing agar tidak mengalami diare. Serta kebersihan tempat makan maupun minum kucing anda harus selalu dibersihkan setiap hari.


4.       Luangkan Waktu Anda Untuk Mengajaknya Bermain

                                                                                 
Kucing ini jenis kucing yang gampang bosan, karena itu luangkan waktu anda untuk bermain dengan kucing kesayangan anda serta berikan mainan yang disukai kucing agar kucing tidak mengalami kejenuhan serta kebosanan dan selalu tetap aktif. Gunakan waktu luang untuk merawat kucing persia anda.


5.       Bersihkan Mata Kucing Persia


Banyak kucing mengalami gangguan pada mata yang mengualarkan air mata berlebih, biasanya gangguan ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dalam merawat kucing persia. Jika sudah mengeluarkan air mata yang berlebih segera bersihkan kucing kesayangan anda jangan sampai dibiarkan karena akan menimbulkan iritasi mata kucing. Pembersihan mata kucing bias menggunakan tisu yang sesuai dengan kucing anda.

Selain membersihkan mata kucing, anda perlu membersihkan hidung kucing, sebab jika hidung tidak pernah dibersihkan akan mengakibatkan hidung kucing kesayangan anda mengalami gangguan dan menyebabkan kucing tidak bisa bernafas secara normal.


6.       Bersihkan Gigi Kuku Dan Telinga Kucing Persia

                                                        
Kemudian cara merawat kucing persia yang selanjutnya pada kucing kesayangan anda adalah dengan menggosok gigi kucing tersebut agar gigi tidak berubah menjadi kuning. Bila tidak memperhatikan kesehatan gigi, kucing anda akan mengalami masalah gigi yang menyebabkan karang gigi berwarna coklat serta gusi pada kucing anda akan memerah.

Setelah pembersihan gigi anda juga perlu memperhatikan kuku kucing. Perawatan pada kuku kucing biasanya dilakukan 14 hari sekali ketika kuku pada kucing sudah tumbuh panjang dan runcing, segera potong kuku kucing anda sehingga tidak membahayakan kucing anda sendiri.

Lalu bersihkan kotoran yang terdapat ditelinga kucing anda, kebersihan kuping ini perlu agar kucing anda tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Usahakan untuk membersihkan kotoran pada kuping kucing setiap hari.


7.       Memandikan Kucing Persia


Untuk menjadikan kucing kesayangan anda menjadi bersih harum wangi dan bulu yang cantik anda perlu merawat kucing persia dengan cara memandikan kucing anda tersebut. Umumnya kucing Persia dimandikan 7 hari sekali, mandikan dengan memilih shampo yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kucing agar bulu kucing anda menjadi semakin lembut dan cantik. Setelah dimandikan keringkan bulu kucing menggunakan hairdryer atau bisa juga dengan blower.


8.       Bersihkan Dan Sisir Bulu kucing Persia

Kucing ini terkenal dengan memiliki bulu yang panjang dan cantik. Mengingat kucing ini mempunyai kemampuan terbatas sehingga tidak bisa membersihkan bulunya sendiri, Sehingga perlu sekali dalam merawat kucing persia yang harus anda lakukan dengan membersihkan bulu atau menyisir bulu kucing anda. Anda harus selalu membersihkan dan menyisir bulu dengan menggunakan sisir yang terbuat dari logam, usahakan penyisiran dilakukan 2 kali dalam sehari guna menjadikan bulu kucing kesayangan anda menjadi kinclong dan cantik.

Jika bulu mengalami kusut segera konsultasi dengan dokter hewan atau bisa juga dengan para pemelihara kucing Persia yang sudah prefesional. Kusut pada bulu kucing dapat menyebabkan sakit pada kucing karena tertarik dan lebih berbahaya lagi karena bisa menyebabkan luka.


9.       Berikan Tempat Tidur Yang Nyaman

                                               
Selain memiliki bulu yang cantik kucing Persia juga termasuk jenis kucing yang sangat manja dan perlu perlakukan yang sangat baik sehingga kucing dapat merasa nyaman. Kebiasaan yang sangat menonjol dari kucing adalah sering bermalas-malasan dan sebagian besar waktunya digunakan hanya untuk tidur. Oleh karena itu ada baiknya untuk memberikan tempat tidur yang nyaman pada kucing anda dengan memberikannya bantal dan karpet yang membuat kucing anda tidur dengan nyaman.


10.   Berikan Ruangan Kosong Agar Kucing Dapat Berjemur

                                                                 
Bila memang dibutuhkan anda bisa memberikan tempat atau ruangan kosong pada kucing anda agar kucing dapat berjemur. Dengan berjemur akan sangat membantu untuk kesehatan kucing milik anda.



Demikian ulasan 10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia semoga bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan mengenai cara perawatan kucing kesayangan anda.

Thanks for reading 10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment