Home » » 9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah

9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah

9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah, Kucing yang terbilang sangat lucu dan sangat menarik dengan bentuk bulu yang sangat bagus ini membuat kucing anggora menjadi salah satu teman manusia, dan menjadi hewan peliharaan yang ramai dibicarakan.  Cara perawatan yang baik merupakan suatu kewajiban yang harus anda lakukan agar kucing anggora yang anda miliki dapat menjadi lebih bagus serta tetap dalam keadaan sehat.

Kucing anggora adalah jenis kucing yang sangat menarik karena mempunyai kecerdasan diatas rata-rata jenis kucing lainnya dan mudah sekali berinteraksi dengan manusia apalagi pemiliknya. Tidak hanya itu, selain kecerdasan yang dimiliki oleh kucing ini, ternyata kucing jenis ini senang sekali untuk dimandikan.  Sangat cocok dan sangat elegan bukan untuk memelihara kucing ini.


Merawat Kucing Anggora Dengan MudahSama seperti kucing Persia kucing anggora ini memiliki bulu yang halus yang tebal serta cantik dan memiliki mata yang sangat unik, dengan bola mata yang berwarna biru serta memiliki dua warna yang berbeda disetiap bola matanya, satu berwarna biru dan satunya lagi berwarna kuning. Dengan kepribadian kucing yang unik dan menggemaskan maka sudah sepatutnya anda harus memiliki hewan peliharaan kucing tersebut. Lantas bagaimana cara memelihara dan merawat kucing anggora berikut tips yang akan kami berikan.

9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah

1.       Memberikan Makanan Dan Minuman Yang Baik Pada Kucing

Cara pertama kali untuk merawat kucing anggora adalah dengan memberikan makanan yang baik.  Jangan memberikan makanan yang sembarangan karena bisa menyebabkan kucing anda memiliki bulu yang sangat jelek serta dapat menyebabkan mata kucing anda mengalami iritasi yang menyebabkan mata kucing anggora anda sakit.

Seleksi makanan untuk kucing kesayangan anda, anda bisa memilih produk makanan yang cocok dan baik untuk kucing anda. Usahakan jangan berikan makanan kucing dalam produksi kaleng (makanan basah) karena ini adalah salah satu penyebab kucing anda mempunyai bulu yang jelek serta membuat kondisi kucing anda tidak begitu agresif.

Kemudian untuk minum yang diberikan pada kucing sebaiknya anda memberinya air mineral atau bisa juga menggunakan air yang sudah direbus masak. Berikan juga susu pada kucing milik anda, dengan menggunakan susu khusus kucing seperti royal canin.  Dengan catatan jangan terlalu sering karena bisa membuat kucing anda mencret, anda bisa memberikan susu setiap seminggu sekali.


2.       Bersihkan Telinga Kucing Anggora

Kemudian cara merawat kucing anggora selanjutnya dengan membersihkan telinga kucing kesayangan anda. Agar terhindar dari infeksi serta bakteri yang terdapat didalam kuping kucing, anda harus rajin memeriksa kuping kucing anda serta membersihkan kuping kucing anda hingga bersih. Pembersihan nya bisa menggunakan tisu basah yang sudah direndam di air hangat atau bisa juga menggunakan kain basah. Namun apabila anda tidak tahu  cara bagaimana membersihkan kuping kesayangan anda tersebut anda bisa langsung konsultasi ke dokter hewan terdekat.


3.       Merawat Gigi Kucing Anggora

Tidak hanya manusia, gigi pada kucing anggora juga harus diperhatikan dan dirawat. Periksa dan bersihkan gigi kucing  anda secara berkala agar tidak terjadi infeksi pada gigi kucing anda, dan gigi kucing anda tidak mengalami kerang gigi yang berwarna coklat, sehingga dapat menyebabkan gusi pada kucing anda menjadi merah dan membengkak. dalam merwat kucing anggora memang dibutuhkan ketelatenan apa lagi mengenai gigi kucing tersebut.


4.       Membersihkan Kandang Kucing Anggora

Cara merawat kucing anggora lain nya dengan membersihkan tempat dimana kucing tinggal atau kandang kucing anda. Pembersihan dilakukan guna menjaga agar kucing anda tetap dalam keadaan sehat dan tidak gampang terserang penyakit maupun virus. Bersihkan kandang seminggu sekali hingga kandang benar-benar bersih. Agar lebih baik lagi pembersihan kandang bisa menggunakan desinfektan.

Setelah kandang dibersihkan kemudian bersihkan tempat untuk pasir dimana kucing membuang kotoran. Pembersihan tempat dan pasir ini bisa anda lakukan setiap hari, karena jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap yang membuat kucing anda merasa tidak nyaman.


5.       Bersihkan Tempat makan Kucing Anggora

dalam merawat kucing anggora Anda harus memperhatikan tempat wadah makan kucing tersebut. Karena kucing ini sangat terkenal kebersihan nya, bisa saja kucing kesayangan anda rewel dan tidak mau makan gara-gara wadah atau tempat makan mereka kotor. Bersihkan setiap hari nampan atau baki yang digunakan untuk tempat makan kucing anda hingga bersih dan tidak meninggalkan kotoran sisa makanan.


6.       Memandikan Kucing Anggora

Kemudian dalam merawat kucing anggora selanjutnya dengan memandikan kucing anda, sudah kami jelaskan diatas tadi bahwa kucing ini adalah kucing yang gemar sekali untuk bermain air atau mandi. Untuk bulu agar tetap terjaga kebersihan nya, mandikan kucing anda seminggu sekali serta berikan shampo yang cocok untuk kucing anda guna membuat kucing anda terasa harum dan lembut.


7.       Bersihkan Bulu Kucing

Agar kucing kesayangan anda terlihat tetap cantik dan memiliki bulu yang indah, anda harus merawat dan membersihkan bulu kucing anda dengan menggunakan sisir logam.  Selain menghasilkan bulu yang indah dan cantik, pembersihan pada bulu kucing ini dapat menghindari gumpalan bulu yang terdapat didalam saluran pencernaan kucing. Gumpalan bulu tersebut diakibatkan karena bulu yang sudah mati tidak segera dibersihkan, kemudian dijilat oleh kucing sehingga berkumpul didalam pencernaan dan menggumpal. Dan jika anda tidak rajin merawat bulu pada kucing, dapat menyebabkan bulu kucing anda akan terlihat sangat jelek dan gimbal.


8.       Berikan Mainan Kucing

Agar kucing kesayangan anda selalu aktif dalam bermain, berikan mainan pada kucing peliharaan anda, upayakan mainan yang diberikan jangan yang terlalu kecil sehingga tidak bisa ditelan oleh kucing kesayangan anda.


9.       Pemberian Vaksin

Jika anda menginginkan kucing anda dalam keadaan sehat dan selalu aktif, anda bisa memberikannya vaksin. Pemberian vaksin pertama pada kucing biasanya saat kucing berusia 2-3 bulan. Berikan vaksin pada kucing peliharaan anda saat dalam kondisi sehat. Pemberian vaksin dapat menjadikan daya tahan tubuh kucing anda menjadi kebal dan tahan terhadap serang virus. Vaksin yang diberikan bisa menggunakan vaksin leukemia, herpes danrabies.



Pemberian pakan serta tempat yang baik akan membuat kucing anggora kesayangan anda selalu dalam keadaan sehat dan selalu aktif, itulah tadi mengenai 9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah, jika anda memiliki jenis kucing Persia , anda juga bisa membaca 10 Cara Mudah Merawat Kucing Persia. Terima kasih ^_^

Thanks for reading 9 Tips Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment