Home » » Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih

Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih

Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih, Secara keseluruhan cara menanam sawi putih agar mendapatkan hasil yang bagus adalah Dengan menguasai Tekik dasar cara bercocok tanam itu sendiri.  Kebutuhan sayuran yang sangat meningkat, berpotensi besar untuk membuat anda menjadi petani yang sukses dimasa depan. Seperti biasa peluang usaha akan mengulas semua trik cara dan tips cara budidaya agar menjadikan anda seorang petani yang sukses.

Tanaman yang sangat familiar ditelinga kita ini merupakan tanaman yang sering di budidayakan oleh para petani di daerah sekitar kita khusus nya daerah pegunungan maupun daerah perbukitan yang memiliki suhu antara 19-21 derajat celcius (DM).  Sama seperti sawi hijau sawi putih juga mempunyai banyak manfaat dan sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung unsure-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih


Syarat tumbuh tanamam sawi putih agar tanaman dapat tumbuh dengan baik meliputi beberapa factor yaitu tanah yang gambur serta berada pada ketinggian 1000 -1200 meter DPL (diatas permukaan Laut).  Dan curah hujan antara 1000-1500. Jika ditempat anda sering turun hujan, tentunya sangat cocok untuk membudidayakan atau menanam sawi putih ini. Proses budidaya sayuran yang mempunyai banyak lapis daun ini sangat mudah untuk dibudidayakan tidak terlalu sulit, apalagi untuk anda yang pemula. Lalu bagai mana trik agar mendapatkan untung besar, baik kami akan memberi tahu anda Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih Agar mendapatkan Untung yang besar, berikut penjelasannya.



Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih

                                                                                                                                              

Mempersiapkan Lahan

Proses utama untuk menanam sawi putih adalah menyiapkan lahan, Lahan yang dibutuhkan sesuai kebutuhan anda bisa di pekarangan rumah anda atau bisa juga menggunakan lahan yang lebih luas. Setelah lahan sudah dipersiapkan bersihkan lahan dengan cara membersihkan semua rumput hingga bersih, serta gamburkan lahan tanam menggunakan cangkul, Lakukan penggamburan tanah hingga tanah benar-benar gambur, kegamburan tanah mencapai 30-40 cm dan buatlah bedengan dan parit.

Ketinggian bedengan mencapai 25-30 cm, lebar mencapai 90-100 cm dan panjang sesuai batas lahan tanam. dan buatlah jarak atau parit antar bedengan dengan jarak antara 25-30 cm/bedengan. Jangan Lupa untuk memberikan pupuk dasar saat pembuatan bedengan, pupuk yang digunakan para petani  biasanya menggunakan pupuk kandang dengan dosis 10-20 Ton/Ha. Aduk sampai merata hingga pupuk benar-benar tercampur guna menjadikan lahan anda menjadi subur.

Serta perhatikan PH yang terkandung didalam tanah, usahakan PH yang terdapat didalam tanah sampai di angka 6-7. Bila tanah memiliki kadar PH yang tinggi atau rendah usahakan agar melakukan pengapuran guna menjaga tanah dalam kondisi normal dan sangat baik dibutuhkan untuk perkembangan sawi. Pengapuran dengan menggunakan Dolomit dengan dosis 1,5 ton/ha. Lakukan pengapuran 14 hari sebelum tanam.
Kemudian saat proses penanam berlangsung jangan lupa untuk memberikan lubang pada bedengan tersebut dengan kedalaman lubang mencapai 30-45 cm dan jarak antara lubang mencapai 30-40 cm.

Pemilihan Bibit Sawi Putih

Untuk menghasilkan tanaman sawi yang baik ada baiknya saat menanam sawi putih anda memilih bibit yang benar-benar berkualitas serta tidak mengalami cacat fisik pada bibit. Belilah produk bibit sawi yang sudah memiliki kualitas yang baik serta sudah dijamin kekebalannya terhadap serangan penyakit. kami akan memberikan tips agar anda tidak kecewa dalam membeli bibit sawi untuk di bududidayakan. Pilihlah bibit sawi yang benar-benar utuh yaitu tidak mengalami cacat Serta jangan membeli bibit sawi yang keriput atau tidak segar, guna bibit sawi dapat tumbuh dengan baik. Untuk lahan penanaman sebesar 1 ha tanam biasanya membutuhkan bibit sebanyak 200-250 gram.

Proses Persemaian

Proses selanjutnya dari cara menanam sawi putih adalah persemaian, seperti pada jenis sayuran lainnya, sawi putih juga memerlukan persemaian  sebelum ditanam ke media tanam. Untuk menghasilkan sawi yang berkualitas sebaiknya proses  penyemaian dilakukan dengan benar dan sangat teliti. Proses persemaian meliputi beberapa cara yaitu Setelah anda mendapatkan bibit yang berkualitas, rendam lah bibit dalam air yang hangat, biarkan selama 60 menit, bila ada bibit yang mengapung pisahkan lalu buang karena bibit yang mengapung sangat buruk kualitasnya.

Setelah proses perendaman dan pemisahan bibit selesai sediakan lahan untuk proses penyemaian dengan besar media yang digunakan biasanya 3 X 4 meter/segi. Serta diberikan pupuk kandang ataupun pupuk kompos, dengan perbandingan 1:1, aduk sampai merata dan biarkan selama 2-3 hari. Setelah media sudah siap taburkan benih secara merata kemudian tutup dengan menggunakan daun pisang.

Biarkan bibit ditutup sampai berumur 7 hari, Setelah berumur 8 hari buka tutup daun pisang saat pagi dan sore hari, kemudian lakukan perawatan yang baik hingga bibit berumur 25-30 hari sampai bibit sawi memiliki  4 helai daun yang siap untuk dipindahkan kelahan yang lebih besar.

Penanaman

Proses selanjutnya untuk menanam sawi putih adalah penanaman, lakukan penanaman saat bibit sawi sudah memiliki 4 helai daun, waktu tanam yang baik adalah saat pagi atau sore hari guna menghindari terkena sinar matahari langsung saat proses penanaman. Masukkan bibit sawi kedalam lubang di bedengan yang sudah dipersiapkan kemudian tutup lubang serta berikan air dan berikan pupuk kandang agar sawi tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan

Agar sawi putih dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun sawi yang banyak dan besar, sangat penting untuk anda agar melakukan pemeliharaan. Proses pemeliharaan meliputi beberapa cara yaitu,

·         Penyiraman Pada Tanaman

Lakukan penyiraman pada sawi putih setelah tanam dengan rutin pagi serta sore hari, tergantung situasi atau cuaca, jika turun hujan anda tidak perlu melakukan penyiraman guna menjaga PH yang terdapat didalam tanah dalam keadaan normal. Jangan sampai lahan mengalami kekeringan karena dapat memperlambat pertumbuhan sawi dan bisa menyebabkan sawi anda mati akibat kekurangan air.


·         Penyulaman

Penyulaman ini dilakukan apabila bibit sawi yang sudah ditanam mengalami mati, lakukan penyulaman pada umur sawi sekitar 5-15 hari setelah tanam. Cabut bibit sawi yang mati dan ganti dengan bibit yang baru. Bila sudah lebih dari 15 hari sebaiknya jangan dilakukan penyiangan guna menghindari pertumbuhan tanaman yang tidak bersamaan atau saat proses pemanenan ada sawi yang belum siap untuk dipanen.


·         Penyiangan

Lakukan Penyiangan saat sawi berusia 14 hari setelah tanam, Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput yang tumbuh disekitar tanaman sehingga tidak menggangu proses pertumbuhan sawi.


·         Penanggulangan Hama dan Penyakit

Pemberantasan Hama dan penyakit pada tanaman sawi putih bisa menggunakan insektisida (Rizotin).  Semprotkan pada sawi yang terserang hama atau penyakit, guna menjaga sawi dalam keadaan baik hingga masa panen.
                                      

Panen

Proses panen pada saat menanam sawi putih dilakukan ketika sawi putih sudah besar dan memiliki krop daun yang banyak. Sawi putih bisa dipanen setelah berumur 40-60 hari setelah tanam. Proses pemanenan sangat mudah, dengan memotong sawi ada pangkal batang sawi, jangan lupa untuk menyisahkan 2-3 helai daun pada lahan tanam.  Guna mendapatkan sawi yang bagus usahan proses pemanenan dilakukan saat sore hari agar sawi yang dipanen tidak layu dan tetap berkualitas serta saat dipasarkan tidak mengalami penurunan harga.


Itulah penjelasan tentang Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih , semoga rangkuman ini bisa membantu anda dalam membudidayakan sayuran sawi dengan baik dan berkualitas. Baca juga Cara Menanam Sawi Hijau (Caisin) Yang Menguntungkan .. Terima kasih sudah mengunjungi kami ^_^

Thanks for reading Trik Jitu Budidaya Dan Menanam Sawi Putih

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment