Home » » Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula

Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula

Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula, Berbicara mengenai kerang mutiara merupakan suatu hal yang sangat emosional dalam artian siapa yang tidak ingin memiliki perhiasan yang berkualitas tinggi dan memiliki harga jual yang sangat mahal tersebut. Hanya kalangan menengah keatas saja yang sanggup membeli perhiasan mahal tersebut. Tak lepas dari itu, para petani kerang  berupaya membudidayakan kerang bercangkang keras tersebut untuk mendapatkan hasil mutiara yang berkualitas, serta mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibanding pembudidaya lainnya.

Mutiara yang berkualitas mempunyai warna yang indah dan berwarna warni sehingga membuat harga mutiara tersebut melambung tinggi dari pada mutiara-mutiara lainnya. ada banyak jenis mutiara yaitu mutiara air tawar mutiara yang terdapat di alam liar serta mutiara yang di budidaya kan oleh manusia ini. Mutiara yang memiliki harga jual yang paling tinggi adalah mutiara yang terdapat di alam yang terbentuk tanpa ada campur tangan manusia. Namun sangat jarang dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan mutiara alam tersebut.


Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi PemulaMutiara yang di budidayakan tidak hanya untuk perhiasan saja namun juga bisa digunakan untuk bahan kosmetik serta obat-obatan. Karena harganya yang sangat fantatis tinggi membuat para pembisnis membuat mutiara imitasi yang dijual dengan harga yang murah.Perbedaan mutiara asli dan mutiara imitasi sangat mudah dibedakan terutama dari struktur warna dan bentuk. Bagi anda yang tertarik  ingin belajar membudidaya hewan moluska tersebut,  kami selaku penulis akan memberitahu anda secara detail mengenai Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula,baik langsung saja kita ulas.



Trik Budidaya Kerang Mutiara

                                 

Menentukan Lokasi

Menentukan lokasi ini dimaksudkan untuk mencari tempat budidaya yang jauh dari cuaca yang sangat extreme dan gelombang besar, serta perairan yang sangat banyak mengandung pakan alami kerang yaitu plangkton. Memiliki cuaca yang cerah serta kedalaman lokasi air laut memiliki kedalaman 15 -30 meter. Kemudian perhatikan kadar garam air yang terkandung usahakan kadar garam air mencapai 30 -34 ppt.  kondisi suhu mencapai  25-30 DM (derajat celcius) . Dan usahakan tempat lokasi budidaya terbebas dari pencemaran atau limbah perusahaan serta limbah keluarga seperti sabun deterjen dan lain-lain.

Metode Budidaya Kerang Mutiara

Setelah lokasi yang tepat sudah ditemukan lanjut ketahap selanjutnya yaitu membuat tempat budidaya. Pembuatan tempat budidaya bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menggunankan metedo rakit apung serta rakit tancap dan lain nya. Tetapi pada umumnya para petambak menggunakan metode rakit tancap, dengan menggabungkan 2 metode budidaya menjadi satu. Guna mempermudah saat proses pemeliharaan.

 Pembenihan Kerang Mutiara          

Pembenihan pada kerang Mutiara bisa kita dapatkan dari mengumpulkan induk kerang yang bagus, induk kerang  bisa kita dapatkan langsung di alam, setelah mendapatkan induk karang jantan dan betina, masukkan ketempat yang khusus agar kerang mutiara dapat melakukan proses kawin, proses kawin kerang dilakukan diluar tubuh dengan cara induk betina mengeluarkan telur dan dibuahi oleh kerang pejantan.

Proses Pemeliharaan

Proses pemeliharaan pada kerang mutiara sangat mudah, hanya membutuhkan kesabaran serta ketelitian dalam memelihara kerang tersebut. Perhatikan selalu kadar garam air hingga sehingga pertumbuhan karang tidak mengalami kegagalan untuk menghasilkan butiran mutiara yang berkualitas.  Lakukan selalu pembersihan cangkang mutiara serta keranjang mutiara agar tidak mengganggu proses perkembangan karang. Usahakan pembersihan dilakukan secara berkala guna membersihkan parasit yang tumbuh di cangkang kerang.

Proses Panen

Proses pemanen pada kerang dilakukan ketika kerang mutiara sudah menghasilkan butiran mutiara bulat. Bisanya untuk proses pemanenan ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 tahun setelah kerang di pindah kelahan pembudidayaan.


Agar mendapatkan hasil mutiara yang baik dan berkualitas lakukan dengan kesabaran serta ketelitian dan pembersihan tempat pemeliharaan maupun cangkang kerang dengan rutin. Demikianlah Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula, baca juga nih Trik Budidaya Kerang Hijau , Semoga bermanfaat ^_^

Thanks for reading Trik Budidaya Kerang Mutiara Bagi Pemula

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment