Home » » Trik Budidaya Kerang Hijau

Trik Budidaya Kerang Hijau

Trik Budidaya Kerang Hijau, Termasuk hewan yang mempunyai cangkang dan rasa daging yang gurih serta kaya akan protein, sangat baik untuk proses perkembangan anak. Kerang hijau banyak dibudidayakan didaerah laut yang kita kenal dengan sapaan kijing. Dengan bentuknya yang mencapai panjang 6-8 cm serta rasa dagingnya yang gurih ini membuat para nelayan sukar membudidayakannya serta harga yang sangat tinggi menjadi salah satu factor utama yang membuat para nelayan mengais rizky dan memulai bisnis sampingan.


Perkembangan kerang hijau sangat bagus saat memasuki bulan maret hingga juli, produksi kerang hijau yang paling bagus untuk sekarang ini adalah di pantai laut Lombok yang terkenal akan budidaya kerang hijau. Perkembangan yang sangat pesat serta rasa yang lezat membuat para konsumen pengggila makanan laut selalu memburu hewan bercangkang ini. Minggu lalu kita telah membahas Cara Budidaya Kerang Mutiara yang tidak kalah menguntungkan sama seperti kerang hijau ini.
Trik Budidaya Kerang Hijau


Cara pembudidayaannya sangat mudah hanya membutuhkan ketelatenan serta ketelitian dalam memelihara hewan bercangkang tersebut. Cara hidup kijing bergerombol serta menempel pada suatu benda seperti batu kayu maupun pada sebuah karang.  Peluang usaha kali ini akan kembali merangkum bagai mana cara merawat kerang hijau ini dengan benar agar anda dapat mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan, Berikut Trik Budidaya Kerang Hijau yang telah kami rangkum untuk anda



Trik Budidaya Kerang Hijau


Menentukan Lokasi Budidaya

Lokasi yang dibutuhkan didaerah tepian pantai atau sepanjang laut dengan memiliki kedalaman 1-6 meter. pilihlah lokasi yang jauh dari gelombang laut yang kencang serta dasar laut yang berpasir maupun berlumpur, guna mendapatkan zat atau kandungan makanan yang diperlukan kerang hijau untuk berkembang. Kemudian pilih lokasi yang bersih dan terbebas dari sampah atau limbah sehingga membuat perkembangan kerang hijau menjadi kurang maksimal.

Hindari limbah yang sangat mematikan seperti limbah seng, tambang, timah dan lainnya, kemudian hindari juga limbah rumah tangga seperti sabun deterjen. Usahakan lokasi yang dibutuhkan jauh dari sungai  agar terbebas dari semua limbah tersebut. Kemudian suhu yang baik untuk budidaya kerang berkisar antara 27-37 DC (derajat celcius) Dan ukuran PH sampai diangka 7-8.

Lokasi yang sangat baik adalah air laut mengandung kadar garam tinggi sehingga banyak plangkton berkembang guna menjadi pakan karang hijau tersebut dan hewan jenis organic lainnya. Buat penyaringan pada air sehingga karang dapat menyerap makanan dengan mudah.

Pertumbuhan Kerang Hijau

Pertumbuhan kerang hijau mampu bertahan hidup dan berkembang biak secara cepat serta memiliki kemampuan dengan adaptasinya yang sangat baik dan sangat cepat . Sehingga memudahkan para nelayan untuk membudidayakan hewan bercangkang 2 tersebut.  Hanya dengan menggunakan kayu maupun bambu yang ditancapkan kedalam lokasi budidaya secara otomatis bibit yang terdapat didalam lokasi tersebut menempel  dan mampu berkembang

Pada umumnya  kerang hijau berkembang biak secara kawin, yang memiliki jenis kelamin yang terpisah, proses pembuahannya secara internal dan masuk kedalam jenis hewan ovipora yang memiliki jumlah telur dan sprema yang sangat banyak dan tidak bisa dilihat oleh kasak mata atau bersifat mikroskop. Berikut rincian reproduksi karang hijau :

  1. Proses reproduksinya berjalan dengan mengeluarkan sperma dan telur didalam air kemudian bercampur hingga mengalami pembuahan.
  2. proses pembuahannya sangat cepat hanya membutuhkan waktu 1 hari sampai telur yang telah dibuahi menetas dan menjadi larva (ulat).
  3. Setelah itu larva akan menjadi Spat sampai berumur 15-20 hari.
  4. Kemudian spat akan menempel pada sebuah substrat hingga dewasa.
  5. Untuk menjadi dewasa kerang hijau membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan

Cara Budidaya

Metode yang digunakan dalam membudidaya kerang hijau ada 4  macam, yaitu
1.       Tancap
2.       Rakit Tancap
3.       Rakit Apung, dan
4.       Rawai


Namun secara umum para nelayan menggunakan metode yang kedua yaitu Rakit Tancap. Metode ini digunakan dengan gabungan dua cara metode tancap dan Rakit apung yang digabung menjadi satu. Berikut cara menggunakan Metode rakit tancap dalam pembudidayaan hewan karang tersebut :
  1. Tancapkan bambu yang sudah disediakan hingga dasar air.
  2. Usahakan Lokasi rakit sudah anda hitung dan anda rancang berdasaran tinggi dan rendahnya air guna mengendalikan saat mengalami pasang surutnya air laut serta menghindari rakit anda agar tidak mengalami kekeringan.
  3. Kemudian sediakan tali kolektor untuk anda tempatkan pada rakit tancap.
  4. Jarak antara tali satu ketali yang lain berkisar antara 100 cm.
  5. Tunggu hingga 5-6 bulan anda akan mendapatkan hasil dari karang hijau tersebut mencapai 20-25 kg/ tali kolektor.

Saat proses penarikan tali kolektor masukkan kerang kedalam wadah dengan diganti air yang bersih agar kualitas kijing tetap terjaga. kerang hijau atau kijing ini termasuk jenis kerang yang kebal, karena bisa bertahan hidup hingga 8 jam tanpa membutuhkan air yang bersih.

Dan akhirnya selesai juga penjelasan Peluang Usaha yang  mengenai Trik Budidaya Kerang Hijau .Semoga bisa bermanfaat dan bisa anda pahami dengan mudah, Hidup Budidaya ^_^

Thanks for reading Trik Budidaya Kerang Hijau

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment