Home » , » Cara Beternak Bebek Dengan Mudah

Cara Beternak Bebek Dengan Mudah

Cara Beternak Bebek Dengan Mudah, Trik yang akan kami berikan kepada anda agar menjadi peternak yang sangat baik serta sukses akan kami ulas secara detail kepada anda. Ada beberapa trik jitu yang anda harus pelajari khususnya bagi anda para peternak awam yang baru saja memulai bisnis. Peluang usaha kali ini akan membahas cara beternak dengan cara yang benar.


Dewasa ini telah membuat para peternak dan para pengusaha berlomba-lomba untuk menghasilkan penghasilan yang sangat baik terutama tentang beternak bebek. kebutuhan bebek atau itik yang semakin meningkat tentunya sangat membuat para pecinta ternak bebek ini semakin bergairah dalam memulai usaha mereka. Dengan rasa daging yang gurih serta nempel dilidah dan mengandung banyak protein yang baik untuk perkembangan tubuh kita membuat para konsumen terus mencari keberadaan daging bebek maupun telur bebek tersebut.
Cara Beternak Bebek Dengan Mudah


Persiapan yang paling utama dalam beternak bebek ini adalah tempat, kalo gak ada tempat mana bisa beternak bebek hehe, tetapi jangan khawatir karena cara budidaya bebek atau itik ini tidak membutuhkan tempat yang sangat rumit serta sangat mudah sekali di jangkau oleh anda. Karena tidak membutuhkan kandang yang rumit seperti kita beternak ayam dan lainnya. Serta metode cara beternak bebek ini meliputi beberapa cara yang bisa kita lihat dilingkungan yang sangat elegan, bisa dengan metode menggembala bebek dan bisa juga menggunakan metode di dalam kandang. Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memelihara bebek atau itik, berikut proses persiapan dan pemeliharaan Cara Beternak Bebek Dengan Mudah


Cara Beternak Bebek Dengan Mudah

PERSIAPAN KANDANG


Cara Beternak Bebek yang utama adalah Persiapan kandang, dan yang harus diperhatikan adalah tempat yang sangat strategis serta elegan dan usahakan kandang mengandung unsure pakan alam yang bisa membuat bebek mendapatkan pakan tambahan. Tingkat kelembapan didalam kandang bisa mencapai 60-70 %,  peralatan kandang yang sangat mudah didapatkan, tidak perlu mahal dan tidak menguras kantong anda tentunya. Membuat dinding kandang cukup dengan bahan seperti bambu yang dipotong dengan lebar yang diinginkan serta ketinggian sesuai kebutuhan anda.

·         Membuat kandang dalam memelihara bebek meliputi beberapa model, yaitu :


1.       Membuat kandang untuk anakan bebek (Bibit bebek)
Buat Kandang dengan ukuran yang sangat minimalis berkisar 1 X 2 meter, dengan kapasitas bisa menampung 50 ekor bibit bebek.

2.       Membuat Kandang ternak bebek Remaja ( Brower)
Buat kandang untuk bebek yang sudah memasuki remaja,  buat ukuran kandang agar bisa menampung bebek 20-100 ekor bebek.

3.       Membuat Kandang ternak Bebek Siap produksi
Bentuk kandang bebek siap produksi ini sering disebut kandang baterai, Satu kotak kandang bisa menampung 1-2 ekor bebek siap produksi.
Bisa juga anda membuat kandang kelompok dengan ukuran berdiameter yang lumayan besar bisa menampung 20 – 35 ekor bebek siap produksi.


MEMILIH BIBIT


Dalam pemilihan bibit dari cara beternak bebek diperlukan ketelitian serta pilihlah bibit yang benar-benar unggul agar saat proses bertelur ataupun saat pemasaran untuk bebek pedaging memenuhi standar kualitas yang baik. Lihat secara fisik pada bebek tersebut, upayakan bibit yang aktif dan jangan memilih bibit yang cenderung hanya berdiam, serta warna bulu yang sangat bersih kuning mengkilap. Agar upaya anda memilih bibit bebek yang berkualitas tidak mengecewakan berikut beberapa tips yang akan kami berikan, yaitu:



  1.  Pilihlah bibit dari telur yang ditetaskan dari induk yang berkualitas atau induk bebek yang bereproduksi dengan cepat dan baik.
  2. Membeli bibit bebek dari merek terkenal dan memang sudah diuji kualitas keunggulannya.
  3. Bibit yang dihasilkan sendiri dari bebek induk dan pejantan yang unggul dan berkualitas.



PEMBERIAN PAKAN


Pemberian pakan pada beternak bebek harus teratur dan diperhatikan, apalagi saat bebek masih dalam bok atau bebek masih kecil. Jangan sampai saat pemberian pakan pada bebek ada bebek yang tidak bisa makan atau kalah bersaing, jika menemukan kejadian seperti itu segera pisahkan ke kandang yang lain. Berikut cara yang benar dalam pemberian pakan pada bebek :

  1. Berikan pakan pada bebek saat berumur  1- 14 hari menggunakan pakan khusus yang memang disediakan oleh pabrik pakan, yaitu biasa kita kenal dengan kosentrat. Berikan pakan secara teratur dan setiap hari, guna merangsang perkembangan bebek dan membuat nafsu makan bebek terus bertambah.  Berikan pakan bebek khusus sampai umur bebek mencapai  2 minggu, pemebrian pakan sehari bisa 1-4 kali dalam sehari. Jika sudah berumur 8 – 14 hari berikan pakan 1-3 kali dalam sehari.
  2. Kemudian Pada umur 15 hinga masa panen atau masa reproduksi berikan pakan campuran. Dengan perbandingan 70% pakan buatan dan 30% pakan konsentrat. Pemberian pakan bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari, tergantung kebutuhan pada bebek.  Tempat pakan bebek harus anda cuci bersih agar tidak menimbulkan kotoran serta virus maupun bakteri. Jika anda peternak pengembala maka akan lebih mudah sehingga bebek yang anda pelihara mendapatkan pakan alami yang sangat bagus untuk perkembangan bebek.


PEMBERIAN MINUM


kemudian dalam beternak bebek Anda harus memperhatikan pemberian minum pada bebek didalam kandang dan memakan pakan dari buatan pabrik. Berikan campuran (SOC) pada minuman untuk ternak bebek dengan takaran 2,5 ml/ 5 liter air mineral.  Campuran yang harus anda perhatikan dan mengerti :

  1. Campurkan 2,5 ml (SOC) dengan 5 liter air mineral.
  2.  Kemudian larutkan 2 sendok makan gula pasir/merah pada 1 gelas air mineral.
  3. Setelah itu campurkan menjadi satu, aduk hingga merata dan biarkan selama kurang lebih 20 menit agar tercampur merata, selanjutnya berikan pada bebek.


Setelah habis diminum segera cuci wadah atau tempat minum hingga bersih. Ramuan campuran ini digunakan apabila bebek yang anda pelihara menggunakan pakan buatan pabrik atau kosentrat.


PEMBERIAN VITAMIN


Tips atau cara beternak bebek yang baik adalah memberikan vitamin, Pemberian vitamin ini dimaksudkan untuk menjaga bebek dalam keadaan tetap dalam kondisi baik serta bebas dari segala macam jenis penyakit.  Cara pemberian vitamin pada bebek bisa menggunakan atau mencampurkan vitamin kepada makanan  maupun minuman. Bisa juga dengan cara disuntikkan pada bagian fisik bebek atau itik tersebut. Vitamin pada bebek bisa anda beli ditoko pakan yang berada didaerah anda.


REPRODUKSI PADA BEBEK


Biasanya reproduksi pada cara beternak bebek ini meliputi 2 macam, yaitu reproduksi telur yang memang sengaja untuk dikonsumsi dan reproduksi telur untuk di tetaskan kembali atau penetasan untuk menghasilkan bibit bebek. Saat masa kawin sebaiknya anda harus mencampurkan 1 ekor bebek pada 5 ekor bebek betina.

Cara perkawinan bebek ini ada dua cara juga yaitu dengan cara alami langsung dari bebek jantan dan bebek betina  atau sering disebut ( Nature Mating). Kemudian dengan cara meggunakan pakan itik atau bebek itu sendiri yang dibuat oleh peternak atau ( Hand Mating). Masa kawin ini dimaksudkan agar telur bebek bisa dibuahi oleh bebek pejantan dengan tujuan agar telur yang didapat bisa kita tetaskan dan tidak infertil.

MASA PANEN


Masa panen yang dimaksud ini adalah masa panen untuk bebek yang menghasilkan telur  yang telah dibuahi oleh pejantan agar bisa ditetaskan dan menghasilkan bibit bebek atau itik baru. Dan hasil telur yang tidak dibuahi biasanya kita konsumsi dan dibuat asinan telur bebek. Kemudian masa panen untuk bebek pedaging biasanya menggunakan bebek pejantan.

Baca Juga Peluang Usaha Ternak


Selesai sudah pembahasan mengenai budidaya ternak bebek, baca juga Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) Secara Cepat,  semoga bisa mendapatkan wawasan yang bermanfaat bagi petenak pemula maupun bagi pembaca. Demikian tadi Trik dan Cara Beternak Bebek Dengan Mudah yang bisa saya sampaikan, semoga sukses…

Thanks for reading Cara Beternak Bebek Dengan Mudah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment