Home » , » Cara Penetasan Telur Bebek (Itik) Secara Cepat

Cara Penetasan Telur Bebek (Itik) Secara Cepat

Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) Secara Cepat, Secara umum pemeliharaan bebek sudah banyak sekali kita temukan, dengan berbagai macam teknik dan cara yang dapat diolah oleh para peternak itu sendiri. Dengan kebutuhan daging bebek dan telur bebek yang semakin meningkat ini pula para peternak terus berkembang dan terus melakukan usaha dari hewan bebek tersebut. Ada beberapa usaha yang bisa kita kembangkan dari hewan bebek tersebut, dengan rasa dagingnya yang enak dan telurnya yang sangat gurih dan mengandung banyak protein yang baik untuk manusia. Namun tetapi ada kekurangan pada bebek ini, seperti yang kita ketahui bahwa bebek adalah hewan yang tidak bisa menetaskan telurnya sendiri.


Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) Secara Cepat
Pada umumnya usaha penetasan telur bebek dilakukan dengan berbagai macam cara,salah satunya yang kita ketahui menggunakan induk ayam yang sedang mengeram, selain telur itik yang banyak digemari oleh semua kalangan masyrakat luas, telur itik ini juga banyak ditetaskan  untuk menjadi itik petelur dan itik pedaging. Namun jika penetasan dengan sekala yang sangat banyak  hampir tidak mungkin bukan jika kita menggunakan metode pengeraman ayam. Untuk menghasilkan itik dengan skala yang sangat besar bisa menggunakan penetasan dengan metode Mesin Penetasan telur yang bisa kita buat sendiri tentunya.


Peluang Usaha tentang penetasan telur ini terbilang sangat mudah dijalankan dan menghasilkan keuntungan yang  bisa dibilang sangat membantu dalam kebutuhan ekonomi , dan bila dinminatin dengan sungguh-sungguh mungkin anda akan menjadi pengusaha telur yang benar-benar sukses. Proses yang sangat sederhana membuat anda bisa menjalankan bisnis ini dengan sangat mudah sekali, karena peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan. Ada dua metode yang dapat kita lakukan untuk melakukan penetasan, yaitu dengan cara menggunakan metode ayam dan menggunakan metode mesin penetas.

Menggunakan metode ayam memang sangat mujarab, tingkat keberhasilan tetas bisa mencapai angka di 100%, lain dengan mesin penetas yang hanya bisa mencapai angka keberhasilan sekitar 80% . tetapi dengan penetasan yang menggunakan sekala besar kita harus menggunakan mesin penetas tersebut, karena jika menggunakan ayam sangatlah tidak mungkin. Tetapi anda tidak usah bingung, kami akan memberikan trik kepada anda agar telur yang anda tetaskan menggunakan mesin penetas bisa mencapai angka keberhasilan 100%. Berikut trik dan Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) Secara Cepat  Yang meliputi beberapa Proses ataupun Persiapan



Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) 


PERSIAPAN TEMPAT


Proses yang paling utama adalah menyediakan tempat, dalam upaya ataupun usaha dalam mengembangkan usaha penetasan yang menggunakan metode mesin penetas, ada baiknya sediakan tempat yang sangat ilegan dan tidak tekena sinar matahari langsung dan hindari tempat yang dapat terkena angin, upayakan ruangan yang tertutup agar telur bisa menetas dengan baik serta tidak mengalamai perubahan cuaca yang benar-benar bisa membuat telur tidak mau menetas.

Tempat yang akan dibuat atau disediakan harus selalu dalam kondisi bersih dan seteril. Ada baiknya sebelum digunakan atau melakukan proses penetasan,  ruangan yang disediakan tersebut disemprot disinfeksi  terlebih dahulu, dan biarkan selama 24 jam agar kuman virus dan segala jenis penyakit lain hilang sehingga tidak mengganggu proses penetasan dan dapat berjalan dengan baik dan lancar.


PERSIAPAN MESIN TETAS


Proses kedua setelah persiapan tempat anda harus menyediakan mesin tetas dan persiapan mesin tetas. Kualitas yang didapat saat penetsaan tergantung mesin tetas yang dibuat atau dibeli, karena mesin tetas termasuk menjadi factor yang paling utama atas keberhasilan sebuah telur yang dapat menetas dengan cara yang sempurna. Suhu yang harus anda perhatikan serta standar kualitas mesin penetas yang benar memumpuni untuk penetasan agar tidak mengalami telur menjadi busuk. Usahakan sebelum membeli mesin penetas cek terlebih dahulu berapa suhu serta kelembapan yang ada didalam mesin tersebut.

Suhu yang baik adalah suhu yang berkisar antara  37-39 DC (derajat celcius). Dan kelembapan udara didalam ruangan mesin mencapai % antara 54-61% . Setelah beberapa hari kelembapan pada ruangan incubator mesin penetas anda bisa lebih tinggi lagi. Sebaiknya Biar anda tidak kecewa dengan mesin yang anda beli cek terlebih dahulu mesin tersebut, atau anda ingin membuat sendiri..? Baca tutorialnya yang sudah kami Rangkum di Cara Membuat Mesin Penetas Telur.


MEMILIH TELUR YANG BAIK


Tidak hanya pemilian bibit saja ataupun memeriksa  mesin penetas dengan baik, namu memilih telur yang baik untuk ditetaskan juga sangat perlu. Karena untuk menghasilkan bibit yang unggul harus melihat telur yang baik dan memenuhi standar. Pemilihan telur yang bersifat standar meliputi
1.       Pilihlah telur yang dihasilkan dari induk yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda.

2.       Pilihlah telut itik yang mempunyai ketebalan cangkang yang baik, jangan terlalu tebal guna saat penetasan itik tidak mengalami kesusahan.

3.       Jangan pula yang terlalu tipis karena besar kemungkinan telur tidak akan menjadi bibit itik.

4.       Pilih telur yang berbentuk oval karena akan sangat membantu, ingat jangan pilih telur yang berbentuk lonjong ataupun terlalu bulat


PROSES PENETASAN


Kemudian proses selanjutnya proses penetasan, saat proses penetasan ini mesin tetas harus benar-benar siap agar telur tidak mengalami kegagalan yang membuat telur menjadi busuk. Setelah Mesin siap barulah proses penetasan dijalankan. Siapkan telur yang sudah dibersihkan dan masukkan kedalam mesin. berikut tutorialnya,

1.       Tahap Pertama Antara 1-3 Hari Telur Didalam Ruangan


a)      Persiapkan mesin dan panaskan mesin hingga suhu dan kelembapan yang dibutuhkan.
b)      Letakkan telur dalam keadaan tertidur lalu diamkan selama kurang lebih 3 hari. Ingat saat pertama telur dimasukkan hingga 3 hari mesin telur tidak perlu dibuka.
c)       Setelah 3 hari proses penetasan tersebut, benih yang terdapat dalam telur sudah bisa kita lihat ya walaupun hanya sebagiannya saja.
d)      Dan telur yang tidak mempunyai benih sebaiknya telur kita ambil dan bisa dijual kembali dipasaran atau kita konsumsi sendiri, biasanya telur yang tidak mempunyai benih tersebut tidak dibuahi oleh bebek pejantan.

2.       Tahap Kedua Antara Hari ke 4-25


a)      Ketika sudah Memasuki hari ke 4 telur dibolak-balik
b)      Bolak balik telur hingga 3-6 kali dalam sehari , semakin sering semakin baik saat proses penetasan
c)       Kemudian saat sudah memasuki 10 hari penetasan. Telur dicuci hingga bersih dan kemudian dimasukkan kembali kedalam mesin penetasan
d)      Sebaiknya cek kembali suhu dan kelembapan pada mesin agar proses penetasan semakin baik dan berjalan lancar.
e)      Bila kelembapan dalam ruangan mesin penetas kurang maksimal anda bisa menyemprotkan ketelur yang ditetaskan tersebut.

3.       Tahap Terakhir Yaitu Saat Telur Menetas


a)      Telur akan siap Menetas saat sudah memasuki hari ke 26-28.
b)      Saat telur memasuki hari ke 26 telur bisa kita lihat pada bagian telur yang sudah mulai retak dan siap menetas
c)       Bila telur normal dan mesin penetas yang bekerja secara baik, pada hari ke 28 telur sudah bisa menetas semua
d)      Saat penetasan anda bisa membantu secara manual dengan mengelupas cangkang telur yang sudah terbuka sebagian.
e)      Setelah menetas pindahkan anakan itik tersebut keruangan yang suhu dan kelembapannya sama seperti suhu didalam mesin penetas.
f)       Kemudian bersihkan ruang penetasan dengan baik dan benar benar bersih agar mesin bisa digunakan kembali

Setelah Proses penetasan selesai anda bisa membedakan anakan itik dengan mudah agar anda tahu mana bibit itik betina dan mana bibit itik pejantan. Biasanya anak itik betina lebih dominan dengan warna itik betina lebih bersih dan terang ketimbang itik pejantan.


Sangat dibutuhkan ketelitian saat proses penetasan telur itik agar telur yang ditetaskan mendapatkan hasil yang 100%  . Semoga dalam pembahasan Cara Penetasan Telur  Bebek (Itik) Secara Cepat dapat membantu anda semua dalam memulai usaha tersebut.

Thanks for reading Cara Penetasan Telur Bebek (Itik) Secara Cepat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment