Home » , » Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah -Perlu kita ketahui bahwa Mesin yang dibuat untuk menetaskan telur ini memang sangat membantu para peternak dalam mengolah suatu usaha agar semakin berkembang. Dibutuhkan beberapa alat serta bahan untuk proses pembuatan mesin tetas tersebut. Buat mesin tetas tersebut dengan sangat rapat guna menjaga kestabilan suhu dan kelembapan supaya tidak mengalami gangguan saat proses penetasan.


Media yang dibutuhkan dalam membuat mesin berupa triplek ataupun bahan lain seperti papan serta karpet dan lain-lain, yang terpenting bahan tersebut tidak bocor saat pemrosesan penetasan telur sedang berlangsung. Bahan yang mudah kita dapatkan ini sangat membantu anda dalam membuat mesin penetas dan biaya yang anda keluarkan tidak menguras isi tabungan ataupun dompet anda, karena bisa dibilang relative murah. Berikut proses atau Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah yang membutukan

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan MudahPERSIAPKAN BAHAN DAN ALAT


Pertama yang harus anda lakukan dalam pembuatan mesin penetas, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Biasanya mesin penetas dibuat berkapasitas hingga 100 butir telur/mesin. Bahan serta alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

1.       Triplek ataupun papan dengan ketebalan mencapai 10 mm
2.       Thermostat atau Regulator
3.       Kabel listrik beserta lampu bohlam serta piting lampu dan komponen listrik lain
4.       Siapkan Seng
5.       Kemudian Engsel
6.       Benang atau kawat Rem dengan kebesaran 0.5 cm
7.       Paku triplek serta Lem kayu
8.       Penampan Air
9.        Thermometer

Kemudian setelah bahan terkumpul, sediakan alat yang akan membantu anda dalam mengerjakan mesin tetas tersebut. Peralatan yang anda butuhkan :
1.       Meteran untuk mengukur
2.       Gergaji kayu dan gergaji besi
3.       Kemudian sediakan juga Bor, Tang serta Obeng
4.       Alat tulis seperti Spidol
5.       Palu dan Kemudian Pahat Kayu

CARA PEMBUATAN


Setelah persiapan alat dan bahan sudah disediakan maka pembuatan meliputi beberapa cara yaitu :
1.       Potong bahan triplek yang sudah disediakan tersebut dengan panjang ukuran triplek tersebut  sesuai kebutuhan anda, usahakan panjang sekitar 60 cm dan lebar 30 cm dan tinggi 30 cm. Kemudian rangkai triplek tersebut hingga menjadi kotak atau box.

2.       Setelah proses pertama jadi buatlah lubang pertama dengan berdiameter 5 x 5 cm, buat lubang diatas atau diatap kotak guna lubang untuk menjaga kestabilan suhu serta menjadi ventilasi dan jangan lupa untuk memberinya penutup agar lubang bisa dibuka dan ditutup ketika dibtuhkan.

3.       Kemudian buatlah Lubang kedua  yang agak besar dibawah kotak dengan berdiameter  10 x 20 cm, kemudian tutup dengan menggunakan potongan seng yang sudah disediakan. Kegunaan Seng dan lobang tersebut adalah penanggulangan saat mengalami padam listrik atau keadaan darurat, karena seng termasuk benda yang bisa menghantarkan panas. Bila terjadi pemadaman listrik segeralah hidupkan lampu minyak ataupun gas yang dapatkan menghasilkan api sehingga dapat dihantarkan oleh seng tersebut sehingga didalam mesin penetasaan keadaan tetap stabil.

4.       Buat rak didalam kotak box tersebut , Kegunaan Rak agar bisa meletakkan telur didalam mesin penetas. Bahan rak bisa menggunakan kawat rem atau apa saja asalkan dapat bisa dimanfaatkan untuk meletakkan telur dengan baik didalam mesin penetas tersebut.

ALAT MESIN PENETAS


Seperti yang kita ketahui  apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan mesin tetas adalah komponen yang ada didalam kotak mesin tersebut. Komponen yang dibutuhkan adalah :

1.       Thermostat ( Regulator)


Apa itu Thermostat.? Thermostat atau regulator adalah Sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengatur temperature didalam mesin yang dibuat, atau bahasa simpelnya mematikan arus listrik didalam kotak mesin penetasan.  Kegunaan secara detail thermostat didalam mesin penetas sebagai berikut :

1)      Apabila regulator terkena panas yang terdapat didalam kotak mesin tersebut maka secara otomatis akan membuat kapsul yang ada di regulator mengembang dan dapat menekan sakelar hingga mematikan arus listrik didalam kotak.

2)      Kemudian saat suhu didalam ruangan tersebut turun dan membuat kapsul mengempis maka secara otomatis akan menyambungkan arus listrik kedalam kotak mesin tersebut dan menghidupkan lampu yang menghasilkan panas.


3)      Cara menseting thermostat atau regulator tersebut anda dapat menyeting dengan versi anda tersendiri dan tidaklah sulit, anda hanya perlu mengatur dengan cara manual memaju dan memundurkan putaran atau setelan pada penyanggah kapsul.


2.       Berikut Cara Mengatur Thermostat ( Regulator)


Agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan dan keadaan suhu didalam ruangan mesin penetasaan berada dalam kestabilan maka anda harus menyeting secara manual, cara menyetel agar keadaan suhu tetap dalam keadaan normal 37 DC (derajat celcius) lampu bohlam mati berikut :

1)      Bila suhu didalam ruangan mesin belum mencapai suhu normal 37 DM (derajat celcius) lampu bohlam suda mati atau arus terputus maka anda harus memutar setelan kearah kanan, agar kapsul menjauhi sakelar.


2)      Kemudian suhu sudah mencapai 37 DC (derajat celcius) tetapi lampu bohlam tersebut tidak mati atau arus listrik tidak mati maka putarlah setelan kearah kiri cara yang berlawanan dari cara diatas tadi agar kapsul mendekati sakelar.


SEDIAKAN PENAMPAN AIR


Penyediaan nampan air ini memberikan peran penting dalam proses penetasan. Guna menjadikan suhu kelembapan didalam ruangan menjadi stabil. Isi penampan ini dengan air mineral hingga mencapai ketinggian 3 Cm. Bila air didalam air sudah mengurang segera isi air didalam baki dengan menggunakan air yang hangat guna menanggulangi perubahan suhu kelembapan didalam ruang mesin penetasan tersebut.


MEMBUAT RAK


Buatlah rak didalam kotak mesin penetas, dengan menggunakan kawat rem dan sesuaikan ukuran telur yang akan ditetaskan serta dibuat seelegan mungkin agar bisa diisi telur yang ditetaskan guna dapat memenuhi kapasitas yang dibutuhkan.


MEMBUAT VENTILASI


Kegunaan lubang yang pertama tadi adalah untuk membuat ventilasi, agar udara yang ada didalam kotak penetasan dapat diatur secara manual dan sesuai keinginan anda. Ventilasi ini sangatlah penting guna menjaga telur yang ditetaskan tidak mengalami busuk ataupun gagal menetas.


THERMOMETER


Kegunaan thermometer adalah untuk mengukur suhu yang ada didalam mesin penetas tersebut. Agar anda semua dapat mengetahui berapa suhu yang terdapat didalam mesin penetas tersebut, supaya dalam proses penetasan telur tidak suhu tidak terlalu panas sehingga membuat telur dalam kondisi baik.


TEROPONG TELUR


Teropong telur adalah alat yang digunakan untuk melihat telur yang sudah dimasukkan kedalam mesin penetasan guna mengetahui telur itu dibuahi oleh pejantan atau tidak. Alat teropong ini bisa kita buat dengan pipa paralon,dengan berdiameter 2-3 inci. Cara pembuatannya sangat mudah,  berikut penjelasnnya :

·         -Potong Pipa Paralon sepanjang 15 cm
·        - Kemduian didalam pipa tersebut diberi lampu bohlam
·         -Setelah itu kedua sisi paralon ditutup rapat
·         -Dan salah satu sisi dibuat lubang sebesar ukuran telur


Demikianlah Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah yang mungkin bisa kita buat sendiri dirumah. Semoga bisa bermanfaat

Thanks for reading Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dengan Mudah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment