Home » » Cara Beternak Burung Puyuh

Cara Beternak Burung Puyuh

Cara Beternak Burung Puyuh, Secara umum dalam kebutuhan hidup yang sangat meningkat ini membuat para peternak berlomba-lomba dalam meningkatkan produktifitas usaha yang sedang berkembang. Trik dan teknik yang harus dikuasai para peternak telur burung puyuh merupakan suatu keunggulan tersendiri dalam menghasilkan produk telur yang sangat berkualitas, ada beberapa macam trik dalam menghasilka kualitas telur yang baik, salah satunya akan kami ulas secara ringkas dan membuat anda semua dapat menguasai trik sukses.


Dalam dunia bisnis terutama dalam peternakan sering kali kita mengalami kegagalan yang sangat signifikat, tentunya kegagalan itu akan membuat anda semakin mantab dalam membudidaya atau melakukan peluang usaha apapun. Kebutuhan telur burung puyuh yang semakin tinggi ini pula dapat membuat anda semua para peternak terutama peternak pemula yang akan melakukan usaha menjadi semakin mudah apalagi para pemula yang ingin tahu trik yang digunakan peternak sukses.
Cara Beternak Burung Puyuh
Ada beberapa cara yang harus anda ketahui dalam beternak burung puyuh untuk menghasilkan telur yang berkualitas tinggi dan mengandung protein yang banyak sehingga dapat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama dalam masa perkembangan anak. Cara tersebut bisa dibilang sangat gampang, anda hanya butuh memperhatikan tata cara pembersihan kandang, pemberian pakan dan melihat kondisi burung dalam keadaan sehat atau tidak saat melakukan reproduksi. Berikut saya akan jelaskan trik dan cara Cara Beternak Burung Puyuh agar anda menjadi pengusaha yang sukses.



Beternak Burung Puyuh Meliputi Beberapa Cara


·         PERSIAPAN KANDANG


Pada umumnya kandang yang dibuat untuk beternak burung puyuh ini meliputi dua cara yaitu kandang yang terbuat dari lantai jaring kawat dan serta kandang lantai yang terbuat dari serbuk gergaji atau yang kita kenal dengan sekam. Semua itu tergantung keinginan peternak mau mebuat kandang menggunakan metode sekam ataupun lantai dari jaring kawat. tapi saya anjurkan untuk memakai metode terbuat dari sekam.

Dalam proses pemeliharan anda harus teliti dan sering membersihkan kandang dan selalu memberikan sesuatu yang terbaik agar burung dapat memproduksi telur yang berkualitas. Buat kandang yang memenuhi kebutuhan burung, upayakan agar tidak berdesak-desakan saat burung didalam kandang. Dan anda harus sering mengganti sekam tersebut setiap sebulan sekali aaupun saat sekam sudah layak pakai, karena bisa berpotensi menimbulkan penyakit yang membuat burung puyuh tidak bisa bereproduksi dengan baik.

Sama seperti beternak ayam peternak sebaiknya memilih tempat atau membuat kandang burung jauh dari keramaian, atau jauh dari pedesaan setidaknya berjarak 100 meter. karena hewan unggas ini gampang sekali mengalami stress jika mendengarkan suara-suara yang keras, sehingga berpotensi besar membuat burung mengalami kegagalan saat proses bertelur. Perhatikan kebersihan kandang dan buat kandang jauh dari keramaian adalah cara yang paling ampuh untuk membuat burung gampang bereproduksi.


·         MEMILIH BIBIT BURUNG PUYUH


Cara selanjutnya adalah memilih bibit burung puyuh yang unggul dan berkualitas baik tentunya. karena dengan memilih bibit yang unggul dapat menghasilkan telur yang unggul pula. Pilihlah bibit burung yang berasal dari induk yang menghasilkan telur banyak dan berkualitas tinggi. Perhatikan fisik bibit burung, serta kebugaran dalam burung, jika puyuh hanya diam dan tidak bergerak layaknya burung yang sehat sebaiknya jangan dibeli ataupun bisa ditukar dengan yang lain.


·         PEMBERIAN VITAMIN PADA BURUNG PUYUH


Pemberian vitamin pada burung puyuh merupakan kebutuhan yang sangat pentin agar menjaga burung dapat menghasilkan telur yang berkualitas. Serta daya tahan tubuh burung menjadi kebal terhadap serangan penyakit dan gangguan stress. Pemberian vitamin pada burung sebaiknya berikan saat burung berusia 1 hari hingga 1 minggu, dosis yang diberikan ikuti anjuran yang terdapat dalam kemasan vitamin tersebut. Berikan vitamin 2 kali dalam sehari. Vitamin dapat kita beli ditoko pakan maupun toko penjual obat-obatan hewan  binatang ternak.


Berikut Cara pemberian Vitamin Yang Benar :

1.       Burung berumur 1-7 hari berikan vitamin khusus seperti vitamin CHICk, Berikan 2 kali dalam sehari
2.       Berumur 8-19 hari berikan Vitamin yang sama tetapi berikan cukup sekali dalam sehari.
3.       Kemudian saat Berumur 20 hari berikan burung puyuh Vitamin mix anti stress
4.       Pada Umur 27 hari anda harus memberikannya lagi Vitamin anti stress sampai 3 hari berturut-turut, usahakan vitamin diberikan pada burung puyuh saat pagi hari


·         PEMBERIAN PAKAN


Pemberian pakan secara rutin pada burung puyuh dapat membantu  burung dapat mempercepat agar burung dapat bereproduksi. Pemberian pakan yang rutin dengan cara yang merata wajib dilakukan oleh setiap peternak. Pada habitatnya burung hanya memakan tumbuh-tumbuhan yang disediakan oleh alam seperti biji-bijian.

Pakan untuk burung puyuh ini sama seperti pakan jenis hewan lain yang diternakkan.  Pemberian pakan secara teratur dapat membuat puyuh semakin baik dalam memulai saat reproduksi pertamanya.  Usahakan saat pemberian pakan ini anda memperhatikan, jangan sampai ada burung yang tidak bisa makan karena terdesak oleh kawanan burung yang lain. Biasanya semakin besar burung maka semakin banyak pula pemberian pakan burung, jangan sampai burung mengalami penurunan timbangan yang bisa membuat burung tidak dapat bereproduksi dengan baik.
Cara Beternak Burung Puyuh



·         PEMBERIAN AIR MINUM


Selain pemberian pakan pada burung puyuh ini anda harus memberikan air minum yang cukup.  Guna saat beternak burung puyuh, burung tidak mengalami lesuh, kebutuhan air ini sangat penting karena burung bisa saja mati jika tidak diberikan air minum yang cukup walapun anda sudah memberikan makan yang teratur.  Jika kekurangan air pertumbuhan pada burung akan melambat dan proses reproduksi juga akan mengalami penurunan. Burung sangat membutuhkan air, perlu dicermati oleh anda dengan baik.

Ciri-ciri burung puyuh kekurangan air :

1.       Burung mengalami lesu dan tak bergairah
2.       Pertumbuhan burung melambat
3.       Warna pada bulu burung terlihat kusam
4.       Kulit burung kering
5.       Produktivitas burung menurun
6.       Mata burung tidak bersinar akan terlihat sayu

Sebaiknya Air minum yang diberikan pada burung puyuh menggunkan air sumur, karena air sumur sangat bagus untuk perkembangan burung. Dan pemebrian air minum yang sangat teratur sangat membantu burung saat bereproduksi.

Cara Beternak Burung Puyuh

Perlu dicermati dan dipelihara dengan sangat hati-hari karena burung ini termasuk hewan yang gampang sekali terkena penyakit serta sering mengalami stress. Maka upayakan dengan benar saat memelihara burung ini guna menghasilkan telur yang berkualitas dan berani bersaing dengan telur puyuh lain. 


Sekian penjelasaan tentang mengenai Cara Beternak Burung Puyuh semoga bisa berguna dan bermaanfaat

Thanks for reading Cara Beternak Burung Puyuh

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment