Home » » Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi

Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi

Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi -Seperti biasa Peluang usaha kali ini akan mengulas secara tuntas tentang tata cara dan trik untuk membudidaya hewan yang tak bertulang tersebut hingga anda semua para pecinta budidaya tidak akan mendapatkan kerugian besar dalam usaha yang sedang anda jalani. Bila kita mendengar nama vaname, pemikiran kita langsung menuju ketambak , dimana udang vaname ini banyak dibudidayakan.


Nah memang benar udang vaname biasa dibudidayakan oleh para petambak yang mungkin sudah berpuluh tahun mengabdi kepada perusahaan yang memproduksi udang vaname dan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang menyehatkan atau para petambak yang memang membudidayakan udang secara mandiri untuk menjualnya ke bayer maupun kepasar-pasar tradisional. Cara budidayanya pun terbilang sangat mudah dan pastinya harga jualnya pun sangat tinggi.

Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi
Adalah jenis hewan yang banyak sekali mengandung protein dan bagus sekali untuk pertumbuhan anak guna meningkatkan kecerdasan anak. Jadi tidak heran jika udang termasuk dalam golongan makanan favorit, harga jual yang sangat tinggi serta rasa yang begitu nikmat dilidah membuat para pecinta kuliner senang sekali untuk memakan hewan yang tidak bertulang tersebut. Banyak sekali petani udang yang meraup untung dan tidak sedikit pula yang meraih kegagalan. Berikut trik Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi


Persiapan Dan Proses Budidaya Udang Vaname

Persiapan Tambak

Persiapan tambak dilakukan 30 hari sebelum penebaran benur (bibit udang) dilakukan guna untuk menghilangkan zat-zat serta gas beracun yang terkandung didalam tambak agar udang tidak mengalami kematian . Proses persiapan tambak dilakukan dengan cara tambak dikeringkan selama 15 hari serta diberikan pengapuran agar PH yang terkandung didalam tambak mengalami kestabilan.  Proses Pengapuran biasanya menggunakan kapur pertanian dengan dosis 300kg/ha, serta  pengendalian tanah agar plankton dapat tumbuh dan hidup guna menjadi pakan alami udang.

Setelah pengeringan dan pengapuran, tidak lupa pula pemberian pupuk pada tambak yang siap digunakan, tidak hanya budidaya tumbuhan saja namun budidaya udang juga memerlukan pupuk diutujukan agar menjaga udang dalam kondisi prima saat baru pertama kali ditebar. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk Urea , sangat mudah sekali tentunya untuk medapatkan pupuk tersebut.  Dengan ukuran pupuk urea 150kg/ha, kemudian tebarkan secara merata kepermukaan tambak.

Pengairan


Lanjut ketahap berikutnya, setelah proses pengeringan serta pengapuran dan pemupukan barulah anda mengisi tambak dengan air yang bisa kita ambil dari kanal (kali buatan), air yang dibutuhkan untuk proses pembudidaya tidak sembarangan, dibutuhkan kadar air yang seimbang agar udang tidak mengalami stress atupun mati. Isi tambak dengan debit air hingga mencapai ketinggan 100cm, kemudian biarkan hingga 15 hari sampai masa penebaran benur (bibit)

Tebar Benur (bibit)


Proses selanjutnya adalah tebar benur (bibit udang), Benur udang vaname yang dibudidayakan biasanya menggunakan benur jenis PL 10-PL 12 yang sudah terkenal kualitasnya. Benur yang ditebar harus benur yang berenang melawan arus serta usus pada benur vaname terlihat jelas. Sebelum penebaran dilakukan benur terlebih dahulu diaklimitasi guna menyeimbangkan suhu yang berada didalam kantung tempat bibit vaname.


Caranya dengan menyiramkan kantung benur dengan menggunakan air  yang berada didalam tambak kemudian kantung benur direndam selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah perendaman atau di apungkan didalam tambak selesai, buka kantung benur secara perlahan dengan cara di miringkan biarkan benur vaname keluar dengan sendirinya. proses penebaran benur (bibit) vaname ini sebaiknya dilakukan pada siang hari.
Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi

Pemberian Pakan


Pemberian pakan pada vaname biasanya menggunakan pakan yang sudah disediakan oleh perusahaan atau pellet dengan kandungan 30-35 % protein. Pemberian pakan pada udang vaname juga meliputi beberapa tahap. Saat vaname berusia 1-30 hari setelah tebar, proses pemberian pakan vaname sangat banyak bisa 4-5 kali dalam sehari. Kemudian setelah umur 31 hari hingga masa panen pakan akan menglami penurunan secara bertahap.

Pemeliharaan Udang Vaname


Kemudian proses selanjutnya adalah pemeliharaan, petani harus selalu memonitoring atau memperhatikan kualitas air. Cek kadar PH air, ketinggian debit air serta kadar oksigen yang terlarut didalam air.  Jangan sampai saat pembudidayaan udang vaname kekurangan oksigen didalam air sehingga membuat udang mengambang dan akan mengalami kematian atau sering disebut gagal panen. Penyediaan kincir yang sangat baik dapat membuat kadar oksigen yang terkandung didalam tambak menjadi stabil, serta salinitasi yang baik pada air adalah 10-25 ppt.

Pergantian air pada tambak dilakukan saat udang vaname berumur 60 hari hingga mencapai volume 10%, kemudian proses pergantian selanjutnya hingga masa panen, pergantian air ditingkatkan hingga 15-20 %. Pergantian air sangat penting guna menjaga kestabilan dan keseimbangan pakan alami udang (plankton) serta daya tahan hidup udang vaname.

Pengendalian Hama Dan Penyakit


Hama yang terdapat pada udang vaname adalah burung bangau, biawak dan ikan mujair dan hewan lain yang hidup disekitar tambak. Penanggulangan burung bangau bisa menggunakan jaring yang dipasang diatas permukaan tambak. kemudian ikan bisa kia berantas dengan menggunakan sapion 15-20 ppm,  serta biawak bisa kita tanggulani dengan sering  mengontrol atau memeriksa tambak udang vaname.

Penyakit pada udang biasa bercak pada kepala ataupun pada bagian badan udang. Pengendaliannya dapat dilakukan saat proses tebar benur, jika pada umur 60 hari udang terkena penyeakit tersebut maka segeralah panen udang vaname anda secara cepat, karena penyakit pada udang vaname yang kami tahu belum ada penawarnya. Usahakan saat proses persiapan tambak dan penebaran benur tambak dalam keadaan steril dan terbebas dari virus yang menyebabkan udang anda mengalami kematian.

Pamanenan


Udang vaname dapat dipanen saat memasuki umur 90-100 hari setelah tebar, dan size udang mencapai 2 gram/ekor . Pemanenan biasanya dialakukan saat malam hari dan keadaan air laut sedang surut atau kanal surut guna mempermudah proses pemanenan, serta menjaga kualitas udang agar  tetap baik dan segar. pemanenan menggunakan jaring atau jala dengan menguras tambak atau mengeringkan tambak terlebih dahulu.
Setelah udang dipanen segera masukan udang kedalam box yang sudah disediakan dan diberikan es agar udang tetap dalam keadaan segar. Untuk menjaga kualitas udang agar tetap terjaga sebaiknya dasar didalam box wadah udang diberikan es, dengan perbandingan 2 : 3. Usahakan Es berada didasar, tengah dan atas box dan kemudian ditutup secara rapat.

Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi
Demikianlah Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi, kami tulis berdasarkan pengalaman kami yang telah menganalisa dan bekerja di sebuah perusahaan Pengekspor udang vaname terbesar di Indonesia.

Thanks for reading Cara Budidaya Udang Vaname Agar Bermutu Tinggi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment