Home » » Cara Budidaya Lobster Air Laut

Cara Budidaya Lobster Air Laut

Cara Budidaya Lobster Air Laut, Secara teknis agar cara mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dari budidaya lobster adalah dengan cara yang sederhana dan butuh kesabaran.  Baiknya setelah sebelumnya kita membahas tentang bududiaya lobster air tawar, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kembali teknik tentang membudidaya udang besar laut ini. Negara kita termasuk Negara yang maju untuk urusan lobster, bagaimana tidak?  Negara kita kaya akan hasil laut karena sebagian besar Negara kita dikelilingi oleh laut dan  pesisir pantai.


Harga lobster yang tinggi dan konsumen semakin meningkat membuat para nelayan melakukan penangkapan secara masal sehingga populasi lobster dialam khusus nya di Indonesia mengalami penurunan. Pertanyaannya adalah  jika bisa kita budidayakan kenapa harus menangkap dialam dimana lobster itu berkembang ? Mungkin karena para nelayan banyak yang belum tahu tentang bagaimana tata cara membudidayakan lobster tersebut. Atau mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang menernak udang besar ini, mungkin juga karena cara pembenihannya yang belum mengerti atau cara mendapatkan benih lobster itu dari mana? mereka tidak tahu. Baik kami akan mengupas dan menjawab semua pertanyaan agar anda bisa menernak lobster dan mudah-mudahan bisa melestarikan hidup lobster yang berada dialam guna menjaga populasi lobster dialam tetap terjaga.

Cara Budidaya Lobster Air Laut

Bisnis Budidaya yang sangat menjanjikan sehingga membuat keuntungan yang sangat besar ini  bisa anda kausai apabila anda benar-benar dan bersungguh-sungguh dalam mengguliti dunia bisnis. Pada umumnya lobster hidup diadaerah pekarangan dan kedalaman mencapai 40 m, lobster bisa hidup dirarus yang sanget deras.  Tetapi dengan cara budidaya kita tidak memerlukan arus yang sangat deras dan berkarang itu sangat berbahaya hehehe, lalu bagaimana cara membudidayakan udang besar ini, langsung saja kita kupas sampai keakar ^_^. Berikut Cara Budidaya Lobster Air Laut .


Cara Budidaya Lobster Air Laut


Memilih Lokasi Budidaya

Cara yang pertama dalam budidaya lobster air laut anda harus memilih lokasi atau tempat yang muda dan terjangkau guna memudahkan anda untuk proses reproduksi, Pilihlah tempat yang jauh dari badai Hindari angin kencang serta gelombang tinggi dan cuaca ekstrim. tempat yang cocok adalah pesisir pantai atau teluk karena terbebas dari cuaca yang sangat extrim sehingga tidak mengganggu perkembangan lobster air laut dan lokasi budidaya tentunya.

Kemudian perlu diperhatikan disekeliling pantai lokasi budidaya, Usahakan terbebas dari limbah pabrik, sampah serta limbah keluarga karena akan berakibat fatal bagi perkembangan lobster. pilihlah lokasi pantai yang bersih dan terbebas dari muara sungai, guna menjaga kadar keasaman air agar tetap terjaga.

Lalu dasar pantai yang hendak dijadikan lokasi budidaya lobster air laut memiliki dasar berpasir atau bisa juga berkarang, Kecepatan arus yang sangat baik untuk budidaya antara 25-50 cm/detik.  Kedalaman yang dibutuhkan antara 5-15 m dibawah permukaan laut. serta kecerahan air berkisar 3-5 meter. Kemudian lokasi pembudidaya harus memiliki suhu antara 28-39 DC (derajat celcius), Salinitas air mencapai 28-35 ppt, dan kadar air atau PH mencapai angka 7-8,5.

Pembuatan Kolam

Setelah lokasi  budidaya lobster air laut memenuhi criteria tersebut buatlah penangkaran atau kolam yang terapung dengan menggunakan jaring. Buat sesuai kebutuhan anda agar dapat menampung lobster air laut antara 30-50 ekor/petak kolam. Setelah jaring sudah terpasang dan rapat berilah Shelter ( Tempat Persembunyian), guna menghindari kanibalisme saat udang berganti kulit (molting) . Pembuatan Shelter bisa menggunakan bambu yang ditenggelemakan didasar jaring atau bisa juga menggunakan rumput laut untuk persembunyian.

Pemilihan Benih Dan Penebaran

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas kita harus memilih benih yang ditangkap dialam. Ukuran benih biasanya yang didapat 0,5 -10 gram/ekor. Bila anda mendapatkan bibit yang berukuran 0,5 gram/ekor sebaiknya anda melakukan pendederan terlebih dahulu. Pendederan biasanya memakan waktu 3-5 bulan sampai bibit mendapatkan ukuran  4 gram/ekor. Kami sarankan agar memilih bibit yang sudah mempunyai berat antara 10-30 gram/ekor agar pembudidayaan dapat dipanen secara cepat dan tidak terlalu susah . Atau bisa juga anda membeli bibit dari nelayan yang memang menjual bibit lobster, tidak lupa untuk melihat kualitas bibit tersebut.

Kemudian penebaran, setelah bibit didapatkan bibit harus dikarantina terlebih dahulu guna menjaga agar lobster air laut tidak mengalami mati, akibat mengalami stress saat diperjalanan. Selanjutnya proses penebaran dianjurkan saat pagi sore ataupun malam hari dalam artian saat cuaca tidak terlalu panas. Seperti cara budidaya lainnya budidaya lobster air laut juga perlu untuk di lakukan aklimitasi terlebih dahulu dengan mengapungkan lobster diatas permukaan laut guna menyesuaikan suhu yang berada didalam air kolam. proses aklimitasi membutuhkan waktu antara 25-30 menit.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada lobster air laut terbilang sangat mudah, anda hanya membutuhkan ikan rucah segar, bekicot, tiram dan lain-lain. Sebelum memberikan pakan terlebih dulu ikan segar atau bekicot dipotong kecil-kecil lalu diberikan pada lobster.  Pemberian makan pada lobster dilakukan dua kali dalam sehari  pada saat pagi dan sore hari. Untuk ukuran pakan pada lobster gunakan 20% per ekor dari berat lobster tersebut. Anda harus memperhatikan kebersihan didalam kolam agar kadar air yang terkandung tetap dalam kondisi normal, kemudian bersihkan kolam jika terdapat sisa makanan pada kolam guna menanggulangi  makanan agar tidak membusuk karena dapat meracuni lobster.

Panen

Panen dapat dilakukan saat udang lobster air laut memiliki ukuran yang besar dan sudah bisa diterima dipasaran yairu dengan berat 120 – 200 gram/ekor. Untuk masalah waktu tergantung saat penebaran benih, bila anda melakukan penebaran bibit saat masih berukuran 5-10 ram/ekor maka untuk mendapatkan berat 120 gram/ekor atau saat masa panen tiba anda membutuhkan waktu sekitar 10 bulan. Namun jika anda melakukan penebaran saat bibit berukuran 15-30 gram/ekor anda hanya membutuhkan waktu 6-8 bulan saat masa panen tiba. Semakin besar bibit yang ditebar maka semakin cepat masa panen lobster.

lobster dipasarkan dalam kondisi hidup sebab itu usahakan saat proses pemanenan dengan cara hati-hati agar lobster tidak mengalami luka atau cacat, karena dapat menurunkan kualitas harga. Sangat disayangkan bukan jika hanya patah japit udang kemudian harga jual nya turun


Sangat mudah bukan, tidak terlalu sulit hanya membutuhkan kesabaran J , mengenai  Cara Budidaya Lobster Air Laut . Baca juga nih Cara Budidaya Lobster Air Tawar biar anda lebih mengerti mengenai udang besar  tersebut. Semoga bacaan ini bermanfaat bagi anda ^_^

Thanks for reading Cara Budidaya Lobster Air Laut

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 comments: