Home » » Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Hallo semua apa kabar..? ketemu lagi bersama kami selaku penulis  peluang usaha yang akan mengupas tuntas semua trik dan cara budidaya. dalam pertemuan kali ini kami akan menyajikan cara khusus atau trik mebudidaya udang besar yang sering kita sebut sebagai lobster. hewan tak bertulang ini memiliki tekstur tubuh yang sangat besar serta rasa daging yang sangat lezat dan menggoda membuat para pecinta kuliner rela merogoh kocek besar demi memenuhi keinginan lidah mereka. Tidak heran jika harga lobsters yang sangat tinggi membuat para petani ingin meraih untung besar dari membudidaya lobster.


Permintaan lobster yang semakin meningkat adalah kesempatan bagi anda selaku pembudidaya untuk menghasilkan lobster yang begitu banyak dan berkualitas, tidak hanya itu, anda harus berlatih dan menggunakan trik yang canggih agar lobster anda berkembang besar dengan cepat. Trik yang harus anda pelajari adalah dengan mengetahui cara dasar dan kebiasaan lobster. Mengulas sedikit tentang lobster, 

Cara Budidaya Lobster Air Tawar
Lobster termasuk dalam jenis hewan kanibal karena jika pemberian pakan pada lobster mengalami penurunan maka mereka akan memakan temannya sendiri, kemudian dalam cara budidaya lobster di bedakan menjadi dua jenis, yaitu lobster air tawar dan lobster air laut. Kami tidak akan memaparkannya satu persatu tetapi kami akan membahas lobster air tawar dan cara membudidayakannya.

Syarat hidup lobster air tawar harus mempunyai kandungan oksigen terlarut didalam air diatas minimal.  Kemudian anda harus memperhatikan suhu didalam kandungan air tersebut, suhu yang bagus untuk perkembangan lobster serta keasaman air.  Baik jangan menunggu terlalu lama, langsung saja kita ulas tuntas Cara Budidaya Lobster Air Tawar



Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Syarat Hidup Lobster

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit diatas syarat utama dari cara budidaya lobster dapat berkembang baik adalah memperhatikan kandungan oksigen, suhu serta keasaman air (PH). Kandungan oksigen yang terlarut didalam kolam upayakan mencapai diatas 4 ppm serta suhu yang diperlukan mecapai 25-29 derajat cesius dan keasaman air mencapai angka 7-9. Ingat jika keasaman yang terkandung didalam air kurang dari angka 7 kemungkinan pertumbuh lobster tidak akan berkembang dengan baik.

Persiapan Kolam

Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan kolam, buatlah kolam sesuai kebutuhan anda, usahakan kolam yang agak besar biar panennya banyak hehe ^_^. Dan sebaiknya Buatlah kolam dengan media tanah agar lobster mendapatkan pakan alami seperti plankton dan lumut.  Kemudian sebelum bibit dipindah kekolam pembesaran, kolam terlebih dahulu diisi dengan air, pengisian air seminggu sebelum lobster dipindahkan. 

Perhatikan suhu PH serta kadar oksigen yang terkandug didalam kolam seperti yang sudah kami beritahu diatas. Guna mencegah lobster mengalami kematian dan berkembang baik secara signifikat. Untuk menjaga kestabilan oksigen yang terkandung didalam kolam selalu dalam kondisi normal, ada baiknya anda memasang kincir pada kolam, atau bisa juga menggunakan aerator sebagai pengganti kincir.

Pemilihan Benih (Bibit)

Cara Kedua adalah dari cara budidaya lobster dengan memilih bibit lobster yang unggul dan berkualutias. Caranya adalah dengan melihat fisik pada lobster dan pergerakan lobster didalam air, jangan sampai lobster yang anda budidaya memiliki cacat fisik pada bagian tubuh. Pilih bibit lobster yang sudah berukuran 1-2 inci agar mudah dalam proses pembesaran.
Atau bisa juga dengan memilih indukan lobster yang sudah siap untuk pembenihan, Pemilihan indukan lobster tentunya sudah terjamin kualitas hasli dari pembenihan tersebut.   Induk lobster yang berkualias akan menghasilkan benih yang berkualitas pula dalam artian bibit yang kita hasilkan dapat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat saat proses pembesaran dilakukan.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada cara budidaya lobster bisa menggunakan pakan pellet dengan kandungan Nutrisi serta protein yang dibutuhkan oleh lobster. Beri makan lobster 2 kali dalam sehari, berikan saat pagi dan sore hari hari, usahakan pemberian pakan saat pagi hari cukup diberikan 30% saja dan sisanya 70% saat pemberian makan pada sore hari, dimaksudkan karena lobster termasuk dalam golongan hewan yang aktif dimalam hari sehingga pemberian makan saat sore hari lebih banyak.

Pemberian pakan pada hewan lobster juga bisa menggunakan pakan buatan seperti sayur-sayuran, wortel kacang kemudian keong mas serta ikan yang dipotong kecil-kecil. Berilaha pakan pada lobster sesuai berat badan lobster tersebut, sebaiknya 3%  dari berat lobster.  Usahakan pemberian pakan sesuai tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan, bila kekurangan pakan  lobster akan bersifat kanibalisme, dan jika kelebihan akan berpengaruh pada kualitas air dan kadar oksigen sehingga membuat pertumbuhan lobster kurang maksimal

Pengendalian Penyakit

Lobster termasuk hewan yang sangat kebal terhadap penyakit. dan walapun jarang sekali ditemukannyaa penyakit pada budidaya lobster bukan tidak mungkin lobster tidak terserang penyakit. Penyakit yang terdapat pada lobster disebabkan jamur dan virus (Ricketsia). Untuk penyerangan virus pada lobster ditandai dengan melemahnya lobster serta terdapat bintik hitam atau biru yang terdapat dibagian tubuh lobster, penyerangan virus ini sangat berbahaya karena dapat membunuh lobster, ciri kematian lobster yang terkena virus badan dan kepala lopster akan terpisah.

Kemudian penyakit yang disebabkan oleh jamur, biasanya jamur pada tubuh lobster bisa bisa disebabkan dari peralatan yang digunakan tidak higienis. Cara penanggulangan jamur dan virus bisa menggunakan dengan memperhatikan tingkat keasaman pada air kolam, jangan menggunakan air yang telah tercampur limbah cucian sabun deterjen ataupun limbah dari air bekas budidaya hewan lain, jika salah satu lobster ada yang terkena virus tersebut segera pisahkan atau langsung digoreng. Dan perhatikan kehigienisan peralatan yang digunakan.

Pemanenan

Proses pemanenan Lobster dari cara budidaya lobster ini menggunakan berbagai macam cara, tetapi cara yang sangat mudah untuk memanen adalah dengan mengguras atau mengeringkan kolam. Guna mendapatkan hasil yang baik dan lobster tetap dalam keadaan segar serta berkualitas, sebaiknya proses pemanenan dilakukan saat pagi atau sore hari. Untuk Mendapatkan ukuran lobster yang lumayan besar bisa memakan waktu hingga 3-4 bulan dengan berat mencapai  50-60 gram/ekor.


Semoga Ulasan mengenai Cara Budidaya Lobster Air Tawar Tersebut dapat membantu anda dalam bisnis usaha yang sedang anda jalani. good luck

Thanks for reading Cara Budidaya Lobster Air Tawar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment